Scroll untuk baca artikel
Provinsi Bangka Belitung

41 Anak Disabilitas Dapat Beasiswa, Sri Utami: Saya Terharu, Anak-anak Kami Dimanusiakan

177
×

41 Anak Disabilitas Dapat Beasiswa, Sri Utami: Saya Terharu, Anak-anak Kami Dimanusiakan

Sebarkan artikel ini
IMG 20230226 WA0009

INTRIK.ID, PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sri Utami Soedarsono, merasa bangga lantaran anak-anak disabilitas mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolahnya.

“Ada 41 anak disabilitas yang bisa mendapatkan beasiswa disamping beasiswa untuk anak-anak lainnya, dan itu sangat luar biasa. Saya sangat terharu. Saya sangat bangga karena anak-anak kami dimanusiakan dan diberi kesempatan untuk meraih cita-citanya,” katanya, Jumat (24/2/2023).

Ia meminta agar bantuan beasiswa yang diberikan Pemprov Babel melalui Biro Kesra dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh anak-anak Negeri Serumpun Sebalai.

“Saya juga berharap, anak-anak dapat mengambil kesempatan ini, sehingga generasi berikutnya dapat menjadi generasi lebih baik dan lebih hebat lagi,” katanya.

Selain itu, Sri Utami juga menceritakan pengalamannya selama bersekolah di luar negeri sebagai motivasi untuk anak-anak yang ingin berkuliah di luar negeri. Memang banyak sekali kendala, tapi itu bukan masalah dan bisa diselesaikan.

“Jangan takut, itu bagian dari proses, dan tidak apa-apa, santai saja,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Babel Ervawi mengatakan, sosialisasi ini diadakan mengingat ada keresahan, di mana Babel mendapat angka 14,85 APK (Angka Partisipasi Kasar) pada tahun 2022, yang artinya angka anak-anak Bangka Belitung yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya 14,85, dan angka ini adalah angka terendah di Indonesia.

“Leading sector pembiayaan beasiswa kami bekerja sama dengan Biro Kesra Setda Babel, bersama-sama memotivasi siswa-siswi kita SMA/SMK untuk melaksanakan perkuliahan, baik di dalam provinsi maupun di luar provinsi, sekaligus juga ke luar negeri,” katanya.

Ervawi mengimbau kepada pemuda-pemuda yang saat ini sedang berkuliah di luar negeri untuk memotivasi adik-adik SMA/SMK agar punya keinginan untuk maju. Selain itu juga, memberikan peluang atau tips bagaimana cara memperoleh beasiswa.

“Ada lagi beasiswa dari LPDP, baik untuk kuliah di Indonesia maupun di luar negeri, pada kesempatan ini Direktur LPDP Dwi Larso akan menjadi salah satu narasumber,” katanya.

Berkenaan dengan beasiswa anggaran APBD yang diberikan Pemprov Kep. Babel, akan diberikan bervariasi. Ada yang diperuntukkan bagi anak-anak tidak mampu, anak-anak berprestasi, anak-anak disabilitas, dan kedepannya ada kerja sama di luar pulau, baik pulau Jawa maupun Sumatera. (*/red)