Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Samsung Galaxy Tab S8 FE Stylus Punya Layar 14, Ini Bocoran Spesifikasinya!

374
×

Samsung Galaxy Tab S8 FE Stylus Punya Layar 14, Ini Bocoran Spesifikasinya!

Sebarkan artikel ini
samsung

Samsung Galaxy Tab S8 FE dikabarkan memiliki kode Samsung SM-X506B (Birdie). Tablet dari Samsung yang bertajuk Galaxy Tab S8 FE ini dikonfirmasi pembocor bernama Roland Quandt. Dalam bocorannya, memperlihatkan spesifikasi tablet Samsung terbaru ini cukup mumpuni di kelasnya.

Kupas Tuntas Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 FE

Dalam kabar terbaru terdapat banyak bocoran di berbagai sektornya. Salah satunya bocoran dari segi layar. Galaxy Tab S8 FE dikabarkan akan membawa layar bertipe LCD seperti halnya pendahulunya.

Baca juga: Inilah 6 Cara Ubah Foto Jadi Tulisan Teks di Aplikasi HP, Dijamin Berhasil!

Hanya saja, layar LCD ini kemungkinan berukuran lebih besar jika Anda bandingkan dengan Galaxy Tab 8, S8+, maupun S8 Ultra yang bertipe AMOLED. Masih berkaitan dengan layarnya, Galaxy Tab S8 FE juga akan membawa stylus asli dengan digitizer Wacom.

Galaxy Tab S8 Ultra Punya Bezel Ekstra Tipis

Dari ketiga varian yang bakal dirilis, yang jadi paling premium adalah Galaxy Tab S8 Ultra. Secara spesifikasi di atas kertas, bisa dibilang cukup mencengangkan. Pasalnya, tablet Android satu ini bakal mengusung layar super besar—mencapai 14,6 inci! Diimbangi dengan keempat sisi bezel layar yang tipis.

Saking tipisnya, Samsung sampai harus mengusung desain notch untuk sematkan kamera depannya. Layar tersebut bakal gunakan panel Super AMOLED 120Hz dengan resolusi 1848p. Chipset-nya sendiri tak tanggung-tanggung, yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 lengkap dengan Android 12 dan tampilan antarmuka One UI 4.1. Khusus varian Ultra, kapasitas RAM dan memori maksimal capai 16GB/512GB.

Spesifikasi Galaxy Tab S8 Pada Bagian Layar Dibuat Berbeda

Selain Galaxy Tab S8 Ultra, juga bakal ada varian Galaxy Tab S8 & S8+. Dimensi layarnya berbeda-beda, di mana Tab S8 usung layar 11 inci LTPS 120Hz, sementara S8+ berada di tengah-tengah dengan ukuran 12,7 inci AMOLED 120Hz. Spesifikasi Galaxy Tab S8 Series pada bagian layar sama-sama mendukung S Pen dan berlapis Gorilla Glass 5.

Tak hanya chipset-nya saja yang sama, berikut dengan dukungan konektivitasnya. 5G bakal jadi fitur opsional mengindikasikan hadirnya varian Wi-Fi only. Port USB-C 3.2 Gen 1 pada masing-masing tablet bakal mendukung konektivitas DeX (selain Wireless DeX). Lalu untuk bagian keamanan, buka kunci layar bisa gunakan sensor sidik jari under-display.

Dari varian terkecil sampai terbesar, kapasitas baterainya cukup besar, yakni 8,000 mAh pada Tab S8, 10,090 mAh pada Tab S8+ dan 11,200 mAh untuk Tab S8 Ultra. Lantas berapa harga dari masing-masing varian? Diperkirakan mulai 680 Euro (Rp11 jutaan), 880 Euro (Rp14 jutaan) dan 1,040 Euro (Rp17 jutaan). Apakah bisa bersaing dengan iPad Pro M1? Kita nantikan saja kehadiran resminya.

Performa

Selain bocoran mengenai layar, kabar terbaru juga menyebutkan perihal performa tablet ini. Galaxy Tab S8 FE akan hadir dengan tenaga MediaTek Kompanio 900T yang memiliki chip 6nm dan 2x Cortex-A78 + 6x A55. Sementara untuk kualitas grafisnya, Samsung mempercayakannya pada Mali-G68 MC4.

Masih seputar dapur pacunya, Galaxy Tab S8 FE sepertinya akan menjalankan sistem pengoperasian Android 13. Sistem operasi tersebut memiliki antarmuka versi One UI 5 terupdate.

Dengan sistem operasi tersebut, performa Samsung Galaxy Tab S8 FE pastinya gahar dan lancar untuk pengguna manfaatkan selama multitasking.

RAM

Semakin besar kapasitas RAM yang ada di suatu tablet, maka semakin tinggi pula minat terhadap tablet tersebut.

Mengetahui hal ini, Samsung sangat memperhatikan kapasitas RAM yang tertanam pada tablet terbarunya. Dalam hal ini, Galaxy Tab S8 FE kemungkinan besar akan memiliki RAM dengan kapasitas 4 GB.

Harga

Bukan hanya spesifikasi saja yang mencuri perhatian, melainkan juga banderolan harganya. Hanya saja, mengingat tablet ini belum resmi rilis, maka harganya juga masih misterius. Akan tetapi, Anda bisa memperkirakan harganya dari seri pendahulunya.

Misalnya saja untuk Galaxy Tab S7 FE. Tablet ini meluncur dengan banderolan harga Rp 10,4 jutaan per unit. Kemudian bisa pula mencermati harga Galaxy Tab S8. Tablet ini rilis dengan harga setara Rp 12 jutaan per unit.

Sepertinya tablet terbaru dari Samsung ini membawa model dengan harga lebih rendah daripada seri Tab S. Oleh karena itu, harapannya Galaxy Tab S8 FE bisa pengguna miliki dengan harga tak lebih dari Rp 12 jutaan.

Meski begitu, hal tersebut hanya perkiraan saja. Harga pastinya tetap baru bisa terungkap ketika resmi meluncur.

Dari bocoran spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab S8 FE di atas, sudah terlihat jelas bahwa kualitasnya memang unggulan. Pengguna bisa memanfaatkan tablet ini sebaik mungkin untuk melakukan berbagai keperluan. Baik itu sebagai sarana komunikasi, hiburan, menyelesaikan tugas, dan lain sebagainya.