Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Banparpol Tahap Pertama Cair

268
×

Banparpol Tahap Pertama Cair

Sebarkan artikel ini
IMG 20240709 WA0004
Foto: Kepala Bakesbangpol Bangka Tengah Samsul Komar.

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Bantuan keuangan partai politik (Banparpol) tahap 1 sudah dicairkan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbamgpol) Bangka Tengah (Bateng) sebesar Rp 1 miliar lebih untuk 9 partai politik yang punya kursi di DPRD Bangka Tengah.

Partai yang menerima banparpol tersebut yakni Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, PPP, PKB, PKS, Demokrat, dan PAN. Namun, hingga saat ini ada satu partai politik yang tidak mencairkan banparpol tahap 1 yakni partai Nasdem.

“Untuk dana yang sudah kita cairkan sebesar 891.292.500 untuk 8 parpol. Namun 1 parpol yang belum cair yakni Nasdem senilai 157.140.000 dengan hitungan per 1 suara yang didapat sebsar 15.000,” jelas Kepala Bakesbangpol Bangka Tengah Samsul Komar di Koba, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga:  3 Orang Ambil Formulir Pendaftaran Ketua Umum KONI Bangka Tengah
Baca Juga:  Menuju Bangka Satu, Syahrial Ridho Perkuat Dukungan Parpol
Baca Juga:  Hadir dan Naik ke Atas Panggung Nasdem, Bawaslu Panggil Kades Perlang

Ia melanjutkan, tidak dicairkan dana banparpol Nasdem sampai saat ini karena partai Nasdem sedang ada di masa peralihan pengurusan baru sehingga syarat untuk mencairkan tidak terpenuhi.

“Kalau mau mencairkan banparpol itu wajib ada sk kepengurusan yang aktif dan berlaku. Makanya Nasdem belum kita cairkan tahap 1. Tapi tetap kita alokasikan dan akan cairkan nanti karena memang tak mereka, ” jelas Samsul Komar.

Ia juga menyebutkan, untuk tahun 2024 akan dicairkan 2 kali banparpol karena sudah memasuki masa jabatan legislatif yang baru dengan perolehan suara partai yang sudah jauh berbeda dari sebelumnya dengan total pencaira Rp 428.111.250.

“Jadi biasanya kita cuma kasih banparpol 1 kali setahun. Tapi karena ini sudah pergantian legislatif ya ng baru, maka nanti setelah September bisa mengajukan kembali. Karenakan perhitungannya berbeda. Kalau tahap 1 masih perhitungan pemilu 2019 dan September nanti tahap 2 perhitungan pemilu 2024,”tutupnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas