Asupan Gizi Jadi Prioritas, Bunda Paud Minta Anak-Anak Gemar Makan Ikan

IMG 20230111 WA0008

INTRIK.ID, PANGKALPINANG — Bunda Paud Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, drg Sri Utami Soedarsono berharap agar keberlanjutan asupan gizi anak menjadi skala prioritas.

“Pola makan anak, perlu dibentuk dari kebiasaan sejak dini. Anak perlu dibiasakan dan nantinya kita berharap anak ini gemar makan ikan,” kata dia, Selasa (10/1/2023).

Apalagi, kata dia, Babel sebagai daerah kepulauan tentu jumlah ikan sangat banyak, sehingga tidak sulit untuk didapatkannya.

Selain itu, dengan adanya Buku Menu Makanan Berbahan Ikan untuk Anak Usia Dini ini, pihaknya berharap agar orangtua dapat berkreasi untuk menciptakan menu dengan bahan dasar ikan.

Pasalnya, buku tersebut berisikan puluhan resep makanan berbahan dasar ikan, cara pengolahan, hingga informasi nilai gizinya.

“Resep-resep ini adalah hasil kreatifitas ibu-ibu di Babel yang beberapa waktu lalu mengikuti lomba menciptakan dan memasak menu sehat berbahan dasar ikan untuk anak. Saya harap, resep-resep ini dapat dipraktekkan karena bahan dan caranya juga sederhana,” ungkapnya.

Sementara, Buku Senyum Sehat Anak BabelĀ  adalah buku tentang kesehatan gigi anak yang harus dijaga sejak anak usia dini.

“Yang paling berat saat ini adalah menciptakan kesadaran menjaga kesehatan gigi sejak dini. Kalau saya lihat sekarang rata-rata anak yang datang ke dokter gigi karena giginya sakit. Kesehatan gigi anak perlu kita jaga sejak dini. Kenapa? Karena gigi yang sehat menjadi salah satu modal anak jika nanti ingin melanjutkan pendidikan misalnya saja Akademi Kepolisian,” pesannya.

Pada kesempatan ini, Sri Utami juga berpesan agar Dinas Pendidikan melalui Pokja Bunda Paud, PKK serta komunitas dapat terus mensosialisasikan pentingnya sarapan di pagi hari bagi anak-anak.

“Kebiasaan sarapan pagi tidak hanya sebagai sumber energi, tetapi juga dapat menunjang aktivitas anak sepanjang hari serta bisa mendukung prestasinya di sekolah. Oleh karena itu, setiap orang tua dianjurkan untuk membiasakan anaknya agar sarapan pagi,” pungkasnya. (*/red)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas