Pj Gubernur Sampaikan Dua Hal Ini Saat Rakernas IA-ITB 

IMG 20221218 WA0020

INTRIK.ID, PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin menyampaikan dua poin penting kepada Pengurus Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB), dimana kedua hal tersebut yakni sektor kuliner di Babel serta pemasarannya melalui IT atau digital.

Hal itu disampaikannya langsung saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Kongres Luar Biasa (KLB) Tahun 2022 IA-ITB, di Graha Timah, Sabtu (17/12/2022).

“Melalui kegiatan ini, saya ingin ada hal yang membekas untuk Kepulauan Bangka Belitung. Pertama, kuliner Babel bisa menjadi terkenal. Permasalahannya di sini, banyak kuliner yang hanya bisa tahan beberapa hari, padahal sangat bagus kalau bisa bertahan lebih lama. Jadi, bagaimana caranya memikirkan untuk mengawetkan makanan yang enak tersebut,” katanya.

“Kedua, yaitu berkenaan dengan teknologi atau IT. Bagaimana menyediakan pemasaran secara digital untuk kuliner-kuliner Babel dalam waktu yang efektif,” terangnya.

Rakernas dan KLB IA-ITB yang mengusung tema “Teknologi Berdaya, UMKM Naik Kelas” ini, resmi dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin dan Ketua Umum IA-ITB Gembong Primadjaja. Dilanjutkan dengan penandatanganan Inisiasi Program Hilirisasi Lada Putih antara Pemprov Babel dengan Pengurus Pusat IA-ITB dan IA-ITB Babel.

“Laporan dari mas Hanung (Deputi Bidang UKM Kementrian Koperasi dan UKM) 60 persen perekonomian itu dari UMKM, maka mari kita angkat dan dukung dengan teknologi berdaya,” ujar Pj Gubernur.

Tak hanya membahas UMKM, Ridwan juga mengatakan bahwa Babel memiliki thorium dan silika atau kuarsa yang telah menarik beberapa investor seperti Amerika, China, dan Kanada.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya kedatangan tokoh-tokoh hebat alumni ITB ini dapat membantu memicu ide-ide segar untuk kemajuan Babel.

Hal ini juga sejalan dengan tujuan diadakannya Rakernas ini yakni untuk membantu memperkuat dan pemulihan ekonomi, dengan membuat program bersama.

Setelah membuka rakernas, Pj Gubernur didampingi Sekretaris Jenderal IA-ITB Arya Sinulingga dan Ketua Umum IA ITB Gembong, mencoba motor listrik dari PLN, dan mengunjungi stand-stand UMKM Babel. (*/red)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas