Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Pesona Keindahan Ranu Pani, Danau Indah Di Lereng Semeru Lumajang Terbaik 2023

263
×

Pesona Keindahan Ranu Pani, Danau Indah Di Lereng Semeru Lumajang Terbaik 2023

Sebarkan artikel ini
Ranu pani lumajang

Keindahan Ranu Pani Lumajang – Ranu Pani merupakan salah satu danau yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), yang berada di Desa Ranu Pani yang merupakan desa terakhir sebelum melanjutkan pendakian ke Gunung Semeru.

Dengan berada di ketinggian sekitar 2.100 mdpl praktis membuat kawasan Ranu Pani sangat dingin, bahkan suhunya bisa mencapai -4 derajat loh.

Baca juga: Wisata Telunjuk Raung Banyuwangi, Panorama Air Terjun yang Dikelilingi Tiga Gunung

Keindahan alam yang ada di sekitar Ranu Pani sangat asri, dikelilingi deretan pepohonan yang hijau dihiasi beberapa bunga yang sangat cantik.

Selain Ranu Pani, masih ada beberapa danau lain yang lokasinya berdekatan yakni Ranu Regulo, Ranu Tompe, Ranu Darungan dan Ranu Kumbolo. Ranu sendiri berarti danau yang berasal dari bahasa Kawi.

Desa Ranu Pani sendiri didiami oleh masyarakat Suku Tengger, meskipun berada di lereng Gunung Semeru namun desa ini tidak pernah mengalami hembusan debu vulkanik yang menyembur dari hasil peningkatan aktivitas Gunung Semeru.

Karena debu vulkanik serta guguran lahar dinginnya selalu mengarah ke timur sedangkan Desa Ranu Pani sendiri berada di sebelah utara.

Lokasi Wisata Ranu Pani

Ranu pani lumajang

Lokasi Ranu Pani berada di desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Rute menuju Ranu Pani dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum yakni Tumpang Arjosari (TA) dengan jurusan Terminal Arjosari-Pasar Tumpang.

Setelah tiba di Pasar Tumpang kamu dapat melanjutkannya dengan menggunakan mobil jip ataupun dengan memakai jasa tukang ojeg.

Jika kamu ingin menggunakan mobil jip dapat datang ke kios paguyuban mobil jip di Pasar Tumpang yang akan mengantarkanmu langsung menuju Ranu Pani.

Lebih baik datang rombongan jika ingin menggunakan jasa mobil jip, jika tidak kamu harus menunggu sampai terisi penuh. Estimasi perjalanan dari Pasar Tumpang menuju Desa Ranu Pani sekitar 1,5 jam.

Tiket Masuk Wisata Ranu Pani

Untuk menikmati keindahan Ranu Pani kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 19.000,- per orangnya. Jam operasional Ranu Pani sendiri dibuka setiap hari selama 24 jam penuh.

Daya Tarik Wisata Di Ranu Pani

Daya tarik wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Ranu Pani diantaranya:

1. Mengunjungi Desa Terakhir

Mayoritas penghuni Desa Ranu Pani ialah Suku Tengger, terdapat sekitar 1.300 jiwa yang mendiami kawasan tersebut. Konon katanya merupakan tempat pelarian Majapahit pada waktu dulu.

Desa Ranu Pani merupakan pos terakhir para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju Mahameru. Masyarakat sekitarnya berprofesi sebagai petani kentang, kubis, brambang prey, ataupun wortel.

Desa yang satu ini sering dilalui para pendaki yang hendak menuju Mahameru, karena jaraknya lebih dekat dibandingkan dengan jalur lainnya. Yakni sekitar 20 km menuju puncak.

2. Menikmati Indahnya Danau

Ranu Pani merupakan sebuah danau yang pada awalnya memiliki luas sekitar 1 hektar lebih, namun saat ini luasnya hanya tinggal 0,75 ha yang diakibatkan oleh laju sedimentasi.

Ketika menginjakkan kaki di Ranu Pani, udara yang menusuk tulang langsung menyambut kedatanganmu. Namun hal tersebut tak menyurutkan niatmu untuk berada lebih dekat dengan Ranu Pani.

Bahkan pada suatu hari danau yang indah ini membeku diakibatkan oleh cuaca ektrim yang melanda di Indonesia. Dengan suhu terendah bisa mencapai -4 derajat celcius.

Fenomena alam tersebut teradi pada Bulan Juli hingga Agustus tahun 2019 lalu, kejadian tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan hal yang jarang terjadi di wilayah tropis seperti di Indonesia.

Untuk menikmati keindahan alam ternyata tak perlu jauh-jauh menuju Mahameru, di lereng Gunung Semeru pun sudah menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

3. Camping

Di sekitar Ranu Pani kamu pun dapat mendirikan tenda dan bermalam bersama indahnya danau, dan hanya ditemani oleh nyanyian alam sepanjang malam.

Tersedia juga tempat untuk menyewa peralatan camping jika kamu tidak membawanya. Untuk kamu yang hendak camping harus siap dengan kondisi udara yang sangat dingin apalagi di malam dan menjelang pagi.

Fasilitas Ranu Pani

  • Fasilitas yang ada di sekitar Ranu Pani diantaranya:
  • Tempat menyimpan kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Homestay
  • Penyewaan alat-alat camping
  • Pemandu yang akan membimbingmu hingga menuju Mahameru