Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

11 Manfaat Air Tebu yang Jarang Orang Ketahui, Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Penurun Demam

375
×

11 Manfaat Air Tebu yang Jarang Orang Ketahui, Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Penurun Demam

Sebarkan artikel ini
Manfaat Air Tebu

Manfaat Air Tebu yang Jarang Orang Ketahui  – Manfaat air tebu ternyata banyak sekali. Sayangnya, sebagian besar orang tak menyadari bahkan menganggap air tebu hanyalah minuman biasa. Padahal, kandungan alami di dalam minuman sehat ini sangat efektif untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan hingga berguna dalam kecantikan.

Manfaat Air Tebu untuk Penyegar sekaligus Menyehatkan Tubuh

Air tebu atau sari tebu yang biasa Anda jumpai di pinggiran jalan memang terlihat cukup menggiurkan. Terlebih ketika cuaca sedang terik-teriknya. Minuman segar ini berasal dari proses pengepresan batang tebu segar.

Hasil pengepresan tersebut berupa sari-sari dengan rasa manis alami. Biasanya, pedagang kaki lima akan melengkapi dengan perasan lemon dan es batu. Sehingga sangat pas untuk melepaskan dahaga di siang hari.

Baca juga: 6 Manfaat Ketela Pohon untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Proses pembuatannya yang sederhana dan tanpa tambahan bahan pengawet, membantu menjaga kandungan nutrisi baik dalam tebu. Tak heran jika manfaat alaminya untuk kesehatan dan kecantikan begitu luar biasa seperti berikut ini.

1. Menyegarkan serta Menghidrasi

Sari dari batang tebu segar kaya akan kandungan air dan elektrolit seperti potassium. Kandungan tersebut diklaim efektif dalam menghidrasi tubuh sekaligus memulihkan energi secara instan setelah aktivitas fisik berat.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat air tebu berikutnya adalah memperlancar sistem pencernaan. Pasalnya, selain air, tebu juga memiliki kandungan serat alami sebanyak 10-15%. Kandungan serat ini dapat mendukung sistem pencernaan dengan mendorong pergerakan usus dan mencegah risiko sembelit.

3. Menjaga Keseimbangan Kadar Gula

Faktanya, sari tebu bukanlah gula murni. Mereka hanya terdiri atas 13-15% gula dalam bentuk sukrosa. Dengan begitu, secara alami tebu termasuk rendah gula. Minum air tebu dalam batas wajar dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah. Membuatnya menjadi opsi yang baik untuk para penderita diabetes.

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Sari tebu banyak mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, B, zat besi, kalsium, serta magnesium. Semua kandungan baik tersebut sangat ampuh mendukung fungsi tubuh secara optimal. Bahkan efektif dalam meningkatkan imun serta melindungi tubuh dari ancaman penyakit dan infeksi.

5. Membersihkan Toksin Tubuh

Berkat kandungan antioksidan, manfaat air tebu semakin melimpah. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh serta berperan penting menjaga kesehatan sel-sel. Beragam risiko penyakit kronis seperti kanker dan gangguan hati pun dapat terminimalisir.

6. Memperkuat Tulang dan Gigi

Sari tebu juga mengandung kalsium dan fosfor yang efektif melindungi rangka tulang serta gigi. Meski belum ada penelitian resmi, namun banyak orang meyakini jika rutin mengonsumsinya dapat terhindar dari osteoporosis.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan zat besi dan kalium dalam air tebu dapat membantu mengatur tekanan darah. Hal ini secara tidak langsung dapat mendukung kesehatan jantung sekaligus mengurangi risiko timbulnya penyakit kardiovaskular.

8. Menyehatkan Kulit

Manfaat air tebu dalam hal kecantikan yang pertama adalah ampuh melindungi kulit. Bagaimana tidak, kandungan vitamin dan mineralnya berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Seperti mempertahankan kelembaban, mengurangi flek hitam, hingga mengatasi masalah kulit lain layaknya jerawat.

9. Mempertahankan Kesuburan Rambut

Bagi Anda yang memiliki sejumlah masalah rambut seperti rontok atau bercabang, sepertinya wajib mencoba cara ini. Gunakan air tebu untuk keramas atau masker rambut. Kandungan mineral di dalamnya membantu memperkuat rambut serta membuatnya tampak berkilau.

10. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Dengan rendah kalori dan lemak, air tebu adalah opsi terbaik bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Konsumsi secara rutin guna memastikan asupan gula dalam tubuh tidak drop, tanpa khawatir kebanyakan glukosa.

11. Mengurangi Stress

Manfaat air tebu yang terakhir berkaitan dengan kesehatan mental individu. Dari hasil penelitian, sari tebu mengandung triptofan, magnesium, serta asam amino. Kandungan tersebut sangat efektif memberikan perasaan relaksasi dan kesegaran. Sehingga ampuh meredakan stress, kelelahan, hingga mengatasi insomnia.

Efek Samping Sari Tebu

Meskipun air tebu memiliki beragam manfaat kesehatan dan kecantikan, tetap pastikan mengonsumsinya secara bijak. Konsumsi yang berlebihan justru bisa memicu efek samping kurang baik. Seperti mual, muntah, pusing, hingga diare.

Di samping itu, kandungan gula alami tebu tetap bisa meningkatkan kadar glukosa. Jadi para penderita penyakit gula sebaiknya hati-hati memperhatikan jumlah konsumsi.

Upayakan menghindari air tebu dengan tambahan pemanis atau bahan lainnya. Pilih saja yang segar yang berasal dari pengepresan batang tebu langsung. Hal ini demi menjaga kandungan baik serta manfaat air tebu agar tidak rusak. Sekian, semoga bermanfaat!