19 Peserta Calon PPS Tak Hadir Tes Tertulis

IMG 20230110 WA0019
Foto: Para peserta PPS di Bareng saat mengikuti tes tertulis. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Sebanyak 526 Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Bangka Tengah ikut tes tertulis pada, Selasa (10/1/2023).

Peserta tersebut merupakan hasil seleksi pemberkasan yang dilakukan oleh KPU Bangka Tengah secara online sebanyak 631 orang.

Komisionare KPU Bangka Tengah Hendra Sinaga mengatakan, pemilihan ini sesuai keputusan KPU nomor 532 tentang pembentukan Badan Penyelenggaraan Pemilu.

“Jadi Desember pembukaan pendaftaran PPS, hari ini seleksi yang nanti akan diumumkan hasilnya 15 januari. Habis ini tes wawancara 18 januari dan pengumuman yang lulus jadi anggota PPS 21 Januari dan akan dilantik dan ditetapkan 23 januari dengan masa kerja 24 Januari 2023 sampai 4 April 2024,” jelasnya kepada intrik.id, Selasa (9/1/2023).

Hendra juga melanjutkan, anggota PPS yang dibutuhkan Bangka Tengah sebanyak 189 orang yang akan tersebar disetiap Desa dan Kelurahan.

“Dari tes tertulis akan diambil 6 orang dari Desa/Kelurahan dan akan diambil 3 terbaik untuk jadi anggota PPS setiap Desa/Kelurahan di Bangka Tengah dimana akan ada 3 orang untuk PAW jadi totalnya 189 anggota PPS dilantik dan 189 anggota PAW, ” lanjutnya.

“Tadi yang tidak hadir ada 19 orang. Dari Koba 6, pangkalan baru 6, simpang katis 2, lubuk besar 1 dan sungai selan 4 orang,” sambungnya.

Hendra juga menegaskan, pihaknya akan selalu membuka pendapat masyarakat tentang terpilihnya anggota PPS apabila ditemukan anggota PPS yang bermasalah.

“Kalau memang ada anggota PPS yang ternyata ada bermasalah kami masih sangat terbuka untuk pendapat masyarakat,” tegasnya.

“Selesai tes semua soal kami musnahkan agar tidak disalahgunakan,” lanjut Hendra.

Ia berharap, KPU bisa menjaring petugas PPS yang mempunyai kinerja yang baik serta loyalitas tinggi untuk menyukseskan Pemilu serentak 2024 mendatang.

“Kita berharap bisa menjaring anggota PPS ataupun PPK yang punya etos kerja, elektabilats tinggi serta loyalitas dan kinerja yang baik agar suksesnya Pemilu Serentak 2024,” harapnya.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas