Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Wajib Tahu! 6 Manfaat Buah Plum untuk Kecantikan Kulit dan Imunitas Tubuh

195
×

Wajib Tahu! 6 Manfaat Buah Plum untuk Kecantikan Kulit dan Imunitas Tubuh

Sebarkan artikel ini
manfaat buah plum

Manfaat Buah Plum untuk Kecantikan Kulit – Manfaat buah plum terbukti baik untuk kesehatan tubuh Anda. Cara memilih buah plum yang baik membantu Anda mendapatkan khasiatnya secara optimal.

Manfaat buah plum biasanya untuk tambahan bahan kue ataupun difermentasikan menjadi minuman beralkohol.

Baca juga: 6 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Wajah dan Tubuh, Wajib Kalian Ketahui!

Namun, tahukah Anda bahwa buah plum baik untuk bagi kesehatan? Buah plum bisa membantu mulai dari mengatasi sembelit sampai menjaga kesehatan tulang!

Jadi, tunggu apalagi, jangan ragu untuk melahap dan menikmati manfaatnya. Buah plum terkenal sebagai jenis buah yang berwarna ungu kehitaman dan memiliki cita rasa yang asam.

Beragam manfaat buah plum bagi kesehatan Anda

Manfaat buah plum merah mungkin belum diketahui banyak orang, karena buah plum sendiri meskipun dapat ditemukan di supermarket, tetapi memiliki harga yang cukup mahal. Di balik harganya yang mahal, terdapat manfaat buah plum untuk kesehatan yang sayang jika tidak dicicipi.

1. Menurunkan kadar gula darah

Dikutip dari penelitian terbitan World Journal of Diabetes, manfaat buah plum dalam menurunkan kadar gula darah dikarenakan senyawa adiponectin dan serat dalam buah plum. Senyawa adiponectin  merupakan salah satu hormon yang berperan dalam regulasi gula darah dan berpotensi menurunkan gula darah.

Serat dalam buah plum  dapat memperlambat kecepatan tubuh dalam menyerap karbohidrat seusai makan yang membuat kadar gula darah naik secara perlahan dan tidak secara mendadak.

Khusus untuk buah plum yang dikeringkan, Anda perlu membatasi porsi yang dikonsumsi karena buah plum yang dikeringkan mudah untuk dimakan dalam jumlah banyak dan malah akan menaikkan kalori yang dikonsumsi.

Sebaiknya konsumsilah sebanyak ¼ atau ½ cangkir buah plum yang dikeringkan atau sebanyak 44-97 gram.

2. Mengatasi sembelit

Manfaat buah plum saat dikeringkan ataupun dijadikan jus mampu membantu mengatasi sembelit karena ada kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Manfaat ini didapatkan bila Anda mengonsumsi buah plum secara teratur.

Dikutip dari penelitian terbitan Pediatric Gastroenterology, Hepatology, and Nutrition, buah plum yang dikeringkan juga mengandung sorbitol yang merupakan pencahar alami.

Namun, jangan mengonsumsi buah plum yang dikeringkan dalam jumlah banyak karena bisa memicu diare. Konsumsilah buah plum yang dikeringkan sebanyak ¼-½ cangkir atau 44-87 gram per harinya.

3. Kaya akan antioksidan

Manfaat buah plum lainnya terletak pada kandungan antioksidan polifenolnya yang tinggi yang mampu mengurangi peradangan dan melindungi sel dari radikal bebas.

Bahkan, riset dari Journal of Agricultural and Food Chemistry memaparkan bahwa buah plum memiliki kandungan antioksidan dua kali lipat lebih banyak daripada buah persik dan nektarin.

Studi dari Phytotherapy Research memaparkan, konsumsi antioksidan dalam buah plum berpotensi menghindarkan Anda dari penyakit kardiovaskular. Karena kandungan ini, buah plum berpotensi meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Cocok untuk diet

Buah plum rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi. Oleh karenanya, salah satu manfaat buah plum adalah cocok untuk dijadikan cemilan ataupun olahan hidangan untuk orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Satu biji buah plum untuk diet mengandung 39 kalori dengan delapan gram karbohidrat dan satu gram serat. Satu biji buah plum juga dapat mencukupi 10 persen vitamin C harian Anda dan 5% vitamin A dan K harian Anda.

5. Melindungi tulang

Manfaat buah plum lainnya adalah dalam meningkatkan kesehatan tulang.

Mengonsumsi buah plum secara rutin berpotensi untuk mengurangi risiko mengalami kepadatan tulang yang rendah, meningkatkan produksi hormon yang mendukung pembentukan tulang, dan menjaga kesehatan tulang.

Buah plum yang dikeringkan juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tulang, seperti magnesium, potasium, vitamin K, boron dan fosfor. Namun, studi masih diperlukan untuk mengetahui manfaanya dalam melindungi tulang.

Boron pun membantu meningkatkan ketajaman kognitif dan koordinasi otot tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung

Dikutip dari Journal of Ayub Medical College, makan buah plum mampu melindungi organ jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol. Kandungan phytochemicals dalam buah plum mampu mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit jantung.

Cara memilih buah plum yang baik

Tentunya untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, Anda perlu memilih buah plum yang baik untuk dikonsumsi. Saat akan memilih buah plum, pilih yang tidak terlalu lembek ataupun keras.

Jika buah plum sudah terlalu matang sebelum dimakan, masukkan buah plum ke dalam kulkas.

Apabila Anda ingin secepatnya membuat buah plum matang, masukkan buah plum ke dalam kantongan di suhu ruangan selama semalaman atau sampai tiga hari.

Cara mengonsumsi buah plum

Untuk mendapatkan manfaat dengan optimal, cara makan buah plum yang bisa Anda coba adalah:

  • Dimakan langsung
  • Dibuat jus dan smoothies
  • Tambahan pada salad
  • Dilumuri madu atau yogurt
  • Campuran sereal gandum.