Puluhan Warga Namang Akan Terima Uang Rp 20 Juta

IMG 20221202 WA0010
Foto: Algafry saat memberikan bantuan kepada masyarakat. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Puluhan warga berkumpul di Balai Desa Namang untuk menghadiri kegiatan Sosialisasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kabupaten Bangka Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Diperkimhub) Bangka Tengah, Jumat (02/12/2022).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman yang menghadiri sosialisasi ini mengatakan dalam sambutannya bahwa peserta sosialisasi yang diundang hadir pada kegiatan ini adalah calon penerima program BSPS yang nantinya akan mendapatkan bantuan uang tunai untuk keperluan renovasi rumah.

“Alhamdulillah Bapak Ibu disini yang hadir adalah calon penerima program yang telah terverifikasi di wilayah Kecamatan Namang,” ujarnya.

Algafry berharap dana bantuan BSPS yang akan diberikan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Nantinya bapak dan ibu akan mendapatkan uang tunai sebesar 20 Juta Rupiah yang penggunaannya untuk melakukan renovasi rumah,” lanjut Algafry.

Ia juga mengingatkan agar bantuan ini digunakan sesuai dengan peruntukkannya, yakni renovasi rumah sehingga bukan untuk membeli kebutuhan tersier.

“Nah, Bapak Ibu, uang untuk renovasi rumah ini saya ingatkan tolong agar digunakan sebagaimana mestinya, jangan disalahgunakan, jangan dibelikan motor, tapi pucak (benahi -red) dulu rumah kite. Jangan kelak rumah bucor tapi mutor baru,” kelakar Bang Ayi saat dihadapan warga.

Kepala Diperkimhub, Fani Hendra Saputra menjelaskan tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini agar calon penerima BSPS mendapatkan pengarahan terkait penggunaan dana yang akan diberikan.

“Jadi tujuan sosialisasi ini untuk memastikan kepada masyarakat yang menerima program BSPS sekitar 50 orang ini tentang bagaimana pengelolaan dana bantuan 20 Juta Rupiah dengan rincian 17,5 Juta untuk pembelian bahan bangunan dan 2,5 Juta rupiah untuk upah. Sehingga penggunaannya nanti supaya tepat guna dan jangan sampai terkendala karena kurangnya perhitungan dalam penggunaan dana,” ujar Fani.

Lebih lanjut ia menjelaskan capaian dan target yang ditentukan oleh Pemkab Bangka Tengah terkait bantuan berupa hunian yang layak bagi masyarakat Bangka Tengah.

“Program ini di tahun 2022 sudah berjalan sebanyak 500 unit di Bangka Tengah yang dibantu oleh Kementrian PUPR melalui Satker Perumahan. Harapan kami di tahun 2023 nanti kita akan menargetkan lagi sebanyak 750 unit yang akan kita sebarkan di seluruh desa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah,” ucapnya.

Dikatakan Fani, program ini dijalankan sesuai dengan Visi Misi Bupati Bangka Tengah dan diutadi juga kita sempatkan untuk pemberian bantuan rumah layak huni yang diterima oleh 11 orang dan kita akan terus berupaya agar program ini dapat terus kita jalankan agar masyarakat kita memiliki hunian yang layak,” jelas Fani.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas