Begini 3 Cara Mudah untuk Mengatasi Speaker Laptop Tidak Ada Suara dengan Mudah

speaker laptop

Cara Mudah Mengatasi Speaker Laptop Hilang – Kendala laptop yang tidak bisa mengeluarkan suara atau speaker yang mati memang terkadang bisa membuat siapapun menjadi kesal. Apakah kalian sedang mengalami kendala yang sama? Tenang saja, terdapat beberapa cara mengatasi laptop tidak ada suara yang mudah untuk dilakukan. Bahkan, kendala laptop seperti ini tidak perlu dibawa ke tempat service laptop.

Sebenarnya, terdapat beberapa penyebab mengapa laptop tidak bisa mengeluarkan suara. Suara laptop hilang bisa juga disebabkan oleh driver yang tidak update atau speaker yang ada dalam mode disable. Yuk, simak beberapa cara mudah untuk mengatasi suara laptop tidak keluar berikut ini!

Baca juga: 5 Cara Mempercepat Kinerja Laptop dengan Mudah dan Efektif, Dijamin Ampuh!

Penyebab Laptop Tidak Ada Suara

Ketika laptop tidak keluar suara, kalian mungkin langsung beranggapan bahwa komponen speaker yang ada di perangkat tersebut rusak dan perlu diganti. Padahal, masalah ini tidak selalu terjadi karena hal tersebut. Ada beberapa alasan yang bahkan tidak ada hubungannya dengan komponen speaker itu sendiri.

Salah satunya adalah masalah yang terkait dengan driver laptop yang tidak update atau speaker berada pada mode disable sehingga tidak bisa mengeluarkan suara. Adanya masalah pada sistem operasi juga bisa menjadi penyebab utama laptop tidak dapat mengeluarkan suara.

Kesalahan sistem tersebut dapat terjadi akibat serangan virus, Windows Update yang diperbarui, kegagalan pembaruan sistem operasi, atau pengaturan konfigurasi yang tidak tepat. Cara mengembalikan suara laptop yang hilang tentu sangat mudah bahkan bisa dilakukan dengan menggunakan speaker eksternal sekalipun.

Cara Mengatasi Suara Laptop Tidak Keluar

Kalian tidak perlu panik jika suara tidak keluar di laptop, bisa jadi kamu lupa untuk mengembalikan kondisi speaker yang di mute. Biasanya, kondisi mute bisa dilihat dari adanya silang merah pada audio laptop. Namun, jika kalian sudah memastikan tanda merah tersebut mati dan laptop masih belum bisa mengeluarkan suara, berikut cara untuk mengatasinya!

Cek Pengaturan Enable Atau Disable Speaker

Selain karena secara tidak sadar membuat laptop tidak ada suara dengan mengaktifkan mode senyap, tak jarang pengguna laptop juga tidak sengaja mengatur konfigurasi speaker menjadi disable. Untuk memperbaiki masalah ini, kalian cukup mengubah konfigurasinya menjadi enable kembali agar suara dapat muncul di laptop.

Berikut caranya:

  • klik menu “Start“ atau tekan logo Windows pada papan tik kamu.
  • Lalu, pada kolom pencarian, ketik Control Panel, kemudian tekan tombol enter.
  • Setelah masuk ke halaman Control Panel, klik menu “Hardware and Sound“.
  • Selanjutnya, pilih menu “Sounds“.
  • Pada dialog yang muncul di layar, klik kanan pada daftar speaker yang tersedia.
  • Kemudian, pilih opsi “Enable“ untuk mengaktifkan perangkat tersebut kembali di komputer.

Perbarui Driver Audio di Device Manager

Jika kalian jarang atau tidak pernah melakukan pembaruan driver audio tentu dapat menimbulkan masalah laptop tidak keluar suara. Hal ini bisa terjadi jika versi yang terpasang sudah tidak didukung lagi oleh sistem operasi yang sedang berjalan.

Untuk cara mengatasi laptop tidak ada suara ini, kamu perlu memperbarui driver audio tersebut sehingga perangkat dapat mengeluarkan suara sebagaimana mestinya.

  • Pertama-tama, tekan logo Windows di papan tik atau klik menu “Start“ di layar laptop.
  • Arahkan kursor ke menu “Search“, lalu ketik Device Manager.
  • Apabila memasang kata sandi untuk melakukan perubahan pada konfigurasi laptop, masukkan password terlebih dahulu, lalu klik Yes.
  • Setelah masuk ke menu “Device Manager“, klik dua kali pada menu “Sound, video and game controllers“. Akan muncul daftar perangkat audio yang terkoneksi ke laptop.
  • Pilih salah satu dari daftar tersebut, kemudian klik menu “Driver“. Selanjutnya, klik “Update Driver“ untuk melakukan pembaruan driver audio di laptop.
  • Klik “OK“, lalu coba putar film atau musik untuk mengecek apakah sistem audio di laptop sudah aktif kembali.

Periksa Pengaturan Default pada Speaker

Masalah suara laptop hilang dan tidak ada suara juga bisa terjadi karena perangkat audio yang digunakan tidak diatur sebagai default. Untuk mengatasinya, kalian bisa ikuti langkah berikut:

  • Klik tombolStart, lalu ketik Control Panel pada kolom Search.
  • Kemudian, tekan enter untuk masuk ke halaman Control Panel.
  • Selanjutnya, klik menu Hardware and Sound.
  • Klik Sound maka akan terbuka jendela baru Sound. Pada opsi Speakers. Setelah itu, klik tombol Set Default dan pilih OK.
  • Cek apakah suara di laptop telah kembali dengan memutar musik.
Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas