Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 5 Penyebab Laptop Black Screen dan Cara Mengatasinya

206
×

Inilah 5 Penyebab Laptop Black Screen dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
black screen

Penyebab Laptop Black Screen – Lagi serius mengerjakan sesuatu di laptop, eh, tiba-tiba layar berubah gelap? Pasti panik, dong. Langsung menduga-duga apa yang salah dengan perangkatnya.

Adakah cara mengatasi black screen di laptop tanpa harus ke service center? Well, beberapa langkah ini bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kondisi layar sesuai dengan penyebabnya. Kalau tidak yakin, kamu dapat mencoba caranya satu per satu.

Baca juga: Begini 5 Cara Mengatasi Laptop Muter Terus dan Lemot Anti Ribet, Auto Ngebut!

Cara mengatasi black screen di laptop

Hal yang langsung terpikir ketika mengalami black screen adalah kerusakan layar. Itu mungkin saja benar, tetapi bukan satu-satunya pemicu layar laptop tiba-tiba hitam.

Faktor lainnya yang dapat menjadi pemicu yakni virus  pada perangkat. Virus tersebut bisa mengacaukan sistem sehingga tidak bekerja dan berjalan dengan baik. Menggunakan laptop hingga overheat atau membiarkannya menyala dalam waktu lama juga dapat memicu black screen.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan keamanan perangkat dari virus dan memperhatikan waktu penggunaan laptop. Namun, kalau sudah terjadi, opsi berikut bisa kamu lakukan.

1. Akses pengaturan safe mode

Langkah pertama bisa dengan mengakses pengaturan mode safe. Fitur ini akan memulai perangkat dalam keadaan dasar, artinya hanya menggunakan file dan driver terbatas. Dilansir situs support Windows, langkah ini dapat membantu mempersempit sumber masalah.

Nah, pada Windows 11, opsi ini dapat kamu lakukan dengan:

  1. Tahan tombol daya selama 10 menit untuk menonaktifkan perangkat
  2. Tekan kembali tombol daya untuk menghidupkan laptop. Tunggu hingga laptop menampilkan tanda mulai seperti logo pabrikan
  3. Pada waktu bersamaan, tahan tombol daya 10 detik untuk mematikan laptop
  4. Tekan tombol daya lagi untuk mengaktifkan perangkat
  5. Ketika loading, tekan tombol daya 10 detik lagi untuk mematikan perangkat
  6. Kembali tekan tombol daya untuk menghidupkan daya
  7. Berikan izin perangkat memulai ulang ke pengaturan pabrikan
  8. Pilih ‘Opsi Lanjutan’ masuk ke winRE
  9. Selanjutnya, pilih opsi ‘Troubleshoot’
  10. Masuk ke ‘Advance options’ > ‘Startup Settings’ > ‘Restart’.

Setelah perangkat dimulai ulang, laptop akan menampilkan daftar opsi. Pilih opsi ke-5 dari daftar atau tekan F5 untuk masuk ke ‘Safe Mode with Networking’.

2. Menggunakan task manager

Cara mengatasi black screen di laptop berikutnya yakni melalui pengaturan task manager. Opsi ini jauh lebih sederhana dibanding sebelumnya. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Pastikan perangkat dalam keadaan off
  2. Mulai dengan menyalakan laptop seperti biasa
  3. Kalau saat proses booting tiba-tiba black screen, tekan kombinasi CTRL+ALT+Delete
  4. Di layar akan menampilkan opsi task manager
  5. Pilih ‘Add New Task’
  6. Tulis ‘explore.exe’ di kolom yang tersedia dan ketuk ‘Enter’.

Langkah ini akan membuat laptop melakukan restart dan booting ulang secara otomatis. Tunggu hingga proses selesai.

3. Mengembalikan pengaturan default BIOS

BIOS (Basic Input/Output System) merupakan program yang digunakan mikroprosesor komputer untuk memulai perangkat setelah dinyalakan, melansir Tech Target. Alat ini mengelola aliran data antara sistem operasi dalam perangkat sehingga bisa berjalan optimal.

Mengembalikan pengaturan BIOS ke default dapat dicoba sebagai solusi mengatasi laptop mendadak black screen. Kamu bisa mengaksesnya dengan tombol BIOS sesuai perangkat (F10, F2, F12, F1, atau DEL). Setelah itu pilih opsi load setup default.

4. Instal ulang Windows

Opsi lain sebagai cara mengatasi black screen di laptop adalah dengan menginstal ulang Windows. Langkah ini dilakukan guna memperbaiki software pada laptop.

Sebelumnya, ada baiknya back up terlebih dahulu semua data penting yang ada. Pasalnya, langkah ini mungkin dapat menghapus beberapa data yang tersimpan.

5. Perbarui atau downgrade driver

Black screen pada layar laptop juga bisa disebabkan oleh driver yang kedaluwarsa atau update terbaru yang justru bikin perangkat tidak kuat. Kalau begini, berarti kamu perlu memperbarui atau membatalkan update dari driver-nya. Caranya seperti ini:

  1. Restart perangkat di safe mode seperti langkah pertama
  2. Cari dan buka menu Device Manager di panel taskbar
  3. Double click di opsi ‘Display adapters’
  4. Klik kanan > pilih menu ‘Properties’
  5. Di bagian ‘Driver’ > ‘Roll-Back Driver’
  6. Lalu, pilih opsi ‘Previous version of the driver was more performant’ atau alasan lain yang relevan
  7. Klik ‘Yes’ di bagian pojok kanan bawah jendela.

Selanjutnya, restart kembali perangkat untuk menerapkan pengaturan. Jika problem masih berlanjut, coba untuk langkah selanjutnya dengan meng-update driver, disable driver atau uninstall options di waktu bersamaan.

Kalau cara mengatasi black screen di laptop tersebut masih belum berhasil, coba cek koneksi hardware, barangkali ada kendor atau tidak terhubung dengan baik. Kalau ragu, bisa minta bantuan petugas di service center terpercaya, ya.