Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

2 Tips Membersihkan Port USB Laptop dengan Baik dan Benar

1053
×

2 Tips Membersihkan Port USB Laptop dengan Baik dan Benar

Sebarkan artikel ini
port usb

Tips Membersihkan Port USB Laptop – Cara membersihkan port USB laptop sebenarnya cukup mudah. Berikut kita bahas cara untuk membersihkan lubang port USB pada laptop. Tips laptop untuk membersihkan port ini tentunya mudah dan aman untuk Anda terapkan.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika port malah mengalami masalah atau rusak. Laptop sendiri merupakan salah satu perangkat elektronik yang tentunya memerlukan perawatan. Salah satu caranya yaitu dengan rutin membersihkan laptop dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Laptop Mendadak Black Screen Saat Dinyalakan

Sebab laptop memang bisa menjadi kotor, baik karena debu maupun kotoran lainnya. Kotoran tersebut juga bisa masuk ke berbagai bagian pada laptop. Jika kotoran sudah menumpuk maka kita harus segera membersihkannya agar tidak merusak kondisi laptop.

Cara Membersihkan Port USB Laptop yang Bisa Anda Terapkan

Seiring dengan penggunaannya, laptop memang bisa terkena debu dan kotoran hingga menumpuk. Apalagi jika kita hanya sembarangan saja dalam menggunakan serta menyimpan laptop. Maka laptop bisa menjadi kotor lebih cepat dan pastinya akan sangat mengganggu.

Berbagai kotoran termasuk debu juga bisa menyelinap ke berbagai bagian dari laptop. Mulai dari bagian layar, keyboard, sela atau bawah tombol keyboard hingga bagian dalam. Untuk membersihkan bagian laptop tersebut tentunya juga memiliki teknik atau cara tersendiri.

Sebab bagian laptop memiliki kondisi berbeda sehingga cara membersihkannya juga berbeda. Nah, setiap orang mungkin sudah bisa membersihkan beberapa bagian laptop sendiri. Namun ada pula yang masih belum mengetahui cara membersihkan beberapa bagian laptop lainnya.

Salah satunya yaitu belum mengetahui bagaimana cara membersihkan port USB laptop. Lubang port USB yang berada di samping laptop sendiri termasuk bagian yang penting. Karena itu kita tidak boleh sembarangan ketika ingin membersihkannya dari berbagai kotoran.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Laptop Kemasukan Semut, Lakukan Langkah Ini!

Jika hanya sembarangan maka bisa saja port USB laptop malah mengalami kerusakan. Meskipun begitu, untuk membersihkan port USB sebenarnya cukup mudah dan simpel. Untuk Anda yang belum memahaminya, berikut akan kita bahas bagaimana caranya:

Persiapkan Alat dan Bahan

Pertama, tentunya Anda harus menyiapkan alat serta bahan untuk membersihkan port. Alat tersebut juga cukup sederhana dan bisa kita temukan dengan mudah di rumah. Alat yang Anda butuhkan tersebut yaitu pinset, tusuk gigi kayu, tisu dan juga kapas.

Pastikan semua alat tersebut dalam kondisi baik dan tentunya bersih dari kotoran. Jangan pula menggunakan alat yang berpotensi untuk merusak port ketika Anda gunakan. Ketika peralatan sudah siap, maka Anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

Baca juga: 4 Penyebab Laptop Cepat Panas Saat di Cas, Berikut Cara Mengatasinya!

Cara Membersihkan Port USB dengan Mematikan Laptop

Cara selanjutnya yaitu dengan mematikan perangkat laptop yang portnya ingin Anda bersihkan. Jika sebelumnya laptop masih menyala maka Anda bisa mematikannya dengan shutdown biasa. Pastikan jika laptop dalam keadaan benar-benar mati sebelum mulai membersihkan port.

Bersihkan Port dari Kotoran Besar

Setelah laptop benar-benar mati, maka Anda bisa mulai membersihkan lubang port. Perhatikan lubang port USB, apakah ada kotoran yang cukup besar atau tidak. Misalnya terdapat bulu hewan peliharaan seperti kucing atau anjing maupun kotoran remah makanan.

Jika memang ada, maka gunakan pinset untuk mengambil berbagai kotoran tersebut. Namun selama menggunakan pinset pastikan untuk berhati-hati, apalagi jika menggunakan pinset besi. Jangan sampai pinset menggores atau merusak bagian dalam lubang port USB laptop.

Bersihkan Kotoran Kecil Seperti Debu

Cara membersihkan port USB laptop selanjutnya bersihkanlah kotoran kecil seperti debu. Gulungkan tisu pada ujung tusuk gigi lalu usapkan pada port USB untuk menghilangkan kotoran. Jika port masih kotor maka Anda bisa mengulanginya selama beberapa kali.

Baca Juga:  7 Tips Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara, Kalian Cek Pengaturan Audio

Setelah gulungan tisu kotor, maka ganti dengan tisu yang masih bersih. Anda juga bisa mengganti tisu menggunakan kapas untuk membersihkan port secara maksimal. Selain itu Anda bisa meniup perlahan area lubang port untuk membantu menghilangkan debu.

Dalam membersihkan port, Anda juga tidak perlu menggunakan air atau bahan cair lainnya. Cukup menggunakan tisu, kapas dan peralatan lain yang kering. Tujuannya untuk menghindari air meresap ke bagian dalam laptop dan menyebabkan error atau kerusakan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membersihkan port USB laptop yang baik dan benar. Anda bisa menerapkan cara di atas kapanpun saat ingin membersihkan port USB.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas