Asam Lambung Rekomendasi 6 Makanan dan Minuman yang Paling Efektif

Asam lambung

Asam lambung harus memiliki pola makan yang tidak teratur serta memakan makanan sembarangan sering kali dilakukan oleh kebanyakan orang. Akibatnya, bisa menimbulkan penyakit asam lambung.

Terlebih, jika Anda sering melakukan pola yang tidak sehat, seperti berbaring setelah makan, makan terlalu cepat, serta mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, berlemak, atau dalam porsi banyak sekaligus.

Baca juga: Rekomendasi 3 Cara Menyimpan Daging Ayam di Kulkas agar Awet Berbulan-bulan

Kendati demikian, konsumsi makanan tertentu justru dapat menurunkan asam lambung sehingga dapat mencegah kambuhnya gejala, bahkan meredakan gejala yang muncul akibat asam lambung naik.

Jika itu terjadi, artikel ini mungkin dapat membantu Anda. Karena, brikut ini adalah beberapa jenis makanan penurun asam lambung yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung mengutip dari alodokter:

1. Pisang

Buah pisang baik untuk penderita asam lambung, karena mengandung kadar asam yang rendah dan memiliki serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi bisa memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga mencegah keinginan makan berlebihan. Pasalnya, makan berlebihan dapat memicu naiknya asam lambung.

Selain serat, pisang juga mengandung kalium yang dapat meningkatkan produksi lendir pada lambung. Lendir ini berfungsi untuk melindungi dinding lambung dari paparan asam yang berlebih.

2. Air lemon dan madu

Air perasan lemon bersifat asam dan bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung. Akan tetapi, air lemon dalam jumlah sedikit yang dicampur air hangat dan madu justru dapat menurunkan asam lambung. Hal ini karena campuran tersebut bersifat basa, sehingga bisa menetralkan asam lambung.

Selain itu, madu memiliki sifat antioksidan dan antiradang sehingga mampu mengurangi peradangan di kerongkongan yang muncul akibat naiknya asam lambung.

Cara membuat campuran ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh air lemon dengan 1 sendok teh madu, kemudian tambahkan air hangat sebanyak 200 ml.

3. Ikan

Ikan berperan pula sebagai makanan penurun asam lambung. Jenis makanan ini memiliki kadar asam dan lemak yang rendah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Beberapa jenis ikan yang dapat Anda konsumsi sehari-hari meliputi ikan salmon, sarden, gurame, lele, dan tongkol.

Saat mengolah berbagai jenis ikan sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan bumbu yang pedas dan asam, serta hindari memasak dengan cara digoreng. Kedua hal tersebut justru dapat memicu asam lambung naik.

4. Oatmeal

Oatmeal juga merupakan sumber serat yang baik, sehingga sering kali dikaitkan dengan perannya untuk menurunkan asam lambung. Oleh karena itu, Anda dapat memasukkan oatmeal ke dalam menu makan sehari-hari, misalnya sebagai sarapan sehat.

5. Jahe

Salah satu manfaat jahe adalah mengurangi risiko terjadinya asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi peradangan. Anda dapat menikmati jahe dalam bentuk permen, air rebusan jahe, atau jahe bubuk yang diseduh dengan air hangat.

6. Susu rendah lemak

Susu juga merupakan makanan penurun asam lambung. Akan tetapi, pilihlah susu rendah lemak. Pasalnya, susu dengan kandungan lemak yang tinggi biasanya bersumber dari hewan, justru bisa memicu asam lambung naik.

Anda dapat mengonsumsi susu rendah lemak, seperti susu kedelai, almond, kacang mede, atau oat.

Selain makanan penurun asam lambung di atas, Anda juga dapat mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kandungan asam yang rendah, seperti brokoli, kembang kol, wortel, bit, ubi, selada, seledri, buah melon, dan semangka.

Bagi penderita asam lambung disarankan untuk menghindari makanan atau minuman tertentu yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti minuman beralkohol dan berkafein, serta makanan yang terlalu asam dan pedas.

Agar gejala asam lambung tidak kambuh kembali, Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit tetapi sering, mencukupi waktu tidur, mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap hari, dan mengelola stres dengan baik.

Minuman untuk Penderita Asam Lambung

Tak hanya makanan, ada pula beberapa minuman yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

1. Teh jahe

Jahe dikenal baik untuk mengobati berbagai masalah pencernaan. Pasalnya, bahan yang diambil bagian akarnya ini memiliki sifat antiradang yang kuat, sehingga mampu meredakan nyeri dada akibat naiknya asam lambung (heartburn).

Meski begitu, masih diperlukan banyak penelitian untuk membuktikan manfaat jahe untuk penderita asam lambung. Sampai saat ini, khasiat jahe lebih dikenal untuk meredakan mual dan muntah yang merupakan salah satu gejala maag.

Cara mengolah jahe untuk mengatasi gangguan pencernaan cukup mudah. Selain menjadi bumbu untuk berbagai jenis masakan, jahe juga bisa diolah menjadi teh atau sebagai perasa alami tambahan.

2. Susu rendah lemak

Anda sebaiknya menghindari susu whole milk (full fat) jika tidak ingin gejala penyakit asam lambung semakin parah. Sebaliknya, pilihlah susu rendah lemak seperti susu skim yang lebih bersahabat dengan sistem pencernaan karena mudah dicerna.

Susu rendah lemak aman dikombinasikan bersama makanan dan minuman lain yang juga disarankan bagi penderita penyakit asam lambung. Waktu pencernaan yang singkat mencegah naiknya asam lambung dalam jumlah yang berlebihan.

3. Teh chamomile

Minuman lain yang bisa Anda coba untuk mengendalikan gejala refluks asam lambung adalah teh chamomile. Minuman ini sejak lama dianggap sebagai obat asam lambung alami, karena kaya akan zat antiradang.

Teh chamomile juga membantu meredakan stres, yang merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung.

Minum secangkir teh chamomile hangat sudah cukup untuk membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman dan rileks. Tidak ada salahnya menyimpan teh dari tanaman bunga cantik ini di dapur Anda. Cobalah meminumnya secara rutin sebagai pendamping makanan. Teh itu juga bermanfaat untuk meringankan keluhan penyakit asam lambung Anda.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas