5 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil, Penting Banget Moms!

yoga

Yoga memang merupakan latihan yang mampu memberikan ketenangan pada pesertanya. Ternyata, yoga ini juga bagus banget digunakan untuk ibu hamil. Ada beberapa manfaat yoga untuk ibu hamil yang penting banget untuk diperhatikan. Tentunya mampu memperkuat kandungan dan membuat ibu hamil lebih rileks.

Baca juga: 6 Cara Merawat AC agar Awet dan Tahan Lama, Dijamin Ampuh!

 

Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

yoga

Apa saja manfaat yang didapatkan dengan yoga untuk ibu hamil? Biar nggak penasaran kamu bisa langsung cek penjelasannya di bawah ini:

Membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat pertama yang didapatkan oleh ibu hamil dengan latihan yoga adalah membantu menurunkan tekanan darah. Kamu tentunya tahu kalau ibu hamil sulit untuk rileks dan cenderung setres apalagi jika memang kondisi di sekitarnya nggak mendukung kehamilannya sehingga menyebabkan kenaikan tekanan darah yang krusial.

Tekanan darah yang tinggi ini bakalan memperburuk keadaan fisik dan psikis ibu hamil sehingga harus dinormalkan. Kondisi tekanan yang terlalu tinggi bakalan membuat kondisi bayi nggak tertolong atau proses persalinan yang menjadi terganggu. Dengan latihan yoga maka kondisinya bakalan menjadi lebih normal.

Mencegah terjadinya komplikasi kehamilan

Manfaat kedua yang didapatkan dengan latihan yoga untuk ibu hamil adalah mampu mencegah terjadinya komplikasi pada kehamilan. Komplikasi merupakan suatu kondisi yang sangat dihindari karena memang mengganggu kesehatan janin bahkan ibu hamilnya. Kamu bisa mencegahnya dengan latihan yoga.

Yoga mampu mencegah beberapa kondisi yang nggak diinginkan seperti keguguran, kehamilan ektopik, dan diabetes gestasional. Kamu bisa memilih khusus prenatal yoga untuk meredakan stres dan membuat tubuh lebih rileks. Sehingga kehamilan bakalan dijauhkan dari penyakit yang nggak diinginkan.

Menjalin ikatan dengan calon bayi

Hubungan ibu dan anak nyatanya perlu banget dibangun nggak hanya saat mereka sudah lahir namun saat mereka mulai dalam kandungan. Nah, salah satu cara membangunnya adalah dengan melakukan latihan yoga bersama. Ada beberapa gerakan yang mengharuskan ibu berkomunikasi dengan bayi.

Beberapa gerakan yang dimaksud adalah mengusap perut sebelum memulai yoga dan beberapa bisikan yang memberitahukan bahwa ibu dan anak harus melakukan gerakan bersama-sama. Interaksi ini bakalan memberikan hubungan yang manis dan menjadi erat untuk ibu dan anak.

Membuat pinggul lebih kuat dalam mempersiapkan kelahiran

Manfaat keempat yang perlu kamu tahu dengan latihan yoga prenatal adalah membuat pinggul lebih kuat dalam mempersiapkan proses kelahiran. Latihan yoga ini mampu untuk membuat keseimbangan tubuh menjadi lebih baik, kerenggangan otot maksimal dan sirkulasi tubuh menjadi lebih bagus.

Hal ini juga membantumu untuk terhindar dari sakit pinggang yang berkepanjangan selama masa kehamilan. Bahkan gerakan dalam prenatal yoga ini mampu membuat otot-otot di area pinggul lebih lentur dan fleksibel sehingga mempermudah proses kelahiran nantinya.

Membantu membuat tubuh tetap sehat dan aktif

Manfaat latihan yoga yang kelima adalah membantu tubuh menjadi tetap sehat dan aktif dibandingkan sebelumnya. Ibu hamil tentu mengalami perubahan hormon yang signifikan dibandingkan saat nggak hamil sehingga bakalan banyak rasa nggak nyaman dan tubuh menjadi berat untuk berjalan.

Dengan latihan yoga bakalan membuatmu mendapatkan tubuh tetap stabil dan seimbang sehingga kamu bakalan terbiasa dengan ukurannya. Hal ini bakalan menunjang untuk mendapatkan adaptasi secara konsisten selama proses perubahan tubuh sampai ke tahapan kelahiran nantinya.

Jadi, kamu nggak bakalan merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi baik yang kecil maupun besar.

Rekomendasi Matras Yoga untuk Ibu Hamil

yoga

Tertarik untuk membeli matras yoga dalam menunjang latihanmu? Nggak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasinya di bawah ini:

Berwyn Matras Yoga Pvc 0.4 Cm

Rekomendasi produk pertama yang bisa kamu beli adalah Berwyn Matras Yoga Pvc 0.4 Cm. Matras ini memiliki bentuk yang kekinian dan terbuat dari bahan super lembut, anti air, mudah digulung dan anti selip. Dibekali dengan permukaan yang berbintik-bintik untuk membuat latihanmu menjadi lebih aman.

Terdapat 3 pilihan warna yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan mulai dari merah, putih dan ungu. Kamu yang tertarik bisa langsung mendapatkannya dengan harga sekitar Rp68 ribuan.

Antarestar Matras Yoga Olahraga Outdoor & Alas Senam Yoga

Rekomendasi produk kedua yang bisa kamu pertimbangkan penggunaannya adalah Antarestar Matras Yoga Olahraga Outdoor & Alas Senam Yoga. Matras ini lembut dan nyaman digunakan, dibekali dengan bentuk yang anti selip dan cenderung aman terutama untuk latihan di luar ruangan.

Bahannya sudah anti air, tebal dan mudah digulung kembali saat nggak digunakan. Terdapat tali yang mempermudahmu untuk membawanya saat bepergian. Untukmu yang tertarik bisa langsung mendapatkannya dengan harga sekitar Rp32 ribuan.

HAPPYFIT Matras Yoga

Rekomendasi produk ketiga yang bisa kamu coba adalah HAPPYFIT Matras Yoga. Matras ini dibuat dengan PVC dengan warna-warna yang menarik seperti hijau, merah muda, hitam sampai dengan biru. Kamu bebas memilih sesuai dengan keinginanmu karena semuanya punya kualitas yang sama.

Didukung dengan adanya mempunyai dot yang timbul sehingga memberikan fondasi yang kokoh dan aman sehingga lebih nyaman dan anti selip untuk ibu hamil.

Apalagi sudah mendukung latex-FREE material dengan anti-bakteri yang memberikan kenyamanan. Kamu yang penasaran bisa langsung mendapatkannya seharga Rp139 ribuan.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas