Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Bangka Tengah Raih Peringkat Pertama Sebagai Daerah Dengan Kinerja Dana Desa Terbaik

248
×

Bangka Tengah Raih Peringkat Pertama Sebagai Daerah Dengan Kinerja Dana Desa Terbaik

Sebarkan artikel ini
IMG 20230207 WA0025 1
Foto: Padilah saat menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Kepulauan Bangka Belitung. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Bangka Tengah kembali menerima penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan kinerja dana desa terbaik dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Bangka Belitung, Selasa (7/2/2023).

Penghargaan tersebut diberikan kepada pemerintah daerah di lingkungan kerja Provinsi Bangka Belitung Tahun Anggaran 2022.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengucapkan terima kasih kepada para kepala desa yang ada di Bangka Tengah dan OPD lainnya yang terlibat.

“Pengelolaan dana desa memerlukan kerjasama semua bidang. Maka dari itu, ini adalah apresiasi untuk kita semua,” kata Algafry.

Dia berharap, apresiasi yang diperoleh ini dapat menjadi motivasi kedepannya agar memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada para kades dan terima kasih kepada semuanya,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial, Pemerintahan Masyarakat dan Desa (DinsosPMD) Bangka Tengah, Padlillah menjelaskan, ada beberapa indikator dalam penilaiannya.

Pertama, melihat realisasi penyaluran dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

“Kemudian ada kecepatan penyaluran dana desa dan BLT desa pada seluruh desa,” ungkap Padlillah.

Ada juga indikator realisasi/penyerapan penggunaan dana desa yang telah disalurkan sampai dengan akhir tahun 2021.

Ia melanjutkan, kecepatan Pemda dalam menyampaikan data realisasi penyaluran BLT desa termasuk dalam indikator penilaian.

“Lalu yang terakhir adalah penyelesaian pengembalian sisa dana desa ke RKUN,” terangnya. (Erwin)