Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Bocoran iPhone 15 Pro, Dilengkapi 6 Fitur Canggih dan Tampilan Gahar!

4106
×

Bocoran iPhone 15 Pro, Dilengkapi 6 Fitur Canggih dan Tampilan Gahar!

Sebarkan artikel ini
iphone 15 pro

Bocoran iPhone 15 Pro – Menjelang perilisannya yang biasanya hadir di bulan September, bocoran tentang iPhone 15 Pro telah menyeruak di pasaran. Mulai dari fitur, desain, hingga tanggal rilisnya. Apa yang baru di iPhone 15 kali ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

iPhone 15 Series

Pada tahun 2023 ini, Apple akan melanjutkan lini empat iPhone dengan meluncurkan iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. iPhone 15 Pro dan Pro Max memiliki fitur lebih banyak daripada iPhone 15 yang lebih terjangkau.

Selain itu, semua model iPhone 15 mendukung jaringan 5G dan akan menggunakan chip Qualcomm untuk konektivitas. Sementara untuk varian Pro akan menggunakan Bionic A17. Apple juga akan menambahkan fitur Ultrawide Band untuk interaksi dekat pada model ini.

Baca juga: Pengguna iPhone 14 Pro Mengeluh, Battery Health Cepat Drop

Bocoran iPhone 15 Pro

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa bocoran mengenai iPhone 15 Series ini. Pada bulan Februari kemarin, muncul bocoran dummy foto iPhone 15 Pro dengan port USB-C, memberikan gambaran pertama desain perangkat itu. Dummy model dan renderannya juga muncul di bulan April kemarin.

1. Desain

Panel kaca depan untuk iPhone 15 Pro menunjukkan bezel yang lebih tipis dibandingkan dengan iPhone 14 Pro. Desain bezel lebih tipis ini hanya ada pada iPhone 15 Pro, sementara itu tidak ada perubahan pada iPhone 15 reguler.

iPhone 15 Pro Max diperkirakan sedikit lebih tebal dari iPhone 14 Pro Max, namun ukuran lainnya dibuat hampir sama. Kamera belakang sepertinya dibuat dengan sedikit lebih tipis, namun tepi atau sisi perangkat terlihat lebih melengkung. Bezels juga akan dibuat lebih tipis dibandingkan iPhone 14 Pro Max.

Apple akan kembali menggunakan dua tombol volume standar seperti pada iPhone 14 Pro. Tombol mute juga akan berubah menjadi tombol biasa seperti yang terlihat pada versi render.

iPhone 15 Pro dan Pro Max diperkirakan memiliki tampilan serupa dengan pendahulunya yang menggunakan layar OLED 6,1 dan 6,7 inci dan potongan Dynamic Island untuk kamera dan Face ID. Namun, ada penyesuaian pada rangka kedua model Pro, dengan bezel yang lebih tipis, dan ketebalan 1,55 mm.

2. Warna

Versi iPhone 15 Pro kemungkinan akan tersedia dalam warna biru gelap yang hampir mirip dengan warna biru pada iPhone 12 Pro, tapi lebih banyak abu-abunya sehingga warnanya lebih gelap. Biasanya, setiap tahun Apple menyediakan satu warna baru, dan kali ini biru dipilih untuk prototipe perangkat iPhone 15 Pro.

Beberapa rumor juga menyebutkan kemungkinan adanya warna merah gelap yang mirip dengan marun atau burgundi, namun sepertinya biru akan menjadi pilihan warna utama.

3. Action Button

iPhone 15 Pro kemungkinan akan dilengkapi dengan tombol baru yang disebut Action Button, menggantikan tombol geser untuk mengaktifkan mode Silent pada iPhone saat ini. Informasi tentang tombol ini didapat dari kode yang ditemukan di iOS 17.

Apple juga dikabarkan akan mengubah desain tombol pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dengan menggabungkan tombol volume atas dan bawah menjadi satu tombol yang berfungsi dua arah.

Action Button akan memiliki sekitar sembilan fungsi, termasuk mengaktifkan Silent Mode dan memberikan akses ke fitur-fitur seperti Accessibility, Shortcuts, Kamera, Senter, Magnifier, Translate, dan Voice Memo. Fitur ini sepertinya akan eksklusif untuk lini iPhone versi Pro. Sebelumnya sempat ada bocoran bahwa tombol ini juga akan menggunakan teknologi haptic feedback untuk mengenali tingkat tekanan yang diberikan.

4. Fast USB-C

Semua model iPhone 15 kemungkinan akan menggunakan port USB-C bukannya port Lightning lagi. Apple mengambil keputusan ini karena ada persyaratan regulasi di Eropa yang menuntut penggunaan port pengisian yang universal. Oleh karena itu, untuk memenuhi persyaratan tersebut, Apple memilih untuk memperkenalkan port USB-C secara global untuk seluruh lini iPhone 15.

Rumor juga menyebutkan bahwa iPhone 15 akan mendukung transfer data yang lebih cepat dengan USB 3.2 atau Thunderbolt 3. Hal ini akan memungkinkan kecepatan transfer hingga 20Gb/s atau bahkan 40Gb/s jika penggunaan Thunderbolt didukung. Sementara itu, model iPhone 15 standar akan terbatas pada kecepatan transfer USB 2.0 hingga 480Mb/s.

Perubahan ke USB-C akan memudahkan pengguna, karena charger dan kabel yang sama bisa digunakan untuk iPhone, iPad, dan Mac, serta perangkat lain yang menggunakan USB-C. Selain itu, ada potensi bahwa dengan USB-C, proses pengisian baterai juga dapat menjadi lebih cepat daripada menggunakan port Lightning.

5. Periscope Lens Technology

iPhone 15 Pro Max akan hadir dengan teknologi kamera periskop yang memungkinkan zoom optik hingga 5x atau 6x. Ini adalah fitur baru yang terbatas pada model Pro Max saja. Apple memilih untuk menggunakan teknologi ini hanya pada versi iPhone 15 Pro yang lebih besar dengan layar 6,7 inci. Perangkat ini akan memiliki perubahan desain dengan penempatan lensa kamera yang berbeda.

Pengguna dapat menikmati zoom optik yang lebih baik dan foto yang lebih jelas pada level zoom yang lebih tinggi. Namun, teknologi periskop ini tidak akan hadir pada iPhone 15 Pro dengan layar 6,1 inci. Lensa periskop pada umumnya menggunakan lensa primer untuk menangkap foto, dengan cermin atau prisma yang membenturkan cahaya sebesar 90 derajat ke lensa kedua yang kemudian mengirimkannya ke sensor gambar.

Sensor gambar dan lensa sekunder ditempatkan secara horizontal di dalam smartphone untuk memperpanjang panjang fokus, dan itu memakan ruang yang berharga. Perubahan arah cahaya dan penggunaan prisma atau cermin memungkinkan sistem lensa telefoto “terlipat” yang cocok di dalam chassis smartphone sambil tetap meningkatkan zoom optik.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas