Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Unik dan Langka, Inilah 6 Manfaat Baik Buah Kawista untuk Ibu Hamil

290
×

Unik dan Langka, Inilah 6 Manfaat Baik Buah Kawista untuk Ibu Hamil

Sebarkan artikel ini
Kawista

Manfaat Baik Buah Kawista untuk Ibu Hamil – Banyak orang yang masih asing dengan buah kawista. Padahal, ada banyak manfaat buah kawista yang sayang untuk dilewatkan. Buah yang tinggi khasiat ini bahkan sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan herbal India.

Buah kawista (Aegle marmelos) banyak ditemukan di Pakistan, India, dan sebagian besar negara Asia Tenggara. Buah ini berukuran seperti buah jeruk dengan kulit yang keras berwarna kuning keabu-abuan, daging berwarna oranye muda atau cokelat karamel, dan aroma yang harum seperti pisang.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan, Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah kawista yang sudah matang dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya buah kawista dinikmati secara langsung atau dicampur dengan gula aren, dibuat menjadi jus, diiris dan dikeringkan untuk dijadikan teh herbal, serta diolah menjadi selai.

Kandungan Nutrisi Buah Kawis

Menurut organicfact, khasiat buah kawis cukup bernilai dan sudah lama digunakan dalam pengobatan herbal di India.

Oleh karena itu, banyak pohonnya yang ditemukan tumbuh dalam taman kuil di India, sehingga pohonnya dianggap sakral dan daunnya sering digunakan untuk upacara keagamaan.

Secara ilmiah, buah ini termasuk dalam subfamili aurantioideae, sejenis dengan famili jeruk dan buah rue.

Berdasarkan netmeds, buah kawis merupakan buah dengan nutrisi yang melimpah seperti beta-karoten, protein, riboflavin, vitamin C, sarat dengan vitamin B1 dan B2, tiamin, niasin, karoten dan memiliki jumlah mineral yang baik seperti kalsium, kalium, serat dan lemak baik.

Manfaat buah kawis untuk tubuh terkenal dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan telah banyak digunakan sebagai obat pencahar.

Beragam Manfaat Buah Kawista

Dengan kandungan berbagai nutrisi dan senyawa aktifnya, buah kawista menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buah kawista yang bisa diperoleh:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah kawista diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan senyawa aktif dalam ekstrak buah ini terbukti dapat memberikan efek perlindungan terhadap infeksi bakteri berbahaya di saluran pencernaan, terutama bakteri Shigella dysenteriae penyebab diare, demam, dan sakit perut.

Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi pada buah kawista mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik di usus dan melancarkan kerja usus dalam mencerna makanan, sehingga mengurangi risiko terjadinya berbagai masalah pencernaan, misalnya sembelit.

2. Menangkal radikal bebas

Teh herbal dari buah kawista kering diketahui kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas atau stres oksidatif.

Rutin mengonsumsi teh herbal dari buah kawista dinilai bisa membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Dengan begitu, teh ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit kronis yang disebabkan oleh stres oksidatif.

3. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa teh herbal buah kawista dapat menurunkan kadar gula darah. Meski hasilnya belum signifikan, teh herbal ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda konsumsi sebagai upaya menjaga kesehatan, terutama jika Anda memiliki diabetes tipe 2.

4. Menurunkan tekanan darah

Buah kawista juga dinilai berpotensi untuk menurunkan tekanan darah. Ekstrak buah ini diketahui bisa meningkatkan pembuangan cairan tubuh yang berlebih melalui buang air kecil.

Cara kerja ini sama dengan cara kerja salah satu jenis obat penurun tekanan darah diuretik yang umum dipakai. Jadi, buah kawista mungkin bisa menjadi pilihan buah yang baik untuk penderita hipertensi.

5. Membuat kulit lebih sehat

Manfaat buah kawista selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena buah kawista mengandung banyak vitamin C, yaitu vitamin yang dapat merangsang pembentukan kolagen di kulit.

Selain itu, antioksidan dalam buah ini juga dapat melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Perlindungan ini dapat mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat sinar matahari, penuaan dini, melasma, dan kanker kulit.

6. Menurunkan demam

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah kawista memiliki potensi untuk meredakan demam dan peradangan. Meski khasiat yang sama belum ditemukan pada konsumsi buah kawista secara langsung, tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini sebagai sumber nutrisi dan antioksidan ketika demam.

Manfaat buah kawista memang belum banyak dikenal dan efeknya sebagai obat herbal masih perlu diteliti lebih lanjut. Namun, yang pasti adalah buah ini mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya menyertakan buah ini dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Bila Anda ingin mengambil manfaat buah kawista untuk mengobati penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya terhadap kondisi yang Anda alami, serta interaksinya dengan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi.