Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Inilah 5 Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

260
×

Inilah 5 Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Sebarkan artikel ini
Daun Binahong

Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan – Manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh sudah terkenal sejak dahulu. Terbukti dengan adanya obat-obat herbal yang berasal dari bagian-bagian tanaman ini, seperti bunga, akar, umbi, maupun daun binahong.

Salah satu manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi daun binahong yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Lantas, Apa saja manfaat daun binahong lainnya? Temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Baca juga: 6 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Wajah dan Tubuh, Wajib Kalian Ketahui!

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Kandungan daun binahong yang cukup lengkap membuat manfaat dari bahan alami ini semakin beragam. Dikutip dari Halodoc, berikut sejumlah manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah komplikasi diabetes

Salah satu komplikasi diabetes adalah katarak. Katarak terjadi saat kadar gula sudah tidak terkontrol. Berdasarkan penelitian yang dicobakan pada hewan, daun binahong mengandung senyawa antioksidan berupa flavonoid yang berperan sebagai anti-katarak togenik. Meskipun begitu, manfaat ini masih perlu diteliti lebih lanjut demi keamanan bagi manusia.

2. Membantu pertumbuhan rambut

Khasiat daun binahong selanjutnya dapat membantu pertumbuhan rambut. Hal ini dapat terjadi karena kandungan daun binahong berupa vitamin E yang dapat meningkatkan aliran darah dan mengalirkan nutrisi ke folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut dapat terjadi.

3. Menyembuhkan sakit perut

Sakit perut akibat telat makan dapat menyebabkan pencernaan tidak bekerja tepat waktu. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi minuman herbal dari daun binahong. Meskipun begitu, sakit perut akibat telat makan masih bisa dicegah dengan disiplin makan tepat waktu.

4. Menyembuhkan gatal dan peradangan

Daun binahong juga dipercaya bisa menyembuhkan gatal dan peradangan. Manfaat daun binahong untuk gatal dikarenakan daun ini mengandung flavonoid, asam ursolat, dan asam oleanolik. Akan tetapi, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

5. Menyembuhkan luka dan perawatan kulit

Kandungan daun binahong berupa minyak atsiri dan asam askorbat dapat membantu penyembuhan luka. Manfaat daun binahong untuk luka dapat diperoleh dengan menumbuk daun binahong sampai halus dan dioleskan pada kulit yang luka. Selain itu, manfaat daun binahong lainnya dapat mencegah penuaan dini dan merawat kulit agar tetap sehat.

Efek Samping Daun Binahong

Ada berbagai cara mengonsumsi daun binahong, mulai dari memakannya secara utuh, merebusnya seperti sayur, menumis, meminumnya dalam bentuk suplemen kapsul, atau menyeduhnya menjadi teh.

Tidak ada dosis khusus yang mengatur takaran per hari konsumsi daun binahong. Dosisnya harus menyesuaikan dengan kondisi kesehatan hingga usia.

Apabila Anda mengonsumsi kapsul atau tablet daun binahon, ikuti petunjuk dalam kemasan. Akan tetapi, pastikan Anda telah mendapatkan izin dari dokter dan tidak menjadikan daun binahong sebagai pengobatan utama.

Meski cenderung aman dan punya segudang segudang khasiat, tetap ada risiko efek samping yang mungkin muncul dari daun binahong.

Mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun binahong secara berlebihan, mungkin saja menimbulkan beberapa efek samping, seperti:

  • Mual dan muntah.
  • Diare.
  • Jantung berdebar dengan kencang.
  • Pusing.
  • Alergi.
  • Sakit pada area perut.

Manfaat Daun Binahong Untuk Wajah

Selain berguna untuk menunjang kesehatan tubuh, daun binahong juga memiliki sejumlah manfaat untuk wajah. Dikutip dari Halodoc, berikut beberapa manfaat daun binahong untuk wajah.

1. Mengencangkan kulit

Khasiat daun binahong untuk wajah yang pertama dapat mengencangkan kulit. Kulit yang kencang dapat meningkatkan kepercayaan diri, terutama bagi wanita. Khasiat daun ini dapat dirasakan setelah mengkonsumsi air rebusan dari daun binahong.

2. Menghilangkan komedo di wajah

Komedo adalah salah satu masalah yang sering muncul di wajah. Kondisi ini terdapat membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri. Komedo di wajah ternyata dapat dihilangkan dengan air rebusan daun binahong yang diaplikasikan sebagai pencuci wajah.

3. Menghaluskan kulit

Manfaat rebusan daun binahong selanjutnya dapat menghaluskan kulit wajah. Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara merebus 20 lembar daun binahong dalam 500 mililiter air. Setelah air rebusan dingin, sudah dapat digunakan untuk mencuci muka. Manfaat rebusan daun binahong ini dapat dirasakan secara optimal apabila dilakukan setiap dua kali sehari.

Tanaman obat ini tidak untuk dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui dan penderita nyeri dada.

Selain itu, ada pula kandungan efedrin dalam daun binahong. Hal ini membuat daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan zat yang ada dalam teh dan kopi. Sebab, mengonsumsi keduanya bersamaan dapat meningkatkan gejala pusing, gelisah, mual, muntah, insomnia, dan jantung berdebar.

Tidak semua orang bisa mengalami efek samping tersebut. Akan tetapi, jika Anda merasakannya setelah mengonsumsi daun binahong, segera berkonsultasi ke dokter.