Scroll untuk baca artikel
Pangkalpinang

Pemkot Pangkalpinang Kenalkan SIMONIK

188
×

Pemkot Pangkalpinang Kenalkan SIMONIK

Sebarkan artikel ini
IMG 20221224 WA0002
Foto: Monika saat menghadiri lounching SIMONIK. (Ist)

INTRIK.ID, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Online Industri Kota (SIMONIK). Gebrakan itu dilakukan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinan untuk pembinaan dan pengelolaa UMKM.

Lewat aplikasi tersebut, pelaku UMKM akan didata serta terhubung dengan pasar daring untuk memasarkan produknya serta pelaku usaha yang terintergrasi.

Penjelasan tersebut disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang, Andika Pratama saat launching SIMONIK, Jumat (23/12/2022), di Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang.

Aplikasi SIMONIK disambut antusias oleh ratusan pelaku usaha yang hadir di rumah dinas.

Dikatakan Andika, inovasi melalui aplikasi digital ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM di Kota Pangkalpinang.

“Dalam sistem SIMONIK akan memuat semua data industri, kawasan industri, perkembangan UMKM, peluang pasar hingga pengembangan teknologi industri. Sekarang skala industri bukan hanya pabrik saja, namun siapapun yang pelaku usaha yang sudah mwnciptakan produk, itu sudah masuk kategori industri,” ujar Andika.

Ungkapnya, Aplikasi SIMONIK lahir karena pengembangan database industri yang terus berkembang setiap tahunnya. Oleh karena itu lewat aplikasi diharapkan dapat merangkum database pelaku UMKM yang selalu up to date.

“Aplikasi ini nantinya bisa digunakan wisatawan juga yang mencari kebutuhan apa saja yang ada di Pangkalpinang, mulai dari kuliner, kerajian hingga oleh-oleh, semua ada di aplikasi SIMONIK,” terangnya.

Lewat aplikasi, kata Andika, pihaknya ingin membantu pembinaan UMKM serta mengelola industri di Kota Pangkalpinang agar lebih baik dan berkembang.

Sementara Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda menuturkan, Pemkot akan terus berinovasi menciptakan program untuk pengembangan UMKM di Kota Pangkalpinang, termasuk salah satunya terobosan lewat aplikasi SIMONIK.

“Aplikasi ini diharapkan dapat membantu segmen UMKM di Kota Pangkalpinang bisa terus berkembang dan berjejaring baik itu antar pembeli dan pelaku usaha,” ucap Monica.

Selain peluncuran aplikasi SIMONIK, kegiatan tersebut juga sekaligus persiapan pelaksanaan event Food Milenial Festival (FMF) dengan melaksanakan technical meeting pencabutan nomor tenda.

Acara dilanjutkan dengan diskusi santai antara Monica Haprinda selaku Mother Of UMKM Kota Pangkalpinang dengan para peserta FMF ke 5 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Desember di seputaran Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkalpinang.(*)