Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

152 Bungkus Sabu Dimusnahkan Kejari Bateng

191
×

152 Bungkus Sabu Dimusnahkan Kejari Bateng

Sebarkan artikel ini
IMG 20230124 WA0030
Foto: Forkopimda Bareng memusnahkan barang bukti selama 2022 di kantor Kejari Bateng. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Kejaksaan Negeri Bangka Tengah (Kajari Bateng) menggelar pemusnahan barang bukti tindak pidana yang telah berkekuatan hukum di Kantor Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Selasa (24/1/2023).

Kepala Kejaksaan Negeri Bateng, Syamsuardi mengatakan barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 48 perkara tindak pidana pada periode 2022.

“Dengan rincian barang bukti perkara tindak pidana narkotika sebanyak 25 perkara terdiri dari sabu sebanyak 152 bungkus plastik bening dengan total 57,9 gram dan handphone sebanyak 4 unit,” ungkapnya.

“Kemudian perkara tindak pidana umum lainnya sebanyak 23 perkara terdiri dari senjata tajam sebanyak 8 bilah, pakaian, tas, selang ulir, dadu/kartu remi dan pipa,” sambungnya.

Kata Dia, barang bukti berupa narkotika jenis sabu diblender hingga larut, lalu dibuang ke selokan, senjata tajam dipotong hingga tidak dapat digunakan lagi, handphone dihancurkan, dan barang bukti pakaian dari perkara perlindungan anak dan asusila dibakar.

Ia menuturkan perkara perlindungan anak dan asusila ini memang cukup tinggi dan parahnya lagi pelaku adalah orang terdekat korban, bahkan setelah diberi hukuman berat masih belum memberikan efek jera yang signifikan.

“Perkara perlindungan anak dan asusila ini memang cukup menonjol di Bateng, sehingga kita mengupayakan hukuman yang tinggi bagi para pelaku dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, karena ini merupakan tanggungjawab kita sesama melindungi generasi muda,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Bateng, Sugianto mengapresiasi kinerja Kejari Bateng dan menyampaikan pentingnya peran keluarga, karena banyaknya kasus perkara perlindungan anak dilakukan orang terdekat.

“Ke depannya program perlindungan anak akan tetap menjadi prioritas kita bersama, bahkan di setiap safari Jumat Bupati Algafry selalu menyampaikan pentingnya peran orangtua untuk melindungi anak dan ini akan menjadi fokus kita,” imbuhnya.(Erwin)