5 Manfaat Daun Sirsak untuk Lambung dan Usus serta Kesehatan Lainnya

daun sirsak

Manfaat Daun Sirsak untuk Lambung – Buah sirsak dengan nama latin Annona Muricata berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Namun juga banyak tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Buah ini mengandung banyak manfaat pada bagiannya. Salah satunya adalah manfaat daun sirsak untuk kesehatan lambung dan usus serta kesehatan lainnya.

Tentunya tidak banyak yang tahu karena berpikir bahwa yang hanya bisa dimakan hanyalah buahnya yang memiliki rasa manis agak asam. Oleh karena itu, pembahasan ini dirasa penting untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang manfaatnya.

Baca juga: 4 Manfaat Masker Putih Telur untuk Kesehatan Kulit Wajah dan Cara Membuatnya

Manfaat Daun Sirsak untuk Lambung dan Usus Serta Penyakit Lainnya

Perlu digaris bawahi bahwa di dalam daun sirsak mengandung banyak senyawa aktif. Contohnya adalah alkaloid, flavonoid, tanin, fosfor, Vitamin A, B, C, karbohidrat dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun dari sekian banyak itu yang menjadi utama adalah Annona Acetogenins yaitu sejenis asam lemak.

Melalui kandungan di atas, banyak manfaat daun sirsak untuk asam lambung dan usus. Tidak hanya itu, bahkan mengkonsumsinya secara rutin juga mampu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan penyerta, yaitu:

1. Pereda Rasa Sakit

Bagi penderita asam lambung, maag atau penyakit lainnya yang terjadi pada lambung dan usus, tentunya akan sangat sakit pada bagian kerongkongan, ulu hati dan bagian perut. Manfaat dari daun sirsak ini adalah meredakan rasa sakit.

Semua itu berkat kandungan zat anti inflammatory sekaligus analgesik yang mampu meredakan rasa sakit dengan menyembuhkan radang. Mulai dari yang sifatnya ringan hingga kronis di lambung maupun usus.

2. Mengatasi Sakit Maag

Selain yang sudah dijelaskan di atas, ternyata daun sirsak juga mengandung zat anti ulcerative atau anti peradangan yang mampu menekan produksi asam lambung yang berlebih. Selain itu juga melindungi dinding dari bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran cerna lambung.

Cara mengkonsumsinya adalah dengan merebus daun sirsak menggunakan air kemudian diambil sarinya agar bisa mengurangi infeksi sekaligus meredakan sakit akibat infeksi tersebut. Jadi, sangat direkomendasikan oleh penderita sakit maag.

3. Mengobati Diare

Tidak hanya daun jambu merah saja yang mampu mengobati diare, ternyata daun sirsak juga bisa. Terdapat Kandungan ekstrak metanol yang mampu mencegah tumbuhnya parasit maupun bakteri, seperti contoh eschericia coli yang menjadi penyebab diare.

Kesehatan usus sangat penting untuk diperhatikan. Apabila fungsinya terganggu maka tidak hanya membuat penderitanya tidak nyaman, namun juga menimbulkan penyakit yang lebih serius lainnya jika tidak segera diobati.

Obat-obatan medis memang dianjurkan, tapi alangkah lebih baik jika mengusahakannya dengan yang alami terlebih dahulu. Sampai sini bisa dipahami kan?

4. Mengobati Sakit Kuning

Tidak hanya usus dan lambung, ternyata zat yang dikandung dalam daun sirsak juga mampu mengobati fungsi hati. Ekstak methanolnya memiliki efek positif melindungi hatidan liver dari segala racun atau radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit kuning.

Bahkan pada penelitian yang dilakukan, daun sirsak ternyata mampu menurunkan kadar bilirubin yang ada di dalam darah bagi siapa saja yang menderita sakit kuning.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Darah tinggi menjadi momok bagi semua orang. Namun tenang saja karena Anda bisa mengatasinya hanya dengan mengkonsumsi daun sirsak. Kandungannya mampu menurunkan tekanan darah tanpa memberikan pengaruh yang besar bagi kinerja jantung.

Manfaat daun sirsak untuk lambung dan usus di atas masih sangat banyak. Pastikan Anda mengkonsumsinya dengan benar yaitu dengan merebus daunnya terlebih dahulu dan meminum airnya. Lakukan secara rutin hingga gejala penyakit yang ada di lambung dan usus menghilang.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas