3 Tips dan Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Iphone Dijamin Berhasil

foto

Foto yang tidak sengaja kehapus pasti membuat kalian merasa sedih. Bisa jadi foto itu adalah foto berharga atau foto penuh kenangan yang sayang banget kalau kehapus begitu saja di iPhone.

Tenang saja, ada beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone dengan mudah dan pasti berhasil. Cara di bawah ini wajib banget buat kamu coba saat nggak sengaja menghapus foto.

Baca juga: 2 Cara Reset Xiaomi Mi A1, Gampang Banget!

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

Jangan keburu panik kalau foto di iPhone punya terhapus begitu saja karena kamu masih bisa memulihkan data-data foto tersebut lho. Apalagi cara untuk mengembalikan foto yang terhapus bisa dilakukan dengan gampang dan nggak butuh waktu yang lama. Apa saja sih cara-cara yang ampuh untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone milik kalian? Inilah infonya untuk kamu.

1. Gunakan Photos App

Semua foto yang kamu ambil lewat kamera iPhone pasti akan otomatis tersimpan di aplikasi ini. Jika kalian tidak sengaja menghapus foto, maka langkah yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan Photos App. Jika dibandingkan dengan cara-cara lainnya, mengembalikan foto melalui Photos App lebih mudah untuk dilakukan.

Namun, kalian harus tahu ini gimana langkah-langkah untuk mengembalikan foto yang terhapus kalau menggunakan cara ini. Kalian bisa menyimak infonya yang berupa langkah-langkah mudah berikut ini.

  • Buka aplikasi Photos App yang ada di beranda iPhone kamu.
  • Selanjutnya, Photo App akan menampilkan banyak jenis folder foto. Kamu bisa mencari foto-foto yang sudah dihapus tapi masih tersimpan di folder “Recently Deleted”. Foto itu akan benar-benar hilang dalam waktu 40 hari setelah di hapus di galeri foto.
  • Tekan foto yang nggak sengaja kehapus di folder “ Recently Deleted” lalu pilih “Recover”.
  • Setelah kamu sudah menekan “Recover Photo”, maka otomatis foto tersebut akan muncul kembali di galeri iPhone kamu.

Cara ini bisa Anda lakukan untuk semua jenis iPhone, mulai dari iPhone seri-seri terdahulu hingga seri terbaru, misalnya iPhone 13, iPhone 13 Promax. Oleh karena itu, cara ini wajib banget buat Anda coba karena gampang banget untuk kalian lakukan.

2. Gunakan iCloud Backup

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone adalah dengan menggunakan iCloud Backup. Masing-masing iPhone tentu saja punya akun iCloud yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data penting, termasuk data foto. Namun, pastikan iPhone kamu telah diupdate ke versi OS terbaru agar bisa menggunakan cara ini.

Nah, gimana sih cara mengembalikan foto yang terhapus melalui iCloud backup ini? Mudah nggak sih kalau dilakukan? Daripada penasaran, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Perbarui iOS iPhone ke dalam versi terbaru
  • Buka menu Setting yang ada di dalam iPhone lalu pilih General. Setelah itu klik Software Update dan pilih Download dan Instal
  • Setelah proses instal selesai, seperti biasa kamu bisa atur ulang pengaturan iPhone dengan cara pilih menu Riset yang ada di dalam pengaturan umum. Pilih All Content and Settings
  • Selanjutnya adalah backup dari iCloud, lalu klik Set Up iPhone, dan pilih Restore from iCloud Backup

Cara ini punya beberapa kelemahan saat digunakan yaitu iPhonemu harus punya file cadangan dari iCloud. Selain itu, kapasitas ukuran file cadangan iCloud cenderung sedikit yaitu hanya berkisar 5 GB saja.

Namun, cara ini bisa kalian coba sebagai salah satu alternatif dalam mengembalikan foto yang terhapus di dalam iPhone dengan efektif dan cukup mudah untuk dilakukan.

3. Gunakan iTunes Backup

iTunes backup menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam mengembalikan foto yang sudah terhapus di iPhone. Kalian bisa banget cob acara ini kalau lagi ngalamin permasalahan foto yang terhapus tanpa sengaja. Nah, buat Anda yang ingin menggunakan cara ini, pastikan kalau iPhone yang kamu gunakan sudah punya file backup iTunes.

Selain itu, cara ini juga butuh bantuan dari perangkat komputer atau laptop. Maka dari itu, kamu harus menyediakan alat elektronik tersebut untuk kemudian disambungkan dengan iPhone punya kalian. Untuk langkah-langkahnya, bisa kamu simak lewat informasi di bawah ini ya!

  • Langkah pertama adalah dengan menghubungkan iPhone ke komputer atau laptop
  • Langkah untuk memulai iTunes bisa dilakukan ketika iPhone berhasil terhubung dengan komputer. Melalui komputer atau laptop, kamu bisa klik dua kali pada ikon iPhone, sehingga iPhone akan terdeteksi oleh iTunes.
  • Klik kanan pada pilihan Device, lalu klik Restore from Backup.
  • Setelah itu, kamu bisa klik File Backup kemudian pilih Restore.
  • Proses pengembalian data foto akan dimulai, kamu hanya perlu tunggu sampai proses tersebut selesai.

Ada catatan penting yang harus diketahui oleh kalian yang ingin menggunakan cara ini untuk mengembalikan foto yang hilang. iTunes ini tidak punya mekanisme untuk mensinkronisasi file backup. Tentunya hal itu membuatnya nggak bisa terhubung secara otomatis dengan iPhone. Selain itu, kamu harus pastikan kalau kamu memiliki komputer atau laptop untuk menggunakan cara ini.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas