Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

209
×

Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Sebarkan artikel ini
manfaat buah naga

Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan Tubuh – Buah naga atau yang dikenal juga sebagai pitahaya adalah buah tropis rendah kalori dan terkenal karena kulitnya yang berwarna merah cerah. Buah naga memiliki dua jenis untuk daging buahnya, ada yang berwarna merah dan putih. Meskipun begitu, keduanya sama-sama memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Begitu banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah naga, membuat buah ini menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi. Mengonsumsi buah naga secara rutin bisa membantu kamu menjaga kesehatan tetap dalam kondisi yang prima. Yuk, tidak ada salahnya kita simak berbagai ulasan mengenai manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Simak 7 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan, Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Buah Naga

Ada berbagai manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui, seperti:

1. Mencegah penyakit kronis

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga.

Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Pola makan tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Usus adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Keseimbangan dalam usus sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Karena buah naga mengandung prebiotik, buah ini berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Prebiotik adalah jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Singkatnya, prebiotik ada makanan probiotik (bakteri baik di dalam usus).

3. Mengatasi sembelit

Kandungan serat dalam buah naga juga membantu kamu untuk mengatasi sembelit atau konstipasi yang dialami. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi buah naga sebagai camilan sehat sehari-hari.

4. Meningkatkan fungsi otak

Mengonsumsi buah naga secara rutin mampu menjaga kesehatan otak menjadi lebih optimal. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada otak yang memicu penurunan kemampuan berpikir atau mengingat.

Kandungan buah naga pun bisa meningkatkan fungsi otak sehingga kamu akan lebih mudah untuk fokus atau berkonsentrasi.

5. Menurunkan risiko depresi

Buah naga memiliki kandungan magnesium yang baik untuk tubuh. Kandungan ini nyatanya membantu kesehatan tubuh dan otak agar terhindar dari kondisi depresi.

Pastikan untuk selalu mengelola kesehatan mental dengan baik agar kamu terhindar dari kondisi depresi. Selain mengonsumsi buah naga, kamu juga bisa rutin berolahraga dan mengunjungi psikolog agar kondisi kesehatan mental dalam kondisi yang optimal.

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi ditentukan oleh beberapa faktor yang berbeda, termasuk kualitas pola makan sehari-hari.

Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sel darah putih dalam sistem kekebalan dapat menyerang dan menghancurkan zat berbahaya. Namun, mereka sangat sensitif terhadap kerusakan oleh radikal bebas.

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya. Jadi, sistem kekebalan tubuh pun lebih kuat.

7. Mencegah anemia defisiensi besi

Buah naga adalah salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi. Mineral ini memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi juga memainkan peran penting dalam memecah makanan menjadi energi. Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi.

Agar terhindari dari defisiensi zat besi, konsumsilah makanan yang banyak mengandung zat besi. Contohnya daging, ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan sereal.

8. Meningkatkan kesehatan organ reproduksi

Mengonsumsi berbagai makanan sehat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Salah satu makanan sehat yang bisa kamu konsumsi adalah buah naga.

Khususnya bagi para wanita, mengonsumsi buah naga bisa menurunkan risiko penyakit endometriosis. Selain mengonsumsi buah naga, kamu bisa mencegah penyakit ini dengan rutin berolahraga dan mengelola berat badan agar terhindar dari obesitas.

Itulah berbagai manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh. Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit