Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Menghasilkan Uang dari Sosial Media, Pemula Wajib Tahu!

241
×

5 Cara Menghasilkan Uang dari Sosial Media, Pemula Wajib Tahu!

Sebarkan artikel ini
cara menghasilkan uang daari sosial media

Cara Menghasilkan Uang dari Sosial Media – Siapa yang tak kenal internet? Semua orang rasanya tahu dan menggunakan jaringan internet untuk melakukan berbagai aktivitas. Dewasa ini, keberadaan internet justru kian pesat dan cukup mengkhawatirkan.

Pasalnya, beberapa orang menjadikan internet sebagai tempat menebar kejahatan, termasuk media sosial. Biar media sosial Anda memberi dampak positif, ada cara menghasilkan uang dari sosial media yang sangat mudah.

Baca juga: 5 Tips Menaikkan Insight Instagram Lengkap, Dijamin Berhasil!

Beberapa Cara Menghasilkan Uang dari Sosial Media

Sering merasa jenuh atau kesal melihat postingan di sosial media? Kerap membaca postingan yang berkonten negatif dan merugikan? Anda bisa mengubah sosial media sebagai sumber penghasilan. Lantas, apa saja profesi yang bisa dikembangkan dari sosial media?

1. Media Partner

Sebuah media partner bertugas menyebarluaskan atau mempromosikan suatu acara. Jenis dan bentuk acaranya pun tak terbatas, baik diadakan oleh lembaga atau instansi pemerintahan maupun swasta. Untuk memaksimalkan akun Instagram sebagai media partner, Anda bisa memulainya dari postingan acara kecil. Misalnya saja penggalangan dana untuk musibah tertentu.

Supaya cara menghasilkan uang dari sosial media lebih maksimal, usahakan untuk fokus pada satu kegiatan tertentu. Posting beberapa foto dari kegiatan tersebut ke laman sosial media. Buatlah semenarik mungkin, agar calon klien lebih berminat menjalin kerjasama. Biasanya klien akan membayar tarif tertentu untuk menggunakan jasa promosi di akun sosial media Anda.

2. Selebgram

Di zaman sekarang, tak cuma artis dan selebritism saja yang dikenal luas. Para selebgram atau selebriti Instagram pun kerap mencuri perhatian. Jumlah pengikut mereka yang selalu membludak menjadi alasannya. Coba saja perhatikan berapa banyak selebgram yang dielu-elukan para remaja masa kin? Sebut saja Awkarin, Anya Geraldine, sampai Abel Cantika.

Profesi selebgram bisa dibilang berbisnis tanpa modal. Pasalnya, Anda tak harus mengeluarkan uang sedikitpun untuk mempersiapkan bahan produksi maupun promosi. Cukup membuat konten menarik, orang-orang akan mengikuti akun Instagram Anda.

Cara menghasilkan uang dari sosial media dengan profesi selebgram pun sangat mudah. Anda bisa membuka jasa paid promote maupun endorsement dari para brand atau online shop.

3. Online Shop

Bisnis daring memang lebih diminati oleh masyarakat urban. Belanja online dinilai jauh lebih efisien dari sisi waktu dan biaya. Pembeli tidak harus datang langsung ke toko untuk membeli produk tertentu. Hal ini tentu saja mempermudah pekerjaan kaum urban yang memilih efisiensi waktu serta tenaga. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk bisnis online.

Jenis bisnis online yang bisa dijalani pun beragam, mulai dari reseller dan dropshipper. Untuk dropshipper, Anda tak harus memiliki modal besar dan menyediakan barang sebelumnya. Anda hanya mempromosikan produk tertentu kepada pelanggan. Nantinya, supplier yang akan mengemas dan mengirim produk langsung kepada konsumen. Cara menghasilkan uang dari sosial media ini sangat cocok untuk para mahasiswa atau ibu rumah tangga.

4. Food Lovers

Mengaku pecinta makanan dan hobi mencicipi berbagai makanan? Kenapa tak manfaatkan hobi tersebut menjadi peluang usaha? Anda bisa menawarkan jasa review makanan kepada restoran atau tempat makan tertentu. Bisnis ini benar-benar menguntungkan bagi kedua belah pihak, bukan hanya para food lovers.

Bagi pemilik usaha, mereka mendapatkan exposure berupa promosi kepada pengikut akun Instagram Anda. Buat food lovers, Anda mendapatkan bayaran dari ulasan dan bisa mencicipi beragam makanan tak biasa.

Tertarik mengubah hobi makan menjadi sumber penghasilan? Jika iya, mulailah belajar memotret makanan dengan baik dan mengunggahnya ke akun Instagram. Dijamin, cara menghasilkan uang dari sosial media ini bisa mengubah hidup Anda.

5. Traveler

Bukan hanya food lovers, para traveler mampu mencuri perhatian pengguna sosial media. Kebanyakan orang sengaja mencari tahu lokasi liburan berdasarkan rekomendasi traveler ternama. Di Indonesia sendiri, ada beberapa traveler yang memiliki banyak pengikut. Sebut saja Depepedia, Amrazing, dan lainnya. Mereka kerap membagikan tempat makan dan wisata yang wajib dikunjungi.

Berminat menjadi seorang traveler yang memiliki banyak pengikut? Mulailah mencari beberapa tempat wisata yang memang jarang dikunjungi oleh wisatawan. Posting foto yang benar-benar menarik perhatian pengikut Anda. Bila Anda mengelola feed dengan benar, niscaya cara menghasilkan uang dari sosial media satu ini bisa membawa Anda ke berbagai belahan dunia.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas