Scroll untuk baca artikel
Peristiwa

Kades Beriga Sepakat Berdamai Dengan Penambang

1480
×

Kades Beriga Sepakat Berdamai Dengan Penambang

Sebarkan artikel ini
IMG 20230531 WA0011
Foto: Kades Beriga dan Ajid menunjukkan surat perjanjian damai di Mapolsek Lubuk Besar. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Kepala Desa (Kades) Beriga, Abdul Gani setuju untuk berdamai dengan penambanb TI rajuk, Ajid yang sempat dipergoki warga ketika merakit ponton beberapa waktu lalu.

Saat dipergoki warga, para penambang sempat mengaku sudah mendapat izin dari Kades Beriga. Namun hal itu dibantah langsung oleh Abdul Gani.

Gani juga sempat menyatakan ingin membawa pencatutan namanya itu ke pihak polisi namun kini keduanya sepakat berdamai dan tidak memperpanjang masalah tersebut lagi.

Perdamaian itu tertuang dalam surat perjanjian yang ditandatangani kedua belah pihak dan disaksikan para warga serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa Lubuk Besar.

Gani mengatakan, isi surat perjanjian tersebut pihak penambang tidak akan mengulangi perbuatannya dan apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi hukum kepada para penambang.

“Hal ini berlaku kepada semua orang yang ingin menambang Desa Beriga tanpa izin dan juga mencatut nama saya sebagai kepala desa untuk perizinannya,” ucapnya kepada intrik.id, Rabu (31/5/2023).

Gani menegaskan, sampai saat ini dirinya tak pernah memberikan izin kepada siapapun yang ingin menambang di Desa Beriga.

“Saya sampaikan sekali lagi, saya Gani Kades Beriga tak pernah berikan izin kepada siapapun untuk menambang di Desa Beriga,” tegasnya.

Sementara itu Ajid selalu perwakilan dari penambang yang tertangkap basah sedang merakit ponton di sebuah kebun sawit meminta maaf kepada seluruh masyarakat dan Kades Beriga.

“Kami meminta maaf kepada Kades dan masyarakat atas kejadian ini dan berjanji tak mengulanginya lagi. Ini yang terakhir kalinya untuk kami, dan jika kami mengulanginya, kami siap dituntut secara hukum, ” ucapnya.