Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Sibintukar Disosialisasikan ke Sekolah-sekolah

234
×

Sibintukar Disosialisasikan ke Sekolah-sekolah

Sebarkan artikel ini
IMG 20231211 WA0003

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Bangka Tengah (Bakesbangpol Bateng) mengadakan sosialisasi Sistem Pembinaan dan Pembentukan Karakter Kebangsaan (SIBINTUKAR) di sekolah-sekolah bagi pelajar dan calon paskibra di wilayah Bangka Tengah.

Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang pentingnya membangun karakter kebangsaan yang kuat dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila untuk menumbuhkan keimanan nasionalisne dalam diri penerus bangsa.

“Jadi sosialisasi SIBINTUKAR ini adalah lanjutan program kami untuk memberikan pemahaman kebangsaan kepada para masyarakat dan dimulai dengan pelajar di MAN IC Bangka Tengah ini, ” ucap Zulfan selaku Kepala Bidang (Kabid) Wawasan Kebangsaan Bakesbangpol kepada intrik.id, Senin (11/12/2023) di Desa Sungkap.

Zulfan memberikan penjelasan mengenai SIBINTUKAR dan mengajak para peserta untuk aktif dalam mempelajari dan mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, ia mengajak para pelajar untuk mampu berfikir sebagai masyarakat dunia dengan keimanan pancasila.

“Kita semua ini harus siap menjadi masyarakat dunia, berani speak up dan juga berevolusi seperti industri yang juga berevolusi dari 1.0 sampai 5.0,” jelas Zulfan.

Zulfan juga memberikan materi yang meliputi pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan kebangsaan, serta pentingnya memiliki rasa cinta tanah air dan keberagaman.

Selain penyampai materi, Bakesbangpol Bateng juga menghadirkan narasumber lain yang berkompeten dalam bidang kebangsaan. Narasumber tersebut memberikan pengalaman dan cerita inspiratif untuk memotivasi para peserta dalam membentuk karakter kebangsaan yang kuat dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

Kabid Wawasan Kebangsaan Bakesbangpol Bateng itu mengatakan, SIBINTUKAR merupakan upaya untuk membentuk karakter kebangsaan yang kokoh pada generasi muda. Kami berharap dengan sosialisasi ini, para pelajar dan calon paskibra di Bangka Tengah dapat memiliki pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai kebangsaan dan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting untuk membangun generasi muda yang berkualitas dan cinta tanah air.

Acara sosialisasi SIBINTUKAR disambut antusias oleh para peserta. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan untuk terus memperkuat karakter kebangsaan dan semangat cinta tanah air di kalangan generasi muda.

“Sosialisasi SIBINTUKAR di sekolah-sekolah di Bangka Tengah nantinya diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter kebangsaan para pelajar dan calon paskibra, termasuk para paskibraka, ” ujar Zulfan.

“Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan, generasi muda diharapkan siap menghadapi tantangan masa depan dan turut berperan aktif dalam membangun bangsa, ” tutupnya.