Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Tips Mudah Memilih dan Merawat Kabel Charger iPhone, Supaya Awet!

232
×

5 Tips Mudah Memilih dan Merawat Kabel Charger iPhone, Supaya Awet!

Sebarkan artikel ini
kabel charger iphone

Tips Mudah Memilih dan Merawat Kabel Charger iPhone – Tips memilih kabel charger iPhone menjadi informasi yang sangat penting buat kalian pengguna ponsel besutan Apple, agar kabelnya awet baterainya pun jadi tahan lama.

ada hal cukup unik dari kabel data iPhone dan iPad, yaitu penggunaan port dan konektor Lightning. Apple nggak mengimplementasikan micro USB atau USB-C di kabel data iPhone atau iPad, melainkan konektor dan port Lightning yang merupakan teknologi proprietary Apple.

Baca juga: 4 Tips Aman Memilih Air Mineral yang Berkualitas untuk Kesehatan Keluarga

Jadi, kalian nggak akan bisa meminjam kabel data ke temen yang menggunakan teknologi micro USB, USB-C, atau merk lain sebagainya. kalian harus terus menggunakan port Lightning untuk bisa menggunakan kabel data di iPhone atau iPad.

Namun ada kalanya kabel data tersebut rusak dan kalian harus membeli yang baru, dan sebelum wajib banget simak tips memilih kabel charger iPhone berikut ini.

Tips Memilih Kabel Charger iPhone, Biar Awet !

1. Produk nonresmi yang telah bersertifikat MFi dari Apple

Kabel data iPhone nonresmi dibagi menjadi dua, yaitu yang bersertifikat MFi dan yang tidak bersertifikat. Produk nonresmi yang bersertifikat MFi adalah produk yang telah menerima sertifikat dari Apple.

MFi sendiri adalah singkatan dari Made For iPod/iPhone/iPad. Produk bersertifikat MFi telah mendapat persetujuan dari Apple serta dapat bekerja dengan baik pada iPhone dan iPad. Jadi, kalian nggak perlu khawatir produk dengan sertifikat MFi akan berdampak buruk pada gadget.

Banyak produk bersertifikat MFi yang dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk asli Apple. Selain itu, desain dan ukurannya pun beragam. Bagi kalian yang membutuhkan kabel data iPhone tambahan, produk ini sangat disarankan.

2. Produk tanpa sertifikat MFi memiliki harga murah, tetapi kurang disarankan

Kabel data iPhone tanpa sertifikat MFi merupakan produk yang tidak mendapat sertifikat dari Apple. Hal ini menjadikan keamanannya tidak terjamin.

Ada risiko setelah kalian menggunakannya beberapa kali, kabel datanya rusak atau malah berdampak buruk pada kepala charger. Ada kemungkinan juga produk nggak bisa digunakan karena adanya device update. Untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, lebih baik hindari pembelian produk tanpa sertifikat MFi.

Baca juga: 3 Cara Mengecilkan Layar Komputer Anti Ribet, Dijamin Ampuh!

3. Beli Kabel Data Lightning Asli dan Original Apple

Cara terbaik agar kalian bisa mendapatkan kabel data lightning terbaik untuk iPhone dan iPad kalian adalah dengan membeli kabel data yang asli. Kabel data asli hanya bisa kalian beli di toko Apple Authorized yang tersebar di beberapa kota di seluruh Indonesia.

Kelebihan membeli kabel data asli tentu saja sudah mendapatkan garansi dan dukungan purna jual dari Apple. Kalian bisa klaim garansi jika memang diperlukan. Selain itu, kualitas barang juga pasti terjaga.

Kabel data iPhone asli Apple biasanya dikeluarkan sebagai aksesori pelengkap iPhone atau iPad. Karena produk ini merupakan keluaran Apple asli, kabel data ini kompatibel dengan semua produk Apple.

Kalian pun nggak perlu khawatir kabel data ini akan berdampak buruk pada gadget. Selain itu, jika membeli produk keluaran Apple, kalian bisa memperbaiki atau menggantinya saat rusak selama garansi masih berlaku.

4. Gunakan kabel data iPhone yang memiliki fitur fast charging

Pilihlah kabel data iPhone yang dapat mengisi daya dengan cepat. Makin besar output ampere (A), makin baik kecepatan charging. Jika nilai A lebih besar, listrik yang dialirkan lebih banyak sehingga waktu pengisian daya lebih singkat.

Jangan ragu untuk memilih kabel data iPhone dengan daya 2,4A. Terutama jika iPhone atau powerbank kalian mendukung fast charging 2,4A. Dengan menggunakan kabel 2,4A, kalian akan lebih nyaman karena kecepatan pengisian dayanya lebih cepat dibandingkan dengan kabel data bawaan 1A.

5. Pertimbangkan tingkat kecepatan transfer data

Hal yang perlu kalian periksa saat membeli kabel data iPhone adalah apakah kabel tersebut mendukung transfer data. Kabel data iPhone dengan kecepatan transfer data yang baik layak untuk dipilih. Fitur ini sangat berguna jika kalian ingin melakukan sinkronisasi atau mengirim data dari iPhone ke PC atau sebaliknya.

Jika kalian menginginkan kabel data iPhone yang dapat mengisi daya sekaligus transfer data, pilih yang terdapat label charging-USB. Perlu diingat bahwa kabel data iPhone yang memiliki keterangan charging hanya dapat digunakan untuk mengisi daya saja.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas