Inilah 7 Manfaat Menanam Kaktus di Dalam Rumah, Tingkatkan Kualitas Udara dan Kelembapan

kaktus

Kaktus identik dengan lingkungan kering dan gersang. Meski begitu, banyak orang juga tertarik untuk menempatkan tanaman berduri ini di dalam rumah. Selain karena perawatannya yang mudah, kaktus kini juga tersedia dalam beragam bentuk yang unik dan cantik.

Kaktus yang ditempatkan dalam ruangan bisa menjadi dekorasi alami yang memperindah tampilan. Namun, selain berguna sebagai dekorasi dalam ruangan, menanam kaktus di dalam rumah juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk Anda dan keluarga.

Baca juga: Begini Cara Hindari Kegemukan dengan 7 Menu Diet Karbo Ini

Tanaman kaktus dapat membawa manfaat yang baik secara emosional maupun fisik, seperti mempengaruhi kualitas udara, suasana hati, produktivitas, dan banyak manfaat lainnya.

Meningkatkan Kualitas Udara

Manfaat menanam kaktus di dalam rumah yang pertama adalah untuk meningkatkan kualitas udara. Tanaman memiliki kemampuan untuk memurnikan udara, bahkan di rumah Anda. Mereka akan membantu menghilangkan racun dan polutan dari udara, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan membantu mencegah masalah pernapasan.

Tanaman seperti kaktus sangat bagus untuk meningkatkan kualitas udara. Mereka dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen segar, yang akhirnya membantu menjaga udara tetap bersih. Kaktus juga mengurangi kadar formaldehida, benzena, toluena, dan xilena di rumah Anda dan meningkatkan kadar CO2.

Manfaat ini bisa terjadi karena mereka menghasilkan oksigen di malam hari sambil mengambil karbon dioksida di siang hari ketika mereka menyimpan air dan nutrisi.

Meningkatkan Kelembapan Rumah

Manfaat menanam kaktus di dalam rumah yang kedua yaitu untuk meningkatkan kelembapan rumah. Meletakkan tanaman seperti kaktus adalah cara sempurna untuk menambahkan kelembapan ke dalam rumah Anda.

Tumbuhan ini telah mengadaptasi daun, batang, atau akarnya untuk menyimpan air sehingga dapat bertahan hidup di lingkungan yang kering dengan mengurangi penguapan.

Kelembapan adalah aspek penting dari lingkungan dalam ruangan. Ini akan membantu menetralkan kekeringan yang disebabkan oleh sistem pemanas atau unit pendingin udara. Ini menjadikannya sebagai pilihan tanaman hias yang sangat baik untuk meningkatkan hidrasi di dalam ruangan, terutama di waktu-waktu musim dingin.

Meningkatkan Produktivitas

Manfaat menanam kaktus di dalam rumah yang ketiga yakni untuk meningkatkan produktivitas. Tanaman kaktus juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental kita.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang bekerja di kantor dengan tanaman cenderung lebih fokus, kreatif, dan produktif daripada mereka yang tidak memiliki tanaman di mejanya.

Penelitian yang dilakukan di University of Utah menunjukkan bahwa tanaman sukulen dapat meningkatkan konsentrasi bagi semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kemudian penelitian yang dilakukan oleh Dr. Kimberly Fenn dan tim penelitinya menemukan bahwa hanya dengan melihat tanaman sukulen dapat meningkatkan tingkat konsentrasi hingga 15 menit setelah melihat tanaman.

Meningkatkan Retensi Memori

Manfaat menanam kaktus di dalam rumah yang keempat yaitu untuk meningkatkan retensi memori. Para ilmuwan telah menemukan bahwa sukulen dan kaktus dapat membantu meningkatkan retensi memori. Studi terbaru mengungkapkan bahwa tanaman seperti kaktus memiliki efek positif pada fungsi otak.

Dengan menciptakan suasana pengorganisasian di dalam ruangan tempat Anda belajar atau bekerja, jenis penempatan ini akan memberikan rangsangan pada kedua sisi otak Anda untuk bekerja lebih efisien.

Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat menanam kaktus di dalam rumah yang kelima adalah untuk meningkatkan suasana hati. Keindahan alami yang dimiliki tanaman sukulen dinilai memberikan ketenangan bagi orang-orang ketika mereka dalam situasi menantang seperti menjalani operasi.

Sebuah studi baru-baru ini oleh Kansas State University menemukan bahwa pasien rumah sakit yang memiliki tanaman di kamar mereka membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit, tekanan darah dan detak jantung yang lebih rendah, dan mengalami lebih sedikit rasa lelah.

Membantu Masalah Kesehatan Umum

Sukulen dan kaktus telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah kesehatan umum. Beberapa sukulen seperti Aloe Vera dan Agave memiliki beberapa manfaat kesehatan berkat kemampuannya untuk mengatasi luka dan luka bakar.

Tanaman lainnya seperti Jade dikenal dengan kemampuannya untuk membantu orang yang menderita asma atau bronkitis karena dinilai dapat menghilangkan racun yang dapat menyebabkan kondisi ini.

Membantu Mengurangi Stres

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa merawat tanaman mengurangi tingkat stres dan dapat membantu Anda pulih lebih cepat dari penyakit. Aktivitas merawat tanaman ini sendiri juga merupakan salah satu bentuk terapi.

Efek menenangkan yang diberikan dari tanaman dapat mengurangi kecemasan dengan menurunkan produksi kortisol. Hormon inilah yang bertanggung jawab, tidak hanya untuk peningkatan denyut jantung tetapi juga suhu tubuh yang tinggi.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas