Cara FYP di Tiktok Anti Gagal – Semenjak awal pandemi, TikTok menjadi salah satu sosial media yang tingkat penggunanya membludak drastis. Platform ini bak surga video pendek yang menghibur dan berperan sebagai pelepas penat untuk banyak orang.
Kini tidak hanya untuk kegunaan personal saja, tetapi influencer maupun perusahaan besar juga memanfaatkan platform ini. Mereka berlomba-lomba untuk tetap up-to-date di pasaran dengan membuat akun TikTok dan mengunggah konten yang menarik bagi customer atau follower.
Baca juga: Bikin Lidah Bergoyang, Inilah 5 Makanan Khas Malang Paling Populer
Namun, seperti halnya media sosial lain, TikTok juga memiliki algoritmanya sendiri. Jika kamu ingin kontenmu dilihat oleh banyak orang, maka kontenmu harus masuk ke laman For You Page atau FYP TikTok terlebih dahulu.
Tips dan Cara agar FYP di TikTok
Seiring dengan bertambahnya pengguna, semakin sulit juga untuk membuat sebuah konten masuk ke FYP. Lalu, bagaimana caranya agar kontenmu FYP? Jangan khawatir karena terdapat tips yang ampuh agar konten kamu bisa FYP dan bisa ditonton oleh lebih banyak pengguna di TikTok.
1. Jangan Berpatok pada Kuantitas
Kamu tidak perlu terus-terusan meng-upload video yang kamu sebenarnya tidak terlalu puas akan kualitasnya, hanya karena merasa harus banyak publikasi konten!
Jika kamu berpikir hanya dengan lebih banyak konten yang kamu unggah, kemungkinan kamu muncul di FYP juga akan lebih besar, kamu perlu mengubah mindset kamu.
Spamming won’t help! Banyak kok, video yang masuk FYP di mana akunnya hanya memiliki sedikit video.
2. Buat Konten yang Berkualitas
Jangan hanya terpaku dengan angka penonton, kamu juga harus membuat konten yang berkualitas agar kontenmu FYP. Hindari mengunggah video dengan kualitas gambar rendah dan buram. Kamu juga meningkatkan kualitas konten dengan editing. Bereksperimen lah dengan filter atau teknik transisi agar konten lebih menarik untuk ditonton. Hal ini selain bisa meningkatkan kualitas video, juga bisa memberikan ciri khas yang berbeda dari konten lain.
3. Buat Video dengan Durasi Pendek
Karena TikTok merupakan platform video pendek, pengguna akan lebih tertarik dengan video yang berdurasi kurang dari 1 menit. Walau kini kamu bisa mengunggah dengan durasi yang beragam, kemungkinan besar untuk seseorang tidak menonton sebuah konten hingga akhir jika berdurasi terlalu panjang.
Kamu bisa menambahkan unsur menarik di awal video agar penonton terdorong untuk menyimak video hingga selesai. Usahakan untuk membuat konten yang berdurasi di antara 15-30 detik agar menambah tingkat video completion kontenmu.
4. Gunakan Sound yang Trending
Sama seperti hashtag, penggunaan sound atau lagu yang trending juga dapat membantu kontenmu dilihat oleh lebih banyak orang. Kamu bisa mencari sound yang sedang trending di menu “Discover” atau menggunakan sound yang sedang banyak digunakan di konten unggahan followers kamu.
5. Pakai Sound yang Followers Suka
Jika kamu menggunakan akun TikTok Pro (gratis) dan memiliki 100 followers, kamu bisa mendapatkan analytics tentang pengikut kamu, dan sounds yang ada di video yang mereka tonton selama satu minggu terakhir.
6. Manfaatkan Hashtag dengan Tepat
Banyak orang yang mengira #ForYou, #FYP dan sebagainya akan memperbesar angka penonton. Namun, cara tersebut belum tentu efektif untuk membuat suatu konten viral di TikTok.
Cara yang tepat adalah dengan menggunakan hashtag yang relevan atau sesuai dengan konten. Hindari menggunakan hashtag yang berlebihan dan tidak sesuai dengan isi dari kontenmu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hashtag yang sedang trending atau mengkombinasikan antar hashtag yang populer dan yang kurang populer.
7. Ikuti Tren Terkini
Kamu perlu memperhatikan, tren apa sih yang sedang naik belakangan? Bagaimana cara tahunya? Kamu bisa lihat saja di For You Page kamu sendiri.
Jika suatu challenge muncul di FYP kamu berkali-kali, mungkin kamu bisa coba untuk ikut berpartisipasi!
8. Berinteraksi dengan Followers
Berinteraksi dengan followers seperti memberi like, atau membalas comments dapat meningkatkan engagement kamu.
Pada akhirnya, engagement yang baik juga akan berperan untuk membantu video kamu masuk ke FYP.
9. Bangun Engagement
Strategi lain dalam membangun engagement adalah untuk menulis pertanyaan di caption video kamu. Pertanyaan di dalam caption seperti, “kalau menurut kalian bagaimana?” mengajak orang untuk turut menulis comments dan berinteraksi dengan konten kamu.
Comments dalam konten bisa membantu sebuah video masuk ke FYP, lho. Sebab, hal seperti ini ditangkap sebagai sinyal baik oleh algoritma.