Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Tips dan Cara Mendapatkan Domain Secara Gratis untuk Bikin Website, Cepat dan Mudah!

280
×

Tips dan Cara Mendapatkan Domain Secara Gratis untuk Bikin Website, Cepat dan Mudah!

Sebarkan artikel ini
domain

Cara Mendapatkan Domain Secara Gratis Bikin Website – Bagaimana cara mendapatkan domain gratis? Dalam pembuatan website, domain adalah unsur yang penting. Pasalnya, ia berfungsi sebagai alamat identitas ketika pengguna mengakses sebuah website.

Meskipun beberapa CMS seperti WordPress dan Blogspot telah menyediakan domain bawaan, namun kamu tetap harus membeli nama domain agar website-mu lebih profesional.

Baca juga: Inilah 6 Cara Mudah Hapus Background Foto Online Gratis, Dijamin Berhasil!

Nah, jika kamu masih pemula dan ingin mencoba membuat website, yuk intip cara mendapatkan domain gratis di uraian berikut ini!

Daftar Generic-Top-Level Domain & Fungsinya

Sebelum membahas cara mendapatkan domain gratis, kamu perlu mengetahui apa itu generic top level domain dan fungsinya dulu, Sob!

Yup karena adanya domain ini, kini kita tidak perlu mengetikkan alamat IP pada kolom pencarian browser.

Pasti akan susah jika harus mengingat alamat IP untuk mengaksesnya. Sebagai contoh saja, untuk mengakses Google kamu perlu mengetikkan alamat IP 172.217.26.78. Cukup panjang dan repot kan, Sob?

Nah, untuk daftar generic top level domain yang umumnya sering ditemui ada 5 jenis, dan pertama kali dikenalkan ke masyarakat pada tahun 1984. Berikut penjelasannya.

1. .com

.com adalah singkatan dari commercial dan merupakan generic top level domain yang banyak digunakan oleh perusahaan maupun organisasi-organisasi komersial.

Bahkan saat ini, sudah ada 135 juta domain yang berakhiran .com lho, Sob. Itulah sebabnya, domain .com menjadi salah satu nama domain gratis yang paling banyak digunakan.

2. .org

Sebagai salah satu generic top level domain, .org memiliki fungsi khusus dipakai untuk organisasi non profit seperti lembaga sosial, organisasi asosiasi kemanusiaan, dan yayasan.

3. .biz

.biz termasuk ke dalam generic top level domain (gTLD) yang memiliki singkatan dari business.

Sesuai namanya, domain ini digunakan untuk keperluan bisnis seperti toko online, lembaga usaha, dan lain sebagainya yang terkait dengannya.

4. .name

.name adalah domain yang berfungsi untuk menginformasikan identitas personal maupun keluarga.

Akhir domain ini biasanya disarankan untuk pemilik blog/website yang ingin menggunakan nama marga atau identitas pribadinya sebagai akhir domain.

5. .id

Generic top level domain berikutnya adalah .id. yang juga paling sering ditemui selain .com.

Domain ini biasanya berfungsi untuk ekstensi website yang berdomisili di Indonesia atau penggunaan website yang memiliki server di Indonesia.

Kelebihan domain .id menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemilik website. sehingga bukan lagi menjadi suatu hal yang mengejutkan apabila .id cukup populer di kalangannya.

Domain Gratis untuk Membuat Website

Nah, setelah mengetahui daftar generic top level domain di atas, kamu pasti bertanya-tanya apakah ada cara mendapatkan domain gratis? Tenang saja, Sob!

Selain domain yang disebutkan di atas, ada beberapa domain gratis yang bisa kamu gunakan websitemu.

Untuk nama domain gratis berikut termasuk ke dalam country code top level domain (ccTLD).

1. .ml

.ml merupakan singkatan dari Mali dan berasal dari Afrika Barat. Meskipun termasuk nama domain gratis, trafik dan nama domain .ml cukup terbatas, serta kurang kredibel jika dibandingkan dengan nama domain lainnya.

Namun, jika ingin mencoba atau bereksperimen membuat website, kamu bisa menggunakan ekstensi domain .ml ini.

2. .tk

Selain .ml, nama domain yang kamu dapatkan untuk bereskperimen dalam membuat website berikutnya adalah . tk yang memiliki singkatan Tokelau, yaitu sebuah daerah di Selandia Baru.

Domain .tk juga dikenal kurang kredibel sehingga tidak disarankan untuk penggunaan website resmi seperti perusahaan atau pemerintahan.

3. .gq

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan ekstensi domain .gq yang berasal dari  sebagai salah satu cara mendapatkan domain gratis Guinea Ekuator (Equatorial Guinea).

Selain menyediakan nama domain gratis, .gq juga menyediakan ekstensi domain lainnya yang dihargai mulai dari 6,95 USD.

Keuntungan Domain Gratis

Di balik berbagai keterbatasannya, domain gratis tetap memiliki sejumlah kelebihan yang tidak bisa kamu remehkan, Sob. Nah, apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Tanpa Biaya Tahunan

Keuntungan paling utama dari penggunaan domain gratis adalah kamu terbebas dari biaya tahunan. Selain itu, cara mendapatkan domain gratis ini juga cukup mudah, Sob.

Kamu hanya memerlukan alamat email dan setelahnya sudah bisa mendapatkan domain gratis untuk digunakan pada website.

2. Mudah Didapatkan

Menyambung dari poin sebelumnya, cara dapat domain gratis ini cukup mudah, Sob. Yup, kamu tidak perlu memiliki skill khusus sehingga cocok bagi pemula yang ingin bereksperimen.

3. URL Lebih Mudah Diingat Konsumen

Berikutnya, keuntungan domain gratis adalah alamat website mudah diingat. Pasalnya, jika kamu masih menghafal alamat IP untuk mengakses website, maka akan lebih repot, Sob.

Dengan nama domain gratis yang mudah diingat ini, website tentu akan berpotensi tinggi untuk dikunjungi oleh pengunjung.