6 Cara Merawat AC agar Awet dan Tahan Lama, Dijamin Ampuh!

merawat ac

Cara Merawat AC agar Awet – Beberapa rumah di perkotaan rumah yang memiliki AC hampir mendominasi wilayah tertentu. Memiliki AC memanglah sebuah kepuasan tersendiri, selain itu dengan memiliki AC maka dapat kalian merasakan kenyamanan saat bersantai dan beristirahat di rumah. Namun demikian merawat dan menjaga AC agar tetap bersih dan terjaga adalah hal yang tidak mudah.

Terkadang AC mengalami system error yang membuat penghuni rumah tidak nyaman. Adapun masalah AC yang akan sering dijumpai misalnya seperti bau, AC tidak bekerja dengan baik sehingga justru menimbulkan udara panas, hingga AC bocor karena kerusakan pada mesin. Hal-hal tersebutlah yang membuat kalian harus mengetahui cara merawat AC dengan baik.

Baca juga: 5 Tips Rawat Kulit Bayi Baru Lahir, Ibu Baru Wajib Perhatikan!

Melakukan perawatan AC dapat menjaga kualitas AC di rumah terjaga sehingga awet digunakan untuk jangka panjang. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan agar AC tahan lama. Lau bagaimana sih cara merawat AC agar tahan lama?

Nah, daripada kalian penasaran yuk, simak cara menjaga AC agar awet.

Cara Merawat AC agar Awet

Memilih AC yang awet dan tahan lama tidak selalu bergantung dengan harga AC ketika dibeli, karena kualitas AC yang tahan lama akan bergantung dengan kualitas pengguna yang menggunakan AC. Oleh karena itu harga Aac yang maha tidak menjamin AC bisa bertahan lama dan jarang rusak, perlu adanya perawatan khusus agar AC tidak mudah rusak.

Berikut adalah beberapa hal bagaimana cara merawat AC agar awet.

Mematikan AC Saat Tidak Digunakan

Sudah selayaknya bahwasanya alat elektronik yang sedang tidak digunakan agar tidak selalu menyala. Hal ini juga bisa membuat listrik boros apabila terus menyala. Rutin mematikan AC ketika ruangan ditinggal untuk waktu yang cukup lama adalah hal yang sebaiknya dilakukan. Selain untuk menghemat listrik juga melakukan tindakan perawatan AC agar tidak rusak.

Dengan mematikan AC maka kamu telah mengistirahatkan mesin AC agar tidak mudah panas. AC yang panas akan menimbulkan masalah yang baru mulai dari AC tidak berfungsi dengan baik atau bocornya AC di dalam ruangan. Kebiasaan mematikan alat elektronik juga merupakan suatu hal yang membantu mengurangi pemanasan global.

Tidak Menggunakan Suhu Ekstrim

AC memang berguna untuk mendinginkan suhu ruangan agar tidak panas. Namun bukan berarti kamu bisa semaunya mengubah suhu AC agar terlalu dingin ataupun terlalu panas. Dengan melakukan hal tersebut maka AC akan bekerja sangat keras untuk menghasilkan udara yang begitu dingin. Melalui hal tersebut bukanya berdampak baik namun akan berdampak buruk pada keadaan mesin.

Karena kompresor pada AC akan bekerja dengan berat maka hal ini bisa  menimbulkan kerusakan pada mesin AC. Oleh karena Itu sebaiknya hindari penggunaan AC dengan suhu rendah, hal ini juga perlu dilakukan agar AC dapat awet digunakan dalam jangka panjang.

Bersihkan Kumparan Kondensor AC

Selain penggunaan yang harus diperhatikan ketika menggunakan AC hal lain yang perlu perhatikan adalah kebersihan dari mesin AC tersebut. Meskipun jarang tersentuh bukan berarti AC jauh dari kata kotor lho.

Tahukah kamu bahwasanya udara dingin yang masuk kedalam ruangan merupakan udara yang diambil dari luar ruangan. Terkadang udara dari luar ruangan terdapat debu, namun demikian debu tidak masuk ke ruangan karena dibantu atau di filter oleh mesin AC. Meskipun udara yang memasuki ruangan bersih bukan berarti AC yang bekerja tidak luput dari kotor.

Oleh karena itu juga perlu membersihkan kumparan AC dari debu untuk menghindari kerusakan mesin. Karena debu yang menumpuk dapat menyebabkan kurangnya kemampuan ac untuk menyerap udara panas.

Membersihkan Filter AC

Selain kondensor AC yang perlu rajin untuk di bersihkan Filter AC juga merupakan komponen utama yang wajib dibersihkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Sama seperti pada kumparan kondensor filter AC juga bisa menyebabkan debu yang menumpuk yang menyebabkan AC rusak. Oleh Karena itu menjaga kebersihan filter AC perlu diperhatikan.

Apabila Filter AC dibiarkan begitu saja maka kemungkinan yang dapat terjadi adalah kotornya udara yang masuk dalam ruangan kemudian menjadi sumber alergi beberapa orang karena Udara yang masuk melalui AC terkontaminasi dengan bakteri atau debu yang menumpuk di filter AC.

Periksa Thermostat

Memeriksa thermostat merupakan hal yang perlu dilakukan untuk memastikan AC bekerja dengan baik dan menjaga temperatur tetap ruangan agar tetap stabil. Untuk mengetahui hal ini maka dapat mengatur termostat dengan temperatur tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang.

Selain itu untuk menjaga thermostat agar tetap dalam keadaan baik sebaiknya raji mematikan AC ketika tidak digunakan.

Service Secara Berkala

Peralatan Elektronik yang bekerja setiap waktu memang diperlukan perawatan yang intensif. Salah satunya adalah AC di rumah AC merupakan peralatan elektronik yang wajib diperlakukan dengan baik agar tetap bekerja dengan baik dan tidak menimbulkan dampak kerusakan yang cukup parah.

Saat ini sudah tersedia banyak jasa service AC yang berpengalaman yang bisa dapatkan dengan mudah. Salah satu tempat yang tepat untuk memilih jasa service AC adalah Blibli, Blibli tidak hanya menawarkan produk yang dapat digunakan dan dikonsumsi sehari-hari namun Blibli juga menyediakan jasa service AC.

Jasa service AC Blibli

Jasa service AC di Blibli merupakan jasa yang berpengalaman dan memiliki jam kerja tinggi sehingga dapat dengan mudah menangani AC yang rusak. Tidak hanya menangani AC yang rusak Jasa service AC juga bisa membantu menjaga AC agar tetap terjaga kualitasnya sehingga tetap bekerja dengan baik dan aman.

Ada banyak pelayanan service AC yang dapat pilih, mulai dari jasa membersihkan AC, jasa mencuci AC, jasa service AC karena tidak bekerja dengan baik dan lain sebagainya. Adapun harga yang ditawarkan oleh jasa AC di Blibli sangat terjangkau. Beberapa penyedia jasa ini memberikan penawaran harga bergantung dengan jenis jasa yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan jasa service AC Juga  tidak perlu berkunjung ke kantor pusat tempat penyedia jasa, namun  pihak masalah yang akan mendatangi rumah atau kantor untuk melakukan cek mengenai kerusakan atau beberapa hal yang perlu di service.

Selain itu, ketika menggunakan jasa service Blibli, kamu bisa mendapatkan garansi dalam waktu yang cukup panjang yaitu 2 minggu atau 14 hari untuk perawatan AC bocor. Dengan demikian apabila ada kerusakan lain yang timbul setelah servis  maka kamu bisa melakukan komplain pada jasa terkait.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas