Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Tips dan Trik Mengedit Video dengan Mudah yang Perlu Diketahui Pemula, Cobain Yuk!

241
×

5 Tips dan Trik Mengedit Video dengan Mudah yang Perlu Diketahui Pemula, Cobain Yuk!

Sebarkan artikel ini
mengedit video

Tips dan Trik Mengedit Video dengan Mudah – Untuk kamu yang masih pemula dalam bidang videografi, maka alangkah baiknya kamu menguasai terlebih dahulu tips dan trik edit video.

Pada umumnya editing video ini menjadi salah satu aktivitas yang saat ini banyak sekali dilakukan, tak terkecuali oleh para konten kreator.

Didalam sebuah produksi video, proses editing menjadi salah satu proses akhir yang sangat penting setelah pengambilan video di studio live recording.

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Video Slow Motion di Android, Konten Makin Kece

Ketelitian, kecepatan dan juga gaya editing dari seorang editor sangat mempengaruhi hasil akhir dari video yang mereka buat. Dimana nantinya proses editing tersebut akan membuat video kamu menjadi lebih menarik.

Itulah mengapa proses editing ini sering kali menjadi proses akhir yang memakan waktu lama. Nah, bagi setiap konten kreator tentunya kegiatan edit mengedit video ini sudah menjadi kegiatan sehari hari.

Akan tetapi, tidak jarang banyak sekali para kreator yang mengalami kesulitan dalam proses editing yang mereka lakukan. Untuk kamu yang masih bingung dengan dunia editing, maka kamu harus mengetahui 5 tips dan trik edit video.

tetapi jika kamu tidak memiliki waktu luang untuk mengedit video, kamu juga dapat memilih menggunakan Jasa pembuatan video yang terpercaya dengan hasil yang bagus.

5 Tips dan Trik Mengedit Video Yang Penting Untuk Diketahui

Adapun 5 tips dan trik edit video yang penting kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

1. Rapihkan Materi Project

Ketika kamu sedang mengerjakan sebuah project maka biasanya data-data gambar yang sudah terkumpul akan dipindahkan begitu saja tanpa ada pemilihan dan juga penggolongan kategori gambar terlebih dahulu.

Baca Juga:  7 Aplikasi Edit Video Konten Youtube Paling Recommended Bagi Pemula 2023

Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kamu membuat terlebih dahulu sebuah folder pusat ketika akan memulai suatu project.

Untuk folder tersebut dapat digunakan sebagai sumber utama dari data-data yang akan digunakan dalam proses editing.

Nantinya kamu dapat menyimpan data-data berdasarkan kategorinya mulai dari video, foto, gratis kemasan efek dan juga yang lainnya.

Sehingga hal tersebut akan membuat project video yang kamu lakukan lebih terorganisir dan menghemat waktu dalam mengakses pencarian data.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop dan HP Gratis 2023

2. Gunakan Custom Keyboard Shortcut

Kemampuan mengedit dengan cepat dan juga fleksibel menjadi salah satu faktor utama yang wajib diketahui dari seorang editor.

Terkadang kau mau kecepatan mengedit akan terhambat karena jauhnya tombol shortcut yang ada pada software editing yang kamu gunakan.

Nah, terdapat beberapa software editing yang memiliki fitur custom keyboard shortcut di mana kamu bisa mengatur shortcut keyboard tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

3. Variasi Shot

Selain itu, pengambilan sebuah video juga harus selalu menarik dalam setiap penggantian gambarnya. Nah untuk cara ini kamu dapat menggunakan beberapa angel dalam sebuah adegan gambar.

Serta kamu bisa menggunakan berbagai trik editing yang dapat membuat sebuah gambar menjadi lebih menarik. Mulai dari efek zoom, efek transisi yang unik maupun efek grafis yang ditambahkan dalam video.

4. Gunakan Grading Warna

Selanjutnya kamu dapat mengatur warna dalam gambar. Dalam mengatur warna tersebut akan membuat rangkaian adegan dapat terasa membawa kesan ceria, sedih maupun menegangkan.

Bagi kamu yang ingin belajar untuk mengatur warna maka kamu bisa berlatih dari berbagai film atau video.

Baca Juga:  Rekomendasi 6 Aplikasi Penjernih Video untuk Android dan iPhone, Video Jadi Lebih Menarik!

Nah, terdapat berbagai macam teknik grading warna yang bisa kamu coba mulai dari grading manual, numetri, sampai preset yang sudah tersedia.

Baca juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Edit Suara Video Terbaik, Dapat Tingkatkan Kualitas Audio Video

5. Pilih Format Output Yang Tepat

Langkah terakhir dalam sebuah proses editing video yaitu membuat rangkaian editing menjadi sebuah file. Perlu kamu ketahui bahwa setiap keperluan memiliki spesifikasi output yang berbeda-beda. Untuk itu kamu dapat memilih format yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu.

Nah, bagi kamu yang tidak ingin ribet dalam mengedit sebuah video. Maka kamu bisa menggunakan jasa pembuatan video saja.

Itulah 5 tips dan trik edit video yang penting untuk diketahui, semoga penjelasan serta informasi kali ini bisa sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar dalam mengedit video.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas