Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

6 Pekerjaan Paling Dibutuhkan 2023, Berkaitan dengan Era Digital

188
×

6 Pekerjaan Paling Dibutuhkan 2023, Berkaitan dengan Era Digital

Sebarkan artikel ini
Pekerjaan

Pekerjaan Paling Dibutuhkan 2023 di Era Digital – Penggunaan internet kini menjadi hal yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Tentunya ini menjadi peluang bagi banyak orang untuk meningkatkan income mereka melalui internet. Hal ini juga semakin terlihat jelas karena semakin banyaknya pekerjaan yang berhubungan dengan digital.

Bisnis yang berbasis digital adalah bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menciptakan atau memasarkan produk melalui internet. Maka dari itu, seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan pekerjaan atau profesi yang berhubungan dengan internet pun semakin tinggi.

Baca juga: 4 Tips Mengamankan Akun WhatsApp Jika HP Hilang Agar Tidak Kena Hack

Rekomendasi Pekerjaan Paling Menjanjikan 2023

Berikut ini 5 pekerjaan yang paling menjanjikan dan dibutuhkan di tahun 2023:

1. Pemilik Toko Online

Memiliki toko online kini merupakan salah satu peluang usaha yang berpotensi besar untuk menghasilkan income jutaan hingga ratusan juta per bulan hanya melalui internet. Terlebih Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi digital terbaik.

Mengapa memiliki toko online mempunyai peluang besar walaupun juga terdapat banyak kompetitor? Karena Anda dapat dengan bebas menjadi diri Anda sendiri, menjual produk ataupun jasa yang diinginkan tanpa bergantung dengan orang lain.

Bahkan, Anda juga bisa membuat toko online tanpa perlu memiliki keahlian, skill khusus, ataupun produk sendiri, karena Anda bisa menjadi affiliate dan menjual produk-produk orang lain dengan membuat konten media sosial.

2. Youtuber

Youtuber bisa menghasilkan 3-5 US Dollar atau setara dengan 45-75 ribu satu video dengan 1.000 views.

Bayangkan berapa banyak uang yang bisa dihasilkan apabila yang menonton video Anda mencapai 1 juta. Jadi menjadi youtuber bisa menjadi sebuah profesi dengan hasil yang menjanjikan.

Anda cukup membuat konten yang interaktif supaya bisa menarik banyak “views” dengan menunjukan keahlian ataupun kelebihan Anda.

3. Digital Marketing Specialist

Sekarang pekerjaan ini sedang ramai dicari oleh perusahaan untuk dapat mempromosikan bisnis dengan cara yang tepat.

Posisi ini memiliki peran untuk mempromosikan produk atau jasa secara online kepada masyarakat. Tentu saja posisi ini bukan pekerjaan yang mudah, Anda harus paham berbagai tools digital marketing untuk membantu proses pemasaran sebuah perusahaan.

4. SEO Specialist

Biasanya posisi ini memiliki tujuan untuk memaksimalkan traffic website agar website perusahaan berada di pencarian paling atas dan mudah untuk ditemukan.

SEO Specialist harus memahami algoritma mesin pencarian di internet. Posisi ini merupakan peran yang cukup sulit karena Anda harus mengetahui tren kata kunci yang tepat dan juga sangat cepat berubah-ubah di internet.

5. Desain Grafis

Memperlihatkan produk atau jasa yang Anda jual harus dapat dipresentasikan secara visual dengan baik.

Karena itu, posisi desain grafis saat ini sangat dicari oleh beberapa perusahaan. Karena apabila bisnis Anda memiliki desain yang bagus tentunya akan menarik perhatian target pasar yang dituju.

Bisa dimulai dengan menguasai software editing mulai dari Canva, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya. Sekarang Anda telah mengetahui 5 pekerjaan yang paling dibutuhkan dan bisa Anda tekuni di tahun 2023.

Jika Anda ingin belajar lebih dalam seputar bisnis digital dan strategi Digital Marketing, Anda bisa ikut List Building Mastery, online course milik Denny Santoso, pengusaha yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dan sukses membangun berbagai bisnis berbasis digital.

6. E-commerce

Kamu mungkin sudah menyaksikan sendiri kejatuhan ritel offline dan banyaknya konsumen yang beralih ke toko online. Terlebih, pandemik mempercepat tren peralihan tersebut, dilansir Forbes.

Jumlah orang yang bekerja di e-commerce di AS saja tumbuh sebesar 15 persen antara tahun 2017 dan 2022. Sementara beberapa orang bertanya-tanya apakah periode emas pertumbuhan e-commerce sudah berakhir? data menunjukkan sebaliknya.

Menurut prediksi Morgan Stanley, e-commerce dapat mencapai 27 persen dari penjualan ritel global pada tahun 2026, dibandingkan dengan pangsa 22 persen yang dinikmati saat ini. Hal ini sebagian disebabkan oleh potensi ekspansi internasional.

Sementara belanja online sebagian besar dianut di Amerika Utara dan Asia, relatif tertinggal di Afrika, Amerika Latin, dan Eropa Barat. Akibatnya, perusahaan internasional memiliki banyak ruang untuk berekspansi ke seluruh dunia. Tentu saja mereka membutuhkan pekerja untuk membantu mereka memanfaatkan peluang.