Pemkab Bateng Tak Tahu Adanya Dermaga Tanah Merah

IMG 20221210 WA0004 1
Foto: Kabid Perikanan Tangkap, Aries Triono. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Dinas Perikanan Bangka Tengah tidak mengetahui adanya dermaga Dusun Tanah Merah, kecamatan Namang.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Bangka Tengah, Triono Aries mengatakan pihaknua sudah mencari beberapa dokumen terkait dermaga tersebut namun tidak menemukannya.

“Saya gak tau dermaga itu karena tidak terdaftar sebagai pelabuhan sandar kapal ikan disana. Setahu saya kita gak pernah buat dermaga disana. Ada pengajuan mungkin itu ke kabid yang lama,” ungkapnya kepada intrik.id, Sabtu (10/12/2022).

Triono memgungkapkan, jarak 0-12 mil dari pantai ke laut merupakan wewenang porvinsi Bangka Belitung dan tak lagi jadi wewenang kabupaten sejak tahun 2015.

“Karena ada peraturan yang baru, jadi wewenang diambil oleh Provinsi kita (Pemprov Babel-Red). Itu tertulis UU No 23 Tahun 2015 kalau gak salah ya. Kayak Kurau dan Sungai Selan itu sudah diserah terimakan provinsi,” ungkapnya.

“Namun kalau ada TPI (Tempat Penimbunan Ikan-Red) tidak masuk Rencana induk perikanan Pemda Bangka Tengah yang kelola kayak Batu Belubang, Batu beriga,” lanjutnya.

Ia kembali menegaskan, jika masyarakat butuh dermaga di Dusun Tanah Bawah, nelayan dan semuanya setuju maka Pemda Bangka Tengah akan selalu membantu mengajukan dan jadi fasilitator tentunya.

“Kalau memang perlu silahkan ajukan proposal ke kita supaya kita ajukan ke provinis. Kalau gak ada dana di Provinsi kita ajukan ke Pusat. Pokonya kita fasilitasi,” ucapnya.

Ia berharap, adanya pihak ketiga yang juga bisa membantu pembangunan dermaga dekat sana jika memang nelayan dan masyarakat membutuhkannya dengan cepat sebab dana APBD ataupun APBN membutuhkan waktu panjang.

“Kalau ada pihak ketiga kayak IUP PT. Timah ada disana kita pasti bantu ajukan proposalnya kesana. Kita akan jadi fasilitator untuk masyarakat jika memang masyarakat disana butuh dermaga. Maka kita berharap ada juga pihak ketiga yang mau membantu,” harap Triono.

“Kita coba telusuri lagi mas, siapa tau memang ada dokumen pengajuan dan belum disetujui,” tutup Triono.

Sebelumnya, warga setempat sempat mengeluh karena Dermaga Tanah Merah tidak pernah tersentuh dan mengalami perbaikan selama 10 tahun terakhir.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas