Scroll untuk baca artikel
Ekonomi/Bisnis

7 Cara Menanam Buah Naga dengan Baik dan Benar Agar Cepat Berbuah, Prospek Menjanjikan

518
×

7 Cara Menanam Buah Naga dengan Baik dan Benar Agar Cepat Berbuah, Prospek Menjanjikan

Sebarkan artikel ini
menanam buah naga

Cara Menanam Buah Naga dengan Baik dan Benar – Cara menanam buah naga untuk bisnis tidak sesulit yang Anda bayangkan. Sehingga Anda bisa memahami cara menanam buah naga agar cepat berbuah. Pasalnya, buah ini memiliki bentuk serta rasanya yang unik sehingga memiliki banyak penggemar.

Buah ini bukan hanya memiliki rasa yang manis serta lezat. Namun, buah naga ini juga menawarkan banyak manfaat yang menyehatkan untuk kesehatan tubuh. Terdapat banyak kandungan seperti serat dan vitamin untuk setiap satu buahnya.

Baca juga: 4 Cara Menanam Cabe Rawit di Rumah dengan Menggunakan Polybag, Mudah Sekali

Tak heran, buah naga banyak dicari hingga seluruh penjuru Tanah Air. Oleh karena itu, permintaan buah ini juga terus meningkat. Untuk itu, tidak ada salahnya jika menjadikan hal tersebut sebagai ladang bisnis menjanjikan.

Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah, Berikut Langkahnya

Buah naga termasuk salah satu komoditas buah yang banyak dicari oleh kalangan masyarakat. Tak heran, jika saat ini membuat banyak orang buah mulai mencoba membudidayakan buah naga. Buah naga juga bisa mendatangkan banyak untung besar untuk Anda.

Buah satu ini memang memiliki rasa yang khas dan memiliki 80% kandungan air. Sehingga jika menikmati buah ini akan terasa sangat segar. Untuk itu, permintaan akan buah ini juga cukup stabil di pasaran.

Perlu Anda ketahui jika buah naga adalah buah yang asalnya dari Mexico. Bahkan jenisnya juga tergolong dalam tanaman kaktus (cactaceae). Tanaman ini di wilayah Tanah Air mulai populer sejak tahun 2000 dengan berbagai jenis.

Baik itu jenis buah naga daging merah, buah naga daging pink, buah naga daging hitam, hingga buah naga daging super merah. Bahkan ada pula jenis buah naga kulit kuning dan daging putih.

Saat ini banyak yang tertarik untuk melakukan budidaya. Sebab, harga dari buah ini yang relatif tinggi. Bahkan, juga tidak membutuhkan usaha besar untuk penanaman tanaman ini. Adapun beberapa cara menanam buah naga untuk bisnis, sebagai berikut.

1. Siapkan Peralatan

Terdapat beberapa perlengkapan untuk melakukan penanaman buah naga. Mulai dari pot, tiang untuk panjatan, pasir, tanah, hingga pupuk kandang atau kompos.

Sebaiknya tidak melewatkan pasir sebagai salah satu cara agar bisa tumbuh dan cepat berbuah. Sehingga perlu Anda persiapkan tempat kering serta pasir. Sementara, untuk tiang panjatan ini berfungsi untuk membantu rambatan tanaman.

Sebab, kelak jenis tanaman ini memang akan tumbuh dengan cara melilit ke atas. Untuk itu, pastikan memberikan penopang yang kuat serta kokoh.

2. Perbandingan Media Tanaman

Media tanam yang baik yakni pasir, tanah, pupuk kandang, hingga kompos campur. Namun Anda perlu perhatikan perbandingan 2:1:3:1.

Setelah semuanya tercampur, lalu sirami hingga tanah terlihat basah. Jika sudah biarkan satu malam sebelum Anda tanami bibit dari buah ini.

3. Pemilihan Bibit

Cara menanam buah naga yakni dengan melakukan pemilihan bibit. Bibit tanaman bisa Anda ambil melalui bagian batang yang besar serta tua.

Bibit buah naga yang ideal dan baik memiliki ukuran 30 cm dengan diameternya minimal 8 cm. Pemilihan jenis bibit biasanya akan secara vegetatif atau menggunakan stek.

4. Campur Semua Dalam Pot

Setelah memperoleh bibit, lalu tanam ke dalam pot hingga dengan kedalaman 10 cm. Pastikan tekan-tekan tanaman dalam wadah.

Tujuannya agar membuatnya tidak mudah roboh jika terkena angin. Saat sudah siap semua, maka letakkan bibit ke tempat terbuka untuk bisa tumbuh secara maksimal.

5. Pemberian Pupuk secara Rutin

Pemberian pupuk sebaiknya tidak hanya pada awal saja, namun rutin Anda lakukan saat tanaman ini berkembang biak. Biasanya pemberian pupuk juga tergantung dari kondisi kesuburan tanah, umur tanaman, hingga fase perkembangan.

Cara menanam buah naga pada awalnya memberi pupuk sekitar 4-5 minggu. Setelah tanaman ini berbunga, maka tambahkan pupuk dengan kandungan phospor serta kalium. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan dengan unsur mikro.

6. Lakukan Pemangkasan

Selain melakukan pemberian pupuk, budidaya buah naga juga perlu Anda lakukan pemangkasan batang tanamannya. Pemangkasan berlangsung pada bagian batang primer. Namun jika tanaman ini sudah mencapai 2 meter lebih.

7. Panen

Saat buah tersebut sudah muncul berwarna merah serta sisik juga berubah. Baik itu awalnya dari hijau menjadi merah, maka buah ini akan siap panen.

Cara lainnya agar bisa mengetahui masa panen yakni menghitung 30 – 40 hari usai tanaman berbunga. Kemudian, gunakan gunting saat memotong bagian tangkai buah. Tujuannya yakni agar bisa memudahkan proses panen.

Buah naga termasuk salah satu tanaman yang memiliki permintaan terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga perlu memahami cara menanam buah naga yang benar agar cepat berbuah. Sehingga bisnis buah ini akan menghasilkan banyak untung.