Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Ketahui 3 Aplikasi Kamera Agar HP-mu Bisa Jadi Webcam Terbaru 2022

292
×

Ketahui 3 Aplikasi Kamera Agar HP-mu Bisa Jadi Webcam Terbaru 2022

Sebarkan artikel ini
kamera webcam

Aplikasi Kamera Agar HP-Mu Jadi Webcam – Belakangan ini, rapat melalui video sudah menjadi kebiasaan baru di dunia kerja. Agar kualitas video-meeting-mu lebih baik, terkadang kamu memerlukan aplikasi pengubah HP jadi webcam untuk laptopmu.

Memang, meeting online di HP bisa saja dilakukan. Meski begitu, jika sambil harus membaca presentasi yang ditampilkan kamu mungkin akan kesulitan.

Baca juga: Tips dan Cara Mendapatkan Domain Secara Gratis untuk Bikin Website, Cepat dan Mudah!

Layar HP yang cenderung kecil akan menyulitkanmu mengetahui pembahasan yang dipresentasikan.  Masalahnya, kebanyakan laptop memiliki kamera webcam berkualitas rendah. Hal ini membuat meeting menjadi kurang menyenangkan dan menyulitkan peserta lainnya melihat tampilanmu.

Untungnya, terdapat aplikasi yang dapat membuat smartphone-mu menjadi webcam, sehingga kamu dapat melihat presentasi dengan jelas, dan tampilan videomu juga lebih baik.

Lalu, apa saja aplikasi HP untuk jadi webcam? Pada artikel kali ini, Intrik.id akan berikan beberapa daftarnya untukmu!

Aplikasi Kamera HP jadi Webcam Terbaik

1. ivCam

Aplikasi untuk membuat HP jadi webcam pertama yang dapat kamu gunakan adalah ivCam. Dengan menggunakan jaringan Wi-Fi, aplikasi ini dapat mengubah HP-mu menjadi webcam.

Tentunya kamu juga harus meng-install aplikasi ini di PC-mu.

Tak hanya dengan jaringan Wi-Fi, kamu juga bisa mengkoneksikannya melalui kabel USB. Aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna Android dan iOS.

Bahkan, aplikasi ini bisa juga digunakan untuk menjadikan tablet sebagai webcam untuk meeting-mu.

2. Droidcam

Kemudian, ada Droidcam yang juga dapat membuat HP jadi webcam untuk berbagai keperluan.

Aplikasi ini bisa dibilang sudah dikembangkan cukup lama, sehingga memiliki tampilan antarmuka yang relatif tak seapik aplikasi lainnya.

Meskipun begitu, aplikasi ini memiliki fitur yang dapat mempercantik penampilanmu. Pengaturan koneksinya pun cukup mudah, kamu bisa menggunakan jaringan Wi-Fi atau USB.

Baca juga: Rekomendasi 10 Aplikasi Bayar Listrik Online Terpercaya, Dapat Potongan Harga!

3. IP Webcam

Aplikasi terakhir dalam daftar ini yang dapat kamu gunakan untuk menjadikan smartphone-mu menjadi webcamcadalah IPWebcam.

Sama seperti Droidcam, aplikasi ini sudah cukup lama dikembangkan, sehingga tampilan antarmukanya terlihat tak sebaru aplikasi lainnya.

Akan tetapi, aplikasi ini masih dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu alternatif dari aplikasi yang ada.

Uniknya, IPWebcam dapat digunakan untuk menyambungkan smartphone Android ke laptop bersistem operasi Linux.

Cara Menyambungkan

Meskipun terdapat beberapa jenis aplikasi yang dapat kamu gunakan, aplikasi-aplikasi tersebut memiliki langkah yang serupa untuk mengoneksikannya.

Mengutip dari Wired, kamu perlu meng-install aplikasi tersebut di smartphone dan PC-mu.  Jika kedua device tersambung dalam jaringan Wi-Fi yang sama, kamu sudah dapat langsung menggunakan smartphone-mu sebagai webcam.

Namun, jika kamu ingin menggunakan USB, kamu bisa memilih opsi USB pada aplikasi yang ter-install di PC. Kemudian, kamu bisa menyambungkan smartphone-mu dengan USB ke PC-mu.

Setelah itu, pada aplikasi meeting online-mu seperti Zoom, Google Meet, atau Skype, kamu dapat mengubah pengaturan kamera menjadi kamera smartphone.

Selain dengan menggunakan berbagai aplikasi tadi, agar tampilan semakin berkualitas kamu memerlukan peralatan lainnya. Salah satu yang penting adalah tripod agar kamu lebih nyaman dalam menggunakan HP sebagai webcam.