Inilah 2 Cara Mudah Screenshot di Samsung Galaxy A13 di Jamin Berhasil

samsung galaxy a13

Samsung Galaxy A13 merupakan ponsel mid-range dengan harga terjangkau yang cocok untuk berbagai aktivitas.  Desainnya yang atraktif dan ramping tak ayal membuat HP ini cocok untuk digunakan bekerja hingga browsing santai.

Anda pun bisa mengambil screenshot dan merekam tampilan layar di HP Samsung ini dengan mudah bila menemukan hal penting di layar.

Baca juga: Inilah 7 Cara Mengatasi Layar / Touchscreen HP Tidak Bisa Disentuh

Menariknya, meski ponsel ini dipasarkan di kelas menengah ke bawah, ponsel ini sudah dibekali fitur screenshot bawaan.

Memang untuk merekam tampilan layar, Samsung tidak menghadirkan fitur khusus. Namun, ternyata ada berbagai cara screenshot dan merekam tampilan layar yang lebih praktis, mudah dan lebih fungsional.

Nah, kali ini kami akan menjelaskan sejumlah cara melakukan screenshot pada ponsel dengan dapur pacu Exynos 850 ini. Berikut ini cara screenshot di Samsung Galaxy A13 yang bisa Anda coba.

Cara Screenshot di Samsung Galaxy A13

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas, Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melakukan screenshot di Samsung Galaxy A13. Cara yang umum digunakan di hampir semua HP Android ialah menekan secara bersamaan beberapa tombol di HP.

Nah, biar Anda tidak salah langkah, Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot yang mudah dan cepat.

1. Siapkan Tampilan Layar yang Diinginkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menentukan tampilan layar yang hendak diambil screenshot.

Sekadar informasi, Anda bisa mengambil screenshot pada tampilan layar yang berisi peta navigasi, artikel di web, isi chat, video dan masih banyak lagi. Setelah menemukan tampilan yang ingin diambil, Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Menekan Tombol Power dan Volume Bawah Bersamaan

Jika sudah menemukan bagian yang ingin diambil screenshot, langkah selanjutnya ialah Anda hanya perlu menekan tombol power dan volume bawah di sebelah kanan bodi secara bersamaan.

Tekan dan tahan kedua tombol hingga ada semacam tanda di layar bahwa screenshot sudah dilakukan. Beberapa HP biasanya akan menampilkan layar yang sekilas menjadi putih.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, artinya, Anda menekan HP terlalu lama atau bisa jadi Anda menekan kedua tombol yang kurang pas atau kurang bersamaan.

3. Cek Hasil Screenshot

Jika kedua langkah di atas sudah Anda coba, Anda dapat mengecek hasil screenshot dengan masuk ke galeri ponsel dan cari album screenshot. Di album ini semua hasil screenshot biasanya disimpan.

Cara Khusus Screenshot di Samsung Galaxy A13

Selain cara umum diatas, untuk melakukan screenshot di Samsung Galaxy A13 bisa memakai cara khusus yang lebih praktis dan lebih mudah. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Cara Screenshot Panjang di Samsung Galaxy A13

Terkadang Anda membutuhkan informasi yang lebih banyak dalam sebuah tampilan layar HP. Untungnya, Samsung Galaxy A13 memiliki fitur long screenshot.

Untuk bisa melakukan long screenshot, Anda hanya perlu mengaktifkan bilah alat gambar layar. Anda bisa masuk ke Pengaturan > Tampilan > Gambar layar dan perekam layar. Bila bilah alat gambar layar sudah aktif, Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk melakukan long screenshot:

Anda bisa melakukan screenshot layar seperti biasa dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan.

Bila screenshot berhasil, akan muncul bilah alat gambar layar di bagian bawah layar hasil screenshot. Anda bisa memilih bagian screenshot panjang yang biasanya ditandai dengan kotak berisi anak panah ke arah bawah.  Klik kotak screenshot panjang tersebut, kemudian Anda tinggal gulir ke bawah tampilan layar yang hendak diambil screenshot.

Ingat, pastikan tampilan layar memang panjang. Kalau tampilan layar tidak panjang maka bilah alat gambar layar tidak akan muncul. Sama seperti screenshot biasa, hasil long screenshot akan tersimpan di galeri ponsel.

2. Cara Screenshot dengan Gesture

Anda juga bisa melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol. Namun, untuk bisa melakukan cara ini, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Gesture di menu Pengaturan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Aktifkan Fitur Gesture

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, Anda bisa masuk ke Pengaturan > Pengaturan lanjutan > Gerakan dan gesture. Dalam tampilan ini, Anda cukup mengaktifkan pilihan usapkan telapak tangan untuk mengambil.

2. Fitur Usapkan Telapak Tangan untuk Mengambil

Untuk memastikan fitur ini sudah menyala, pastikan toggle-nya ada di sisi kanan dengan warna latar biru.

3. Cara Screenshot

Setelah semua langkah di atas sesuai, Anda tinggal mencari hal yang hendak di screenshot. Setelah itu, Anda hanya perlu melambaikan tangan di atas layar. Pastikan tangan kanan berada di posisi terbuka seperti hendak bersalaman atau menampar.

Posisikan tangan di ujung kanan ponsel, lalu lambaikan tangan ke arah kiri. Anda juga bisa melakukan cara ini memakai tangan kiri tentu dengan arah yang berlawanan. Jika cara ini berhasil, layar akan menjadi putih dan hasil screenshot akan langsung tersimpan ke galeri.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas