Ketua KPU Bangka: Hanya Sekuriti di Kantor

IMG 20221222 111348 339 transcpr
Foto: KPU Bangka saat menggelar Rakor pasca penetapan parpol peserta Pemilu 2024.(intrik)

INTRIK.ID, BANGKA — Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) di KPU Bangka membuat M Hasan harus ikut turun ke lapangan saat verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU Bangka itu mengaku bukan hanya dirinya tapi bahkan hampir seluruh staf ikut turun ke lapangan.

“Waktu itu belum ada tenaga pendukung atau Ad Hoc, jadi PPK dan KPPS-nya belum terbentuk. Hampir seluruh staf turun ke lapangan, kecuali sekuriti karena harus standby di kantor untuk menjaga berkas-berkas,” kata Hasan, Kamis (22/12/2022).

Akibat kurangnya SDM ini anggota Komisioner KPU juga turut serta dalam melakukan verifikasi faktual secara door to door ke masyarakat untuk memastikan kebenaran.

“Apalagi proses ini memakan waktu yang cukup lama kurang lebih dua bulan untuk melakukan verifikasi faktual, sehingga menguras energi dan tenaga. Seharusnya Komisioner tidak perlu turun, tapi karena keterbatasan SDM, mereka akhirnya ikut turun ke lapangan secara door to door,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan ada 17 Parpol yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan faktual, sehingga sudah dipastikan bisa mengikuti Pemilu 2024 nanti.

Partai tersebut diantaranya, PKB, Gerindra, PDI-P, Golkar, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, PKN, Hanura, Partai Garuda, PAN, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, dan PPP.

“Kami meminta dukungan dari semua pihak untuk bekerja sama dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi ini,” tutupnya.(red)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas