KPU Bangka Tengah Siapkan Strategi Agar Tragedi Pemilu 2019 Tak Terulang

IMG 20221206 WA0005
Foto: Komisioner KPU Bangka Tengah, Hendra Sinaga satu mengawasi peserta PPK. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – KPU Bangka Tengah menyiapkan strategi untuk menghindari jatuhnya korban dari pihak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) saat bertugas seperti pada pemilu 2019 lalu.

Komisioner KPU Bangka Tengah, Hendra Sinaga mengatakan pihaknya sudah menambah anggaran untuk suplemen bagi para PPK maupun PPS dan juga syarat kesehatan saat rekruitmen.

“Jadi memang berkaca dari 2019, kami dari KPU Bangka Tengah yang sudah mendapat instruksi dari KPU Pusat sudah mengembangkan program-program untuk meminimalisir resiko jatuhnya korban,” ucapnya kepada intrik.id, Selasa (6/12/2022).

Ia mengungkapkan, pihaknya sudah mengalokasikan dana untuk suplemen, menambahkan test kesehatan mutlak calon PPK dan PPS.

“Kami menambahkan anggaran untuk suplemen semua anggota KPU , PPK dan PPS. Pengecekan kesehatan rutin dan penambahan tes kesehatan pada calon PPK dan PPS seperti test gula, tensi darah, riwayat penyakit dan lainnya agar kejadian 2019 tak terulang,” ungkap Hendra Sinaga.

“Yang terpilih pastinya punya kesehatan jasmani dan rohani, punya kapabilitas dan pastinya punya kemampuan yang baik. KPU juga bahkan membatasi umur PPS sampai 55 untuk antisipasi adanya korban,” lanjutnya.

Hendra melanjutkan, pihaknya akan mengoptimalkan teknologi untuk mengurangi beban kerja dari setiap anggota KPU, PPK ataupun PPS. Bahkan KPU pusat sudah menyiapkan anggaran untuk semua anggota yang sakit sampai meninggal.

“KPU RI sudah berfikir dengan matang untuk anggota KPU, PPK ataupun PPS. Tapi kita tidak berharap adanya korban,” pungkasnya.

Hendra berharap, semuanya berjalan sesuai yang diinginkan KPU RI dan KPU Bangka Tengah serta tidak terdapat kendala apapun di penyelenggaraan pemilu 2024.

“InsyaAllah 2024 semua anggota KPU, PPK dan PPS semua sehat, pemilu berjalan lancar tanpa adanya kendala berarti, ” harap Komisioner KPU Bateng tersebut.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas