5 Cara Menghilangkan Flek Hitam dan Keriput di Wajah!

flek hitam

Bintik hitam atau flek hitam di wajah bisa banget lho, dikurangi atau dihilangkan dengan mudah agar kulit wajah kita bisa kembali bersih dan bercahaya. Timbulnya flek hitam umumnya disebabkan oleh kelebihan pengeluaran melanin pada kulit.

Nah, faktor yang dapat menyebabkan kondisi itu biasanya karena terkena paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, efek samping dari pemakaian obat tertentu, kekurangan vitamin, kurang tidur, dan terlalu banyak stres.

Baca juga: 3 Tips dan Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Iphone Dijamin Berhasil

Terus gimana ya, caranya menghilangkan flek hitam dan keriput di wajah? Simak tips berikut ini ya.

  • Pakai Kandungan Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting yang dapat membantu memperbaiki lapisan kulit yang rusak. Soalnya vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, lho!

Fungsi kolagen tuh untuk mendorong proses pelepasan sel kulit mati dan produksi sel kulit baru yang lebih sehat, meningkatkan elastisitas kulit, menghambat penuaan dini, dan mencerahkan kulit. Jadi flek dan keriput bakal berkurang karena penggunaan vitamin C. Selain itu, vitamin C juga kaya akan antioksidan dan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas.

  • Kojic Acid

Asam Kojic atau Kojic Acid juga populer menjadi bahan perawatan kulit wajah untuk mengatasi hiperpigmentasi. Karena memiliki tingkat efektivitas tinggi, Asam Kojic berisiko menyebabkan iritasi bagi kulit sensitif, sehingga nggak semua orang bisa menggunakannya. Kamu bisa menemukan Kojic Acid di bahan skincare seperti serum, pelembab, atau sabun muka.

  • Jangan lupa pakai SPF!

Pentingnya pakai produk dengan kandungan SPF akan bantu wajahmu terlindungi dari paparan sinar matahari UVA dan UVB yang mengakibatkan timbul flek serta keriput. Selain di tabir surya, produk dengan kandungan SPF bisa juga kamu temui di produk pelembab, cushion, atau foundation. Pokoknya pastikan kamu keluar rumah dengan menggunakan SPF.

  • Retinol

Bahan kandungan dalam sebuah skincare untuk menghilangkan flek hitam selanjutnya ada retinol atau retinoid, sebagai turunan dari vitamin A. Kandungan ini populer banget di banyak penggemar skincare nih! Kekuatan retinol mampu meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru, sehingga memudarkan bintik-bintik gelap dari waktu ke waktu secara perlahan. Di sisi lain, retinol akan bekerja lebih sensitif ketika terkena paparan sinar UV ya, karena itu kamu harus menggunakan sunscreen setiap waktu.

Produk dengan kandungan retinol juga hanya boleh digunakan malam hari dan tidak direkomendasikan untuk ibu hamil serta ibu menyusui. Jadi kalau kamu mau coba suatu produk yang ada retinol, kamu harus sesuaikan dengan kondisi kamu saat ini ya. Jika sedang hamil atau menyusui, jangan memaksakan diri untuk menggunakannya.

  • Rajin Maskeran Sesuai Kondisi Wajah!

Nah, kalian juga jangan melewatkan tahapan satu ini ya. Kamu perlu merawat wajah dengan rajin maskeran. Kalau malas mengolah bahan mentah untuk maskeran, kamu bisa banget pakai sheet mask yang sesuai kondisi kulit.

Pilih produk masker yang memiliki kandungan lemon atau bengkuang untuk bantu mencerahkan wajah dan menghilangkan flek hitam. Sementara untuk keriput, kamu bisa pilih masker yang memiliki kandungan pelembab seperti kolagen, lendir siput, atau allantoin.

Semoga bermanfaat dan wajah kamu bisa lebih cerah sehat seperti sebelumnya. Selamat mencoba!

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas