Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

2 Cara Mengaktifkan Sistem UI untuk Para Pengguna Android, Dijamin Berhasil!

187
×

2 Cara Mengaktifkan Sistem UI untuk Para Pengguna Android, Dijamin Berhasil!

Sebarkan artikel ini
mengaktifkan sistem ui
mengaktifkan sistem ui

Cara Mengaktifkan Sistem UI untuk Para Pengguna Android – Cara mengaktifkan Sistem UI sangat penting. Sistem UI pada Android harus diaktifkan dengan cara yang mudah. Tips HP Android ini akan sangat bermanfaat untuk para pengguna.

Sistem UI pada HP Android sudah seperti “nyawa” perangkat tersebut. Tanpa sistem UI, maka HP tidak akan berjalan dengan lancar.

Baca juga: Blibli Manfaatkan AI untuk Sistem Pengemasan Paket, Lebih Efisien Hingga 30%

Cara Mengaktifkan Sistem UI dengan Mudah

UI adalah User Interface. Ini merupakan sistem tatap muka yang ada di dalam ponsel. Sistem ini sangat penting untuk para penggunanya.

Pengguna pasti melihat tampilan dan nuansa yang terdapat di dalam ponsel Android. Tampilan layar tersebut terjadi karena adanya sistem UI.

Sistem UI adalah jenis antarmuka pengguna. Dengan sistem ini, pengguna ponsel Android bisa mengontrol dan menyesuaikan tampilan ponsel mereka secara independen.

HP Android akan dengan sistem UI akan memungkinkan para penggunanya untuk menyesuaikan tampilan sesuai dengan kebutuhan. Namun, sistem UI harus aktif terlebih dahulu.

Cara Kerja Sistem UI

Sebelum membahas cara mengaktifkan sistem UI, pengguna harus tahu bagaimana cara kerja sistem ponsel satu ini.

Android adalah perangkat yang memiliki banyak pengguna. Perangkat ini terkenal memiliki lebih banyak opsi penyesuaian melalui sistem UI untuk para penggunanya.

Agar sistem ini bisa berfungsi dengan baik dan di berbagai aplikasi, pengembang aplikasi harus mengikuti persyaratan dasar dari Google.

Dengan sistem UI, pengguna akan bisa mempercantik tampilan Android mereka. Pengguna dapat mengubah beberapa aspek, seperti menu, tema, status bar, dan lainnya.

Mengaktifkan Sistem UI

Untuk dapat menggunakan sistem ini, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Mengaktifkan sistem ini cukup mudah, tetapi masih banyak yang tidak tahu.

Android memiliki System UI Tuner. UI Tuner ini merupakan menu yang bisa pengguna gunakan untuk menyesuaikan tata letak pengaturan perangkat Android.

Tuner akan memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan status dan bilah navigasi pada antarmuka perangkat atau membuat aplikasi yang terlihat di layar penuh.

Sayangnya, beberapa waktu lalu Google menyarankan untuk UI Tuner disembunyikan. Namun, pengguna Android bisa mengaktifkannya melalui perintah tertentu:

  • Pertama, pengguna harus mengaktifkan layar kunci pada ponsel Android terlebih dahulu.
  • Apabila sudah aktif, buka bagian bar pemberitahuan, notification bar, atau quick setting (berbeda di setiap ponsel). Cara ini bisa pengguna lakukan dengan mudah, yakni hanya dengan menarik layar Android dari atas ke bawah.
  • Selanjutnya, pengguna harus membuka menu Setelah atau Pengaturan di Android. Tekan dan tahan menu tersebut selama beberapa detik dan lepaskan.
  • Akan muncul pop up yang merupakan pemberitahuan bahwa menu sistem UI telah muncul di dalam setelah Android.
  • Jika sudah seperti ini, pengguna hanya perlu menemukan pengaturan setelan sistem UI atau penyetel antarmuka sistem tersebut.

Apakah Ini Masalah Serius?

Cara mengaktifkan sistem UI ini bisa siapa saja pengguna lakukan jika terjadi error. Hal ini juga bukan masalah serius dan bisa segera pengguna Android atasi.

Adapun penyebab sistem UI pada Android eror ini salah satunya karena memori internal atau RAM yang penuh. Ketika RAM penuh, maka sistem UI bisa mengalami bug sehingga tidak bekerja.

Selain itu, kurangnya stabilitas sistem Android juga bisa menyebabkan sistem UI bermasalah. Jadi, ini berhubungan dengan sistem Android lainnya.

Tentu saja sistem UI yang eror bukan masalah yang besar. Jika terjadi karena RAM yang terlalu penuh, maka pengguna bisa mengosongkannya terlebih dahulu. Hapus berbagai jenis file atau dokumen yang tidak penting dan menjadi sampah RAM.

Pengguna juga bisa menghapus cache dari setiap aplikasi. Biasanya, cache aplikasi ini bisa memenuhi RAM karena menumpuk, bisa lebih dari 1 GB.

Jika sistem UI error karena adanya ketidakselarasan pada sistem, pengguna bisa coba untuk melakukan restart. Restart adalah cara paling ampuh jika terjadi bug atau error yang berkelanjutan pada ponsel Android.

Jadi, pengguna tidak perlu langsung merasa panik. Siapa saja bisa mengatasi sistem UI yang bermasalah dan mengembalikannya seperti semula. Dengan begitu, cara mengaktifkan sistem UI jadi lebih mudah. Apabila sudah tidak ada masalah pada Android, sistem UI akan aktif dan bisa pengguna gunakan dengan bebas.