Scroll untuk baca artikel
Provinsi Bangka Belitung

Pj Gubernur Ajak Gubernur Lemhanas RI Tinjau Smelter Pengolahan Bijih Timah

152
×

Pj Gubernur Ajak Gubernur Lemhanas RI Tinjau Smelter Pengolahan Bijih Timah

Sebarkan artikel ini
IMG 20230328 WA0001

INTRIK.ID, PANGKALPINANG – Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin mengajak Gubernur Lemhanas RI Andi Widjajanto meninjau Smelter pengolahan biji timah.

“Kita mau kasih lihat bahwa adanya smelter ini adalah salah satu upaya kita mengolah dari bijih timah menjadi balok timah. Kita kasih lihat proses-prosesnya, termasuk bagaimana kita mencetaknya, mengirimnya, inilah yang diekspor, biar jelas,” ujar Pj Gubernur, Jumat (17/3/2023).

Kemudian, menurut orang nomor satu di Babel itu, kunjungan dari Gubernur Lemhanas RI ini merupakan suatu hal yang baik, terutama untuk kemajuan Babel.

“Kunjungan oleh Gubernur Lemhanas merupakan kunjungan yang baik karena Pak Gubernur ingin meningkatkan nilai manfaat dari Timah yang ada, termasuk untuk generasi yang akan datang. Ketika disebut mineral strategis, itu pemanfaatannya menjadi strategis,” katanya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Andi Widjajanto, yang mana memang kedatangannya bersama tim ke tanah yang kaya akan Timah ini, untuk membahas tentang banyak hal terkait timah, terutama tata kelolanya.

“Yang kita bahas tadi di FGD adalah bagaimana kita menjadikan timah sebagai komoditas strategis sehingga kita bisa menargetkan Indonesia menjadi pemain besar timah di dunia. Untuk itu PR-nya adalah mengatur kembali tata kelola penambangan timah dari hulu ke hilir,” ujar Andi.

Untuk itu, Pj Gubernur Ridwan menaruh harapan, dengan adanya diskusi pada hari ini, dapat melahirkan kesepakatan yang membuat tata kelola timah di Babel menjadi lebih tertata. (*/red)