Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 5 Cara Mengatasi Kursor Laptop yang Tidak Bergerak (FIX)

517
×

Inilah 5 Cara Mengatasi Kursor Laptop yang Tidak Bergerak (FIX)

Sebarkan artikel ini
Kursor

Di Windows, kita tentu sudah tidak asing dengan kursor. Sebuah panah kecil di layar yang bisa kita gerakkan sesuka hati untuk mengontrol laptop kita dengan mouse maupun touchpad.

Normalnya memang demikian. Namun kursor juga bisa bermasalah. Seperti kursor hilang (tidak muncul), kursor bergerak sendiri hingga kursor tidak bergerak.

Nah di sini Uplotify akan membahas cara mengatasi cursor laptop yang tidak bergerak. Terkhusus untuk kamu yang sedang mengalaminya.

Baca juga: 7 Tips Kiat Ampuh Menghentikan Anak yang Kecanduan Gadget

Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Di tutorial ini sebagian tips perlu membuka menu tertentu. Karena posisi kursor sedang tidak bisa bergerak, maka kamu bisa menggunakan keyboard sebagai cara navigasinya.

Berikut tips-tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kursor laptop tidak bergerak.

1. Buka Kunci Touchpad di Keyboard

Di beberapa jenis dan merk laptop, terdapat suatu fitur yang bisa mematikan touchpad laptop kamu. Jika fitur ini aktif, maka otomatis touchpad jadi tidak berfungsi.

Jika demikian, maka kursor yang terdapat di Windows tidak akan bergerak ketika kamu mencoba menggerakkan jari di touchpad.

Karena itu kamu harus mengaktifkan touchpad tersebut. Caranya cek di baris tombol F1 sampai F12, perhatikan yang ada icon touchpad. Coba klik tombol tersebut. Hal ini akan mengaktifkan touchpad kembali.

Jika belum bisa, biasanya kamu butuh kombinasi tombol tertentu. Misalnya dengan FN + tombol touchpad tadi atau kombinasi lainnya. Kamu bisa searching saja di internet sesuai dengan tipe laptop yang dipakai.

2. Aktifkan Touchpad Lewat Control Panel

Selain karena mati oleh kombinasi tombol, ada juga kemungkinan touchpad laptop kamu tidak aktif secara tidak sengaja pada sistem.

Biasanya hal ini masih berhubungan dengan driver. Untuk mengeceknya, kamu bisa membuka Control Panel.

Lengkapnya seperti berikut ini:

  1. Pada kolom pencarian Windows, silahkan ketik “Control Panel.”
  2. Akan keluar hasil pencarian berupa aplikasi Control Panel.
  3. Pilih Open atau tekan Enter pada keyboard (cek juga cara mengatasi Start Menu tidak bisa di-klik kalau kamu mengalaminya)

kursor

  1. Pilih menu Hardware & Sound.

kursor

  1. Di bawah menu Devices and Printers, pilih tulisan Mouse.

kursor

Nanti akan ada jendela baru terbuka. Dan di sana nanti akan ada tab khusus dari driver touchpad. Misalnya Synaptic dan sejenisnya. Nah yang perlu kamu pastikan hanyalah driver tersebut posisinya di Enable.

3. Uninstall Driver Touchpad

Jika dua cara di atas tidak bekerja, mungkin masalahnya ada di driver touchpad laptop kamu. Misalnya karena bug atau sejenisnya, yang memang bisa saja tiba-tiba muncul tanpa kita ketahui.

Oleh karena itu, hal yang bisa kamu lakukan salah satunya dengan melakukan uninstall driver touchpad yang tengah terpasang. Hal ini bertujuan agar sistem bisa mengganti driver yang rusak tersebut dengan yang baru.

Dengan demikian kursor laptop yang tidak bergerak nantinya bisa normal kembali. Berikut caranya:

  1. Tekan secara bersamaan Windows + R pada keyboard.
  2. Setelah itu ketikkan devmgmt.msc lalu tekan Enter.
  3. Buka menu Mice and other pointing devices dan pilih driver touchpad kamu. Gunakan tombol tab dan panah di keyboard untuk mengarahkan.
  4. Setelah itu, klik kanan dengan menekan Shift + F10 dan pilih Uninstall Device. Ikuti arahan yang diberikan.
  5. Restart laptop kamu.

4. Install Driver Touchpad

Poin ini ditujukan khusus kalau kamu belum pernah memasang driver touchpad secara manual sebelumnya.

Sebenarnya touchpad laptop dapat kita gunakan tanpa memasang driver apapun. Namun jika kamu mendapati masalah kursor yang tidak bergerak, maka tidak ada salahnya untuk menginstall driver tambahan.

Driver tambahan yang dimaksud, ada dua yang populer. Yaitu Synaptic dan ELAN driver. Kamu tinggal sesuaikan saja laptopnya mendukung yang mana.

5. Jalankan Troubleshooter Mouse

Kamu juga bisa menggunakan fitur troubleshooter bawaan Windows. Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi kesalahan pada sistem yang tidak berfungsi dengan baik.

Salah satunya ketika kursor di Windows tidak dapat bergerak. Fitur Troubleshooter harusnya bisa membantu.

Berikut cara menjalankan troublehooter melalui Settings:

  1. Tekan tombol Windows di keyboard, kemudian ketik Troubleshooter dan tekan Enter.
  2. Pilih Additional troubleshooter.
  3. Geser ke bawah dan pilih Hardware and Devices. Lalu Run troubleshooter
  4. Ikuti arahan yang diberikan.

Terkadang, di Windows 10 versi terbaru, menu Hardware and Device tidak ada di daftar Troubleshooter. Namun tenang saja, fitur ini tetap masih bisa kamu jalankan melalui Windows Run.