Kominfo Babel Raih Penghargaan dari Komisi Informasi, Sudarman Akui Masih Banyak PR

IMG 20221215 WA0039

INTRIK.ID, TANGERANG – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali meraih penghargaan di kancah nasional, dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2022 dari Komisi Informasi Pusat.

Pemprov Babel berhasil meraih peringkat ke-4 sebagai Pemerintah Provinsi se-Indonesia dengan predikat ‘Informatif’ dengan nilai 98,43. Disusul Provinsi Sulawesi Selatan dengan nilai 98,21 di peringkat ke-5.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD kepada Sekda Pemprov Babel Naziarto, di Hotel Atria Gading Serpong Tangerang, Rabu (14/12).

“Kita harus bersyukur kepada Allah SWT atas segala capaian ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo Babel atas raihan ini, semoga prestasi ini terus meningkat dari tahun ke tahun,” ujar Sekda Naziarto.

Ia menjelaskan bahwa pada Pemprov Babel menduduki peringkat ke-7 tahun 2020, sementara ditahun 2021 berhasil naik ke peringkat ke-6, dan pada tahun ini berhasil melonjak ke peringkat ke-4. Artinya apa yang sudah dilakukan Diskominfo Prov Babel sebagai PPID Utama, dan OPD lainnya selaku PPID Pelaksana dalam hal KIP telah berhasil dalam memberikan informasi yang transparan kepada masyarakat.

Ia berharap dengan memberikan informasi yang transparan dan akuntabel, membuat kepercayaan publik kepada pemerintah semakin meningkat. Namun, hal itu juga harus ditunjang dengan merubah mindset sikap ASN yang merupakan bukanlah orang yang harus dilayani, melainkan mesti melayani seluruh lapisan masyarakat.

“Semoga prestasi ini berkesinambungan dengan terus meningkat. Jangan berpuas hanya diperingkat ke-4, namun tahun depan semoga bisa naik ke peringkat ke-2,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Provinsi Babel, Sudarman menegaskan meskipun berhasil meraih prestasi ini, namun masih banyak pekerjaan rumah yang butuh perbaikan, utamanya outcome dari PPID dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Babel.

“Kita harus mengejar manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat dari KIP tersebut, misalnya informasi terkait pendidikan, sosial, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan bahwa pencapaian ini tentu saja berkat dukungan seluruh OPD selaku PPID Pelaksana. Sehingga untuk meningkatkan prestasi tersebut kedepannya, ditahun depan akan lebih mendorong PPID Pelaksana untuk lebih aktif dalam menyiapkan informasi yang dibutuhkan publik.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran PPID yang bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang membanggakan ini,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Bidang (Kabid) IKP Diskominfo Prov. Kep. Babel Listya Anindita. Atas pencapaian prestasi yang didapatkan ini, ia mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT.

“Alhamdulillah, ini tahun ke 3 bidang IKP Diskominfo Babel kembali meraih beberapa penghargaan dan terus mengalami peningkatan yang cukup baik,” ungkapnya

Seperti raihan Anugerah KIP tahun 2022 yang baru saja diterima, perlu diketahui bahwa tahun 2019 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pernah urutan ke 2 terendah se Indonesia.

“Alhamdulillah atas kehendak-Nya kita mulai berbenah tahun 2020, kita meloncat ke-7 besar, tahun 2021 kita naik peringkat ke-6, dan sekarang tahun 2022 kita bisa menduduki urutan ke-4 besar dari seluruh pemerintah provinsi se Indonesia” jelasnya.

Menurutnya penghargaan ini adalah capaian yang luar biasa, dan buah hasil kerja keras tim di Diskominfo Babel bidang IKP Diskominfo khususnya.

“Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada tim di bidang IKP diskominfo Babel yang tidak pernah lelah memberikan dan menyebarkan informasi kepada masyarakat” ungkapnya.

Dijelaskan Listya, selain penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022, beberapa waktu yang lalu Bidang IKP Diskominfo melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal In Radio Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih prestasi Terbaik III Kategori Reportase atas nama Elvianti dan masuk nominasi lima besar dalam kategori Radio Peduli Bencana Terbaik dalam acara Indonesia Persada.ID Award III Tahun 2022.

Juga penghargaan yang tak kalah membanggakan yaitu Terbaik I dalam Anugerah Media Humas (AMH) 2022 Kemenkominfo RI kategori “Media Sosial Pemerintah Daerah Provinsi” dan masuk dalam Nominasi 6 besar kategori website terbaik se-Indonesia. (*/red)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas