Kenali 5 Perbedaan AMD dan Intel, Mana yang Lebih Bagus untuk Dipilih?

amd dan intel

Perbedaan AMD dan Intel – Komputer merupakan perangkat elektronik yang memiliki banyak macam komponen didalamnya yang berfungsi untuk menjalankan sebuah perintah komputer. Processor menjadi salah satu komponen komputer yang memiliki peran penting dalam sebuah komputer.

Diantara komponen komputer lainnya, pilihan untuk processor cukup terbatas dari segi merk dan produsen. Seperti yang kamu tahu bahwa processor yang terkenal berkualitas hanya berasal dari dua produsen yaitu AMD dan Intel.

Perbedaan AMD dan Intel sebenarnya pada merek saja keduanya telah bersaing satu sama lain selama beberapa dekade dalam membuat dan memasarkan Unit pemrosesan pusat (CPU) yang merupakan otak dari perangkat apa pun, baik itu ponsel, tablet, router, laptop, TV pintar, atau PC desktop Anda.

Karena hanya ada dua pilihan, kamu pasti sering bingung, processor mana yang lebih baik? Untuk menjawab hal tersebut simak penejelasan berikut ini.

Baca juga: Tips dan Cara Mendapatkan Domain Secara Gratis untuk Bikin Website, Cepat dan Mudah!

Perbedaan antara AMD dan Intel

Ketika dihadapkan dengan dua pilihan processor, kamu pasti perlu mengetahui apa saja yang menjadi pembeda antara kedua produk tersebut. hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. berikut adalah perbedaan antara processor AMD dan Intel.

1. Suhu Temperature Processor

Suhu atau temperature menjadi hal yang harus diperhatikan dalam memilih komponen komputer, karena hal ini akan mempengaruhi performa sebuah komputer. Intel biasanya memiliki rating thermal design point yang lebih rendah dibandingkan AMD. Hal tersebut menunjukkan bahwa intel memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan AMD.

2. Kemampuan Kualitas Grafis

Dari segi kualitas grafis AMD lebih unggul dibandingkan Intel. Hal ini disebabkan karena AMD biasanya memiliki lebih banyak core yang membuat kinerja processor menjadi lebih optimal untuk menghasilkan kualitas grafis yang lebih baik.

3. Kemampuan Multimedia

Kegiatan multimedia seperti edit video atau foto menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh sebagian profesi. Diantara AMD dan Intel, processor yang memiliki kemampuan rendering yang cepat adalah intel. Karena kecepatan render yang diberikan oleh Intel lebih baik dibandingkan AMD

4. Overclocking Processor AMD dan Intel

Overclocking adalah kegiatan yang sering dilakukan untuk meningkatkan clock rate atau kecepatan processor agar bisa melampaui batas maksimalnya. Untuk hal ini Intel lebih unggul karena intel bisa mengalami peningkatan hingga sebesar 4.5Ghz. namun perlu kamu ketahui bahwa kegiatan overclocking ini membutuhkan komponen yang memadai dan berkualitas.

5. Sensitivitas pada Virus antara Processor AMD dan Intel

Untuk masalah sensitivitas pada virus antara AMD dan intel, AMD memiliki keunggulan untuk hal teresebut, karena AMD menciptakan processor dengan fitur pendeteksi virus. Fitur tersebut dinamakan EVP atau enhanced virus protection, fitur ini mampu mengecek apakahah dalam sebuah file terdapat virus yang membahayakan bagi keamanan komputer. Sedangkan intel belum memiliki fitur untuk mendeteksi virus ini.

Bagi kamu yang membutuhkan processor yang bisa bertahan lama dan bisa mengolah beberapa kegiatan multimedia dengan cepat, intel menjadi pilihan yang tepat. Namun jika kamu mementingkan kecepatan processor dan kualitas grafis AMD bisa menjadi pilihan yang tepat untuk keperluan tersebut.

AMD

AMD adalah singkatan dari Advanced Micro Devices. Ini adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika yang berbasis di Santa Clara, California. Itu ditemukan oleh Jerry Sanders, Jack Gifford, John Carey. Ini mulai memasok prosesor x86 sebagai produsen sumber kedua dan menjadi pesaing dengan Am386.

Pada skala 1-10, prosesor AMD datang pada 5-10. Ini lebih murah daripada Prosesor Intel pada kisaran yang sama. Prosesor ini efisien dibandingkan dengan seri Core generasi sekarang. AMD APU juga merupakan pilihan yang baik untuk kinerja iGPU yang baik dan kinerja CPU yang sebanding dengan seri Core i.

Intel

Intel adalah singkatan dari “ Int egrated El ectronics”. Intel Corporation adalah perusahaan multinasional Amerika dan perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Santa Clara, California, di Silicon Valley. Itu ditemukan oleh Robert Noyce. Ini adalah pengembang prosesor x86 pertama -Intel 8086

Jika kita berbicara pada skala 1-10, prosesor Intel datang pada skala 4-10. Prosesor ini memiliki kinerja CPU yang baik dan hampir semua prosesor Intel dilengkapi dengan iGPU. Prosesor ini juga memiliki clock lebih tinggi daripada prosesor AMD, dengan konsumsi daya dan daya tahan baterai yang lebih tinggi.

Jadi, untuk beban kerja singkat dan peningkatan single-core terutama di laptop, laptop bertenaga Intel yang lebih baru dapat digunakan saat masa pakai baterai tidak menjadi masalah. Jika kita berbicara tentang Desktop, dan Anda ingin mengubah kompatibilitas prosesor, motherboard, atau soket, maka Intel memiliki lebih sedikit opsi yang tersedia untuk itu dibandingkan dengan prosesor AMD karena seringnya penggantian motherboard dan chipset.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas