4 Kru Tugboat Muara Sejati Ditemukan di Laut Belitung

IMG 20230102 WA0002
Foto: Tim saat mengevakuasi kru tugboat. (Ist)

INTRIK.ID, BABEL — Sebanyak empat orang kru Kapal Tugboat Muara Sejati berhasil ditemukan dalam kondisi selamat, Senin (2/12/2022).

Sebelumnya, kapal tersebut sempat mengirimkan distress alert atau sinyal bahaya di wilayah Selatan Karimata pada Sabtu (30/12/2022).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, I Made Oka Astawa mengatakan, keempat korban ditemukan di sekitar perairan Laut Tanjung Binga, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

“Ada empat orang kru yang terdiri dari nahkoda, masinis, kemudian juru mudi dan oiler dalam kondisi selamat dan sudah dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan ke Puskesmas Pariwisata Tanjung Binga Belitung,” kata I Made.

Ia mengatakan saat kejadian Tugboat langsung tenggelam hanya dalam waktu hitungan menit saja.

“Saat itu kru langsung g berusaha menyelamatkan diri masing-masing dengan menggunakan liferaft dan hanyut sampai di perairan tanjung binga belitung,” bebernya.

Dikatakannya, penemuan liferaft ini tidak lepas dari pihak tagana yang melaporkan ke Pos Unit Siaga SAR Tanjung Pandan, sehingga Tim SAR Gabungan di Belitung berhasil menemukan liferaft tersebut dan mengevakuasi para korban.

Sebelumnya, sebanyak 13 kali LUT (Local User Terminal) Basarnas menerima informasi pancaran sinyal distress alert dari Kapal TB Muara Sejati pada 30 Desember 2022 pukul 06.38 WIB hingga 10.25 WIB.

Tugboat Muara Sejati dengan Call Sign YD6120 berwarna putih biru yang menggandeng Tongkang Ketapang 1 bermuatan batu bara berangkat dari palembang pada 25 Desember 2022 menuju pelabuhan Sanggau Pontianak.

Mendapatkan informasi tersebut Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang langsung membuka Operasi SAR Gabungan.(*/red)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas