Tinjau Pelabuhan Tanjung Kalian, Pj Gubernur Minta Bufferzone Ditambah

IMG 20221231 WA0000

INTRIK.ID, MUNTOK – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin bersama Forkopimda meninjau aktivitas Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok selama libur Natal dan Tahun Baru, Jumat (30/12/2022).

Pasalnya, Ridwan menilai jika selama momen tersebut, aktivitas Pelabuhan Tanjung Kalian, baik itu penyebrangan maupun bongkar muat mengalami peningkatan dari hari biasanya.

“Sejauh ini pelayanan pelabuhan semakin baik dan semakin meningkat, antara lain pelayanan digital maupun fasilitas umum. Saya lihat aktivitas juga sudah semakin tertib,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar terus dilakukan perbaikan maupun kelengkapan sarana dan prasarana mengingat lonjakan juga akan terjadi pada saat Idul Fitri nanti.

“Kedepan kita upayakan untuk menambah bufferzone supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan yang pada akhirnya mengganggu kelancaran operasional. Dan untuk bufferzone ini nantinya supaya bisa ditata misalnya menjadi rest area agar calon penumpang merasa nyaman dan tertib sembari antri naik ke kapal,” terangnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar semua pihak untuk waspada mengingat prakiraan cuaca yang dirilis BMKG beberapa hari ini kurang bersahabat.

“Kita harus waspada karena ada potensi gelombang tinggi antara 0,5-3 meter di beberapa lokasi.  Untuk itu, saya harap teman teman di ASDP untuk terus berkoordinasi dengan BMKG dan SOP keselamatan untuk diterapkan,” ujarnya.

Sementara GM ASDP Muntok, Christopher Samosir mengatakan  pelayanan selama peningkatan aktivitas ini masih aman dan terkendali.

“Walaupun dibandingkan dengan Nataru sebelumnya untuk operasi kapal naik 8 persen, produksi trip 7 persen. Sedangkan untuk penumpang baik itu pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan mengalami kenaikan 83 persen,” ungkapnya. (*/red)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas