10.713 Benih Kopi Unggul Ditanam di Desa Jelutung

IMG 20230111 WA0010
Foto: Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman saat menanam benih kopi. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Sebanyak 10.713 benih kopi berstandar diberikan kepada Yayasan Pondok Pesantren Raudhatul Muta’alimin Al-Baisuny dan Kelompok Tani Bukit Raya Sejahtera di Desa Jelutung, Rabu (11/1/2023).

Penyerahan itu langsung dilakukan oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah kita mendapatkan dukungan besar dari Balai Besar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hari ini kita menerima bibit kopi jenis robusta yang sudah mendapatkan dispensasi yang qualified dengan bibit yang unggul,” ujarnya kepada intrik.id.

“Kedepannya, kita harapkan dapat dipelihara agar bibit ini tumbuh dan berkembang dengan baik yang bisa memberikan manfaat besar khususnya untuk Ponpes Raudatul Muta’alimin dan Masyarakat Desa Jelutung,” sambungnya.

Menurut Algafry, melalui kebun kopi ini masyarakat maupun santri-santri bisa mengembangkan keterampilan mereka dalam bertani kopi dan lainnya.

“Antara kopi dengan dunia pendidikan merupakan kombinasi yang sangat baik untuk diterapkan kepada generasi-generasi kita kedepannya,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, dua atau tiga tahun kedepan kopi ini akan menjadi salah satu produk yang banyak digandrungi masyarakat.

“Tahun ini Bangka Tengah sudah mengajukan 100 ha untuk pengembangan bibit kopi dan nanti akan terbagi di beberapa kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ir. Fery Fachrudin Munier, M. mengatakan akan terus menggerakkan kembali benih-benih kopi ini dan tentunya berstandar nasional.

“Dengan jumlah 10.713 benih kopi yang sudah kita serahkan ini masih pemanasan, artinya masih kecil untuk permintaan pasar,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk Bangka Tengah sendiri ada banyak permintaan benih kopi yang diajukan oleh masyarakat.

“Tentunya program ini akan terus ditingkatkan namun karena banyak permintaan harus kita lakukan secara bertahap,” jelasnya.

“Kami berterima kasih dengan Bupati Bangka Tengah atas kerja samanya untuk untuk saling mendukung dan mendorong perekonomian kita khususnya di Prov. Bangka Belitung tak terkecuali Kabupaten Bangka Tengah sendiri,” tutupnya.

Sementara itu, Marju’in selaku Pimpinan Pondok Pesantren Raudhatul Muta’alimin Al-Baisuny Desa Jelutung sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab Bangka Tengah dan BSIP Provinsi Babel.

“Kami selaku penerima manfaat ini sangat berterimakasih kepada pemerintah yang memberikan bantuan bibit kopi ini, tentunya bibit ini akan kami jaga dan dipelihara sebaik-baiknya,” tuturnya.

“Saat ini da 2 ha lahan yang sudah kita tanam dengan benih kopi ini, dan sisanya lagi akan kita tanam di lahan milik kelompok Tani Bukit Raya Sejahtera yang ada di Desa Jelutung,” tambahnya. (Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas