Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 3 Cara Menjadi Desainer Grafis Profesional Dari Nol !

209
×

Inilah 3 Cara Menjadi Desainer Grafis Profesional Dari Nol !

Sebarkan artikel ini
Desainer grafis

Cara Menjadi Desainer Grafis Dari Nol – Cara jadi desainer grafis profesional bisa kalian simak artikel ini sampai habis, apalagi kalian adalah seorang yang tidak punya latar belakang seni sekalipun.

Saat akan menekuni suatu bidang ilmu, tentu kita harus belajar terlebih dahulu agar bisa lebih paham, salah satunya adalah pada bidang desain grafis.

Baca juga: 5 Tips Mudah Memilih dan Merawat Kabel Charger iPhone, Supaya Awet!

Namun, mungkin banyak di antara kalian yang bertanya bagaimana sih cara jadi desainer grafis profesional walaupun kita nggak punya background seni sekalipun ? Sebenarnya, belajar desain grafis itu mudah kok karena kalian bisa belajar sendiri alias otodidak.

Apa itu Desain Grafis ?

Desain grafis merupakan suatu bentuk dari komunikasi visual yang memanfaatkan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan atau informasi seefektif mungkin.

Desain grafis ini berasal dari dua kata, yakni desain dan grafis.

Desain adalah metode perancangan estetika yang didasari dengan kreatifitas, sedangkan grafis adalah ilmu dari perancangan titik maupun garis sehingga akan membentuk sebuah gambar yang dapat memberikan informasi serta berhubungan dengan proses pencetakan.

Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa desain grafis ini merupakan ilmu yang mengandalkan kreatifitas untuk menciptakan sebuah rancangan bentuk gambar dengan tujuan akhir sebagai komunikasi.

Berikut beberapa keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia desain grafis:

1. Seni Visual

Seni visual merupakan sebuah bentuk karya seni, dibuat menggunakan media yang bisa dirasakan oleh penglihatan dan peraba.

Artinya, seni visual adalah karya seni yang bisa dilihat dan bisa disentuh.

2. Tipografi

Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun, dan memodifikasi huruf dengan tujuan membuat kombinasi persatuan antara huruf yang satu dan huruf lainnya agar mudah dibaca, namun tetap mengutamakan keunikannya.

Untuk membuat tipografi pun ada beberapa peraturan tertentu, diantaranya:

  • Ukuran huruf
  • Jenis huruf
  • Tracking (jarak antar huruf secara umum)
  • Kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik)
  • Leading (jarak antar baris)

3. Tata Letak

Seni dalam menyusun konten atau elemen yang terdapat di dalam suatu halaman dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pembaca.

Keterampilan tata letak ini biasanya digunakan dalam dunia percetakan seperti: majalah, buku, koran, tabloid atau yang lainnya, biasa disebut juga dengan layouting.

4. Desain Interaksi

Mendesain produk interaktif dengan tujuan untuk membantu manusia dalam berkomunikasi sekaligus berinteraksi dalam kehidupan dan juga pekerjaan sehari-hari.

Sejak perkembangannya dalam dunia teknologi informasi, para desainer grafis mulai merancang tampilan dari perangkat lunak (Antarmuka Pengguna Grafis atau APG (Inggris: Graphical User Interface (GUI)) serta tampilan dari halaman web.

Desainer grafis tersebut bekerja sama dengan para pengembang situs web atau pengembang software dalam merancang tampilan. Guna meningkatkan kenyamanan user ketika mengenakan perangkat lunak atau ketika mengunjungi situs dalam web.

5. Pewarnaan

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa hal yang paling dasar agar bisa menjadi desainer grafis profesional adalah mengetahui tentang pewarnaan.

Warna adalah psikologi, jadi seorang desainer grafis harus mengatahui arah dan tujuan dari desain yang dibuat melalui riset dan pemilihan warna yang tepat.

Untuk mempelajari tentang kombinasi warna, kalian bisa mengunjungi situs colorhunt.

Cara Jadi Desainer Grafis Profesional dari Nol !

1. Tanamkan niat

Cara Jadi Desainer Grafis Profesional yang pertama adalah dengan niat. Memang benar kata orang bahwa saat melakukan sesuatu harus didasari dari niat yang ditanamkan dalam hati. Hal ini juga berlaku saat kalian yang akan belajar desain grafis apalagi yang bercita-cita sebagai desainer profesional. Tanyakan dalam hati apakah desain grafis menjadi passionmu karena jika tidak kemungkinan kalian bakal berhenti belajar di tengah jalan.

2. Mulai dari Software Mudah

Cara belajar desain grafis secara otodidak adalah pilih software yang kalian anggap paling mudah. Ada dua perusahaan pengolah desain, yaitu Adobe dan Macromedia. Kalian bisa pilih software mana yang paling mudah dan seru untuk digunakan. Setelah tahu akan menekuni software apa, kalian harus mempelajari hal itu dulu, bukan malah mencoba software lain.

Kalau kalian sering mengganti software kemungkinan enggak ada satu software pun yang bakal kalian kuasai. Pastikan kalian fokus dulu pada satu software dan menguasainya, barulah kalian bisa mempelajari software lain.

3. Belajar dari sekitar

Percaya atau nggak, inspirasi setiap orang adalah apa yang ada di sekitar mereka. Teori ini pada akhirnya membentuk seorang desainer untuk membuat desain yang condong terhadap gaya desain tertentu.

Meski demikian, mencari inspirasi yang demikian cenderung sulit. Apalagi, kalau kalian nggak punya lingkungan yang juga menyukai desain.

Kalian bisa lakukan ini di media sosial, seperti Instagram, Facebook, Pinterest dan lainnya.

Inilah 3 Cara Menjadi Desainer Grafis Profesional Dari Nol ! 1
Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas